Home Seputar Kecantikan Wanita Wajib Tahu! Ini Jenis Jenis Kosmetik dan Kegunaannya

Wanita Wajib Tahu! Ini Jenis Jenis Kosmetik dan Kegunaannya

by coriate

Terlihat cantik merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai cara dilakukan kaum hawa agar tampil lebih menarik. Salah satunya dengan menggunakan kosmetik. Pada dasarnya, kosmetik diciptakan untuk menonjolkan keindahan yang ada pada diri wanita. Kalau Anda tertarik, tersedia jenis jenis kosmetik lokal maupun merek internasional yang menawarkan rangkaian produk kecantikan. Agar tak salah pilih, berikut jenis kosmetik beserta kegunaannya yang perlu Anda ketahui! 

1. Foundation 

Jenis Jenis Kosmetik Foundation

Foundation berfungsi menutupi bagian wajah yang kurang sempurna, seperti noda hitam, bekas jerawat, atau warna kulit tak rata. Sesuaikan foundation dengan jenis dan warna kulit. Oil based foundation cocok bagi pemilik kulit kering, sedangkan matte foundation disarankan bagi pemilik kulit berminyak. Pemilik kulit normal dapat memilih cream foundation atau liquid foundation untuk segala jenis kulit. Untuk mendapatkan hasil lebih natural, aplikasikan foundation menggunakan kuas atau spons yang telah dibasahi. 

2. Powder

Jenis Jenis Kosmetik Powder

Selain berfungsi menutupi masalah kulit wajah dan meratakan warna kulit, bedak juga efektif menutupi kekurangan pada kulit sekaligus menyempurnakan riasan. Cukup banyak jenis jenis kosmetik bedak di pasaran. Mulai dari bedak tabur bertekstur ringan untuk semua jenis kulit dan memberikan hasil riasan natural, bedak padat untuk kulit normal yang bisa digunakan menutupi pori-pori, two way cake yang berfungsi ganda sebagai bedak sekaligus foundation, hingga translucent powder untuk menyerap minyak wajah dan memberikan hasil riasan matte.

3. Face Primer

Jenis Jenis Kosmetik Face Primer

Face primer digunakan setelah menggunakan pelembap dan sebelum mengaplikasikan foundation. Penggunaan jenis kosmetik ini sangat mudah, yakni dengan mengoleskan ke seluruh wajah menggunakan jari. Selain berfungsi untuk memperbaiki kondisi kulit agar riasan menempel sempurna, face primer efektif menyamarkan perbedaan warna kulit, meratakan pori, mengurangi minyak berlebih, dan mencerahkan. 

4. Concealer

Jenis Jenis Kosmetik

Dibandingkan primer atau foundation, concealer memiliki tekstur lebih kental dan padat. Jenis jenis kosmetik ini diaplikasikan di beberapa bagian wajah setelah menggunakan primer dan foundation. Concealer dapat digunakan untuk menyamarkan jerawat, pori-pori kulit, bekas luka, flek, kantung mata besar, dan lingkar hitam bawah mata. 

Concealer juga bisa digunakan sebagai contour dan highlight yang berfungsi memberikan kesan dimensi pada wajah. Pengaplikasian concealer yang tepat akan membuat permukaan kulit lebih mulus. Hasil riasan pun makin sempurna dan tampak natural. 

5. Loose Powder

Jenis Jenis Kosmetik Loose Powder

Sebenarnya, jenis jenis kosmetik bedak cukup beragam. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah loose powder. Bedak tabur ini bertekstur ringan dengan partikel lembut yang berfungsi mengontrol minyak dan mengunci riasan supaya tahan lama. Bagi pemilik kulit berminyak, pengaplikasian loose powder menggunakan brush bisa menghasilkan tampilan matte

Loose powder cocok bagi Anda yang ingin tampil layaknya tanpa riasan. Pasalnya, bedak ini cenderung ringan dan natural dengan hasil medium coverage. Loose powder aman digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk tipe sensitif.

6. BB Cream

BB Cream

Sejak kemunculannya, BB Cream menjadi favorit para wanita. Pasalnya, BB Cream dapat digunakan untuk memperbaiki dan mempercantik tampilan wajah. Tak hanya berfungsi sebagai alas bedak, BB Cream bisa menutupi noda, melembapkan wajah, dan menyamarkan kantung mata atau bekas jerawat. Produk kosmetik ini mengandung tabir surya, pelembap, dan vitamin E. Lantaran memiliki tekstur ringan  BB Cream mudah diaplikasikan menggunakan jari, kuas, maupun spons. 

Baca juga: Tak Perlu Dihindari, Inilah Bahan Pengawet Kosmetik yang Aman

7. CC Cream

CC Cream

CC Cream merupakan produk kecantikan yang memiliki formula lebih ringan dibandingkan BB Cream dan foundation. CC Cream berfungsi menyamarkan warna kulit yang tidak merata. Kosmetik ini juga direkomendasikan bagi Anda yang memiliki keluhan, seperti iritasi pada wajah, kerutan halus, dan pigmentasi

Umumnya, CC Cream mengandung lycopene dan vitamin C yang mampu menutrisi kulit wajah sehingga tampak lebih segar dan bercahaya. Selain sebagai pengganti alas bedak, CC Cream juga bisa digunakan sebagai pelembab, pelindung wajah dari sinar UV, dan menutup bekas jerawat.

Baca juga: Krim Steroid: Pengertian, Efek Samping & Cara Menghilangkan

8. Blush On

Blush On

Jenis jenis kosmetik wajah selanjutnya adalah blush on. Produk ini akan membuat wajah lebih segar merona. Pilih blush on sesuai warna kulit. Apabila kulit Anda termasuk terang, warna blush on paling sesuai adalah merah muda atau peach. Blush on peach dan mauve cocok pemilik warna kulit medium. Bagi pemilik kulit undertone, blush on warna bronze, orange peach, atau rose akan menyempurnakan penampilan. Blush on warna merah, cokelat, atau cocoa bagi pemilik kulit gelap yang ingin terlihat lebih segar dan hidup.

9. Eyeshadow

Eye Shadow

Sesuai namanya, eyeshadow digunakan untuk memberikan warna pada bagian kelopak mata supaya lebih indah. Kalau Anda ingin warna eyeshadow lebih keluar  dan awet, gunakan primer khusus di bagian mata terlebih dahulu. Sapukan eyeshadow menggunakan kuas kecil hingga merata. 

Untuk tampilan kasual, cukup gunakan satu warna eyeshadow saja. Kalau Anda ingin menonjolkan mata, kombinasikan beberapa warna eyeshadow. Tampilan ini lebih disarankan untuk acara penting, seperti prom nite, pesta pernikahan, mengikuti kejuaraan modeling, atau lainnya. 

10. Eyebrow Pencil

Eyebrow Pencil

Alis yang tertata rapi dapat meningkatkan penampilan Anda. Gunakan eyebrow pencil untuk mempertegas alis. Mula-mula, sisir alis hingga rapi kemudian tentukan titik alis pada bagian pangkal, titik atas, dan ujung luar. Setelahnya, gunakan eyebrow pencil pensil untuk menggambar dan mengisi alis mengikuti bentuk wajah. Aplikasikan concealer di bagian bawah alis untuk menambah kesan natural pada wajah. 

Pemilik wajah bulat dianjurkan membuat alis tebal melengkung agar tampak proporsional dan rapi. Bagi Anda yang memiliki wajah cenderung kotak disarankan membuat alis tipis sehingga tampilan lebih manis. Kalau Anda kesulitan menggunakan eyebrow pencil secara langsung, tersedia cetakan khusus alis dengan harga terjangkau.

11. Moisturizer

Ilustrasi produk kosmetik Moisturizer

Moisturizer merupakan kosmetik yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Moisturizer mengandung mineral dan vitamin untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV, menutrisi kulit wajah, dan mencegah kulit wajah kering. Beberapa produk mositurizer juga mengandung nutrisi yang dapat menghilangkan komedo, mencerahkan kulit, dan membuat tampilan lebih segar.

Penggunaan moisturizer harus disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari. Pasalnya, pengaplikasian yang terlalu sering dapat menyebabkan wajah iritasi, sel-sel kulit mati terakumulasi, pori-pori tersumbat dan membesar, jerawat bermunculan, serta kulit menjadi kering. Untuk menghindari risiko tersebut, gunakan moisturizer dengan bijaksana.

Baca juga: Kandungan Hidrokuinon dalam Kosmetik untuk Kulit, Amankah?

12. Bronzer

Jenis Jenis Kosmetik Bronzer

Bronzer berfungsi menonjolkan rona pada pipi dan keseluruhan riasan agar tampak bersemu kecoklatan. Lantaran mengandung partikel pemantul cahaya, bronzer tampak natural ketika terkena paparan sinar matahari. Selain menyuguhkan kesan hangat pada riasan, bronzer juga dapat digunakan untuk shading. Bronzer juga dapat menetralkan warna foundation atau bedak yang terlalu putih. Umumnya, bronzer diaplikasikan di tulang pipi, dahi kanan dan kiri, tulang hidung, dan dagu menggunakan kuas berukuran sedang. 

Demikianlah informasi mengenai jenis jenis kosmetik yang perlu diketahui. Informasi ini akan membantu dan memudahkan Anda memilih kosmetik tepat yang dibutuhkan untuk merias diri sekaligus menjaga kulit wajah tetap sehat. Pastikan membeli kosmetik yang memiliki kandungan aman dan memiliki izin edar. Supaya tampilan Anda lebih memukau, seimbangkan penggunaan kosmetik dengan gaya hidup sehat. Cantik di luar, cantik juga di dalam!

You may also like

Leave a Comment