Home Bisnis Maklon Tahapan Proses Maklon dari Kenali Produk Hingga Jualan

Tahapan Proses Maklon dari Kenali Produk Hingga Jualan

by coriate

Membangun bisnis sendiri kadang menjadi hal yang susah-susah gampang. Di tengah teknologi digital yang makin canggih, memasarkan produk menjadi mudah. Namun, bagi kamu yang ingin membuat produk sendiri, keterbatasan ide dan alat produksi bisa jadi kendala. Di sinilah proses maklon berperan untuk membantumu mewujudkan impian.

Secara sederhana, maklon merupakan penyedia jasa yang siap membantu produksi barang bagi pihak lain (pemesan). Adapun barang yang dihasilkan, sepenuhnya menjadi milik pemesan. Untuk memahami lebih jauh bagaimana tahap demi tahap maklon, simak pembahasan lengkapnya berikut ini!

Proses Maklon Produk

Sebagai proses pendelegasian produksi kepada pihak lain, maklon sebenarnya bisa digunakan pada industri apa saja. Jika kamu ingin berbisnis sepatu atau pakaian dengan menggunakan brand milikmu sendiri tanpa ingin repot-repot memproduksi, kamu bisa memanfaatkan jasa maklon pakaian dan sepatu. Namun, maklon umumnya digunakan oleh pengusaha dalam industri kosmetik.

Baca juga: Tak Hanya Mudah, Ini 10 Keuntungan dan Manfaat Jasa Maklon

Pada dasarnya, setiap perusahaan penyedia jasa maklon memiliki tahapan kerja yang berbeda-beda. Lalu, tahapan-tahapan apa saja yang secara umum harus dilewati oleh seorang pengusaha yang ingin menggunakan jasa maklon untuk produk yang mereka pesan? 

1. Konsultasi Konsep Produk

panduan dan bimbingan

Langkah pertama jika kamu menggunakan jasa perusahaan maklon untuk pembuatan produkmu adalah dengan melakukan konsultasi. Perusahaan maklon akan mempertemukan kamu dengan business consultant mereka untuk membicarakan jenis dan konsep produk yang ingin dibuat. Sampaikan dengan jelas produk apa yang ingin kamu buat termasuk manfaat, tekstur, warna dan bahan aktif yang aman untuk digunakan.

Bagi kamu yang belum memiliki bayangan mengenai konsepnya, tim business consultant dari perusahaan maklon terkait akan membantu dengan memberikan referensi berupa contoh produk maklon yang sedang populer di pasaran. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menentukan produk seperti apa yang ingin dibuat.

2. Pembuatan Sample Produk

produk tester maklon

Setelah konsep produk yang diinginkan final, kamu akan memasuki tahapan berikutnya yakni pembuatan sample produk. Produk contoh ini akan dibuat berdasarkan konsep yang sudah kamu setujui. Tujuan dari pembuatan sample ini sangat krusial demi menentukan formula terbaik sebelum barang yang kamu pesan dibuat secara massal untuk dipasarkan.

Setiap perusahaan maklon memiliki tenaga pengembangan dan riset profesional dengan pengalaman yang mumpuni di bidangnya. Mereka akan membantu proses pembuatan sample dalam waktu yang sudah ditentukan sesuai kesepakatan. Produk contoh ini juga akan melewati serangkaian proses pengujian untuk memastikan kualitasnya.

3. Pengurusan Izin Produk

Seritifkasi Produk Maklon 1170 x 780px

Industri produk kecantikan di Indonesia berkembang dengan sangat pesat. Setiap tahunnya, kita bisa menyaksikan berbagai brand skincare baru memasuki pasaran. Namun, perlu diketahui bahwa untuk bisa dijual dan beredar secara sah, kamu membutuhkan serangkaian perizinan. Jika tidak, kosmetik yang kamu buat bisa dicap sebagai produk abal-abal. Selain merugikan konsumen, image seperti ini tentu juga akan merugikanmu sebagai pemilik brand.

Karena itu, pastikan kamu memilih jasa maklon yang mematuhi soal legalitas dan perizinan setiap produk yang dihasilkan. Adanya perizinan ini menjamin semua produk perawatan kecantikan yang dijual di pasaran sudah sesuai dengan standar keamanan, manfaat dan mutu yang diatur oleh lembaga terkait. Ada beberapa jenis perizinan yang perlu kamu ketahui, yakni:

  • Mendaftarkan merek. Produk skincare yang akan kamu jual tentu harus memiliki merek edar. Selain membuat orang lebih mudah mengenali produkmu, adanya merek akan memberikan kesan profesional. Selain memilih merek yang bagus, jangan lupa daftarkan legalitasnya. Pendaftaran merek dagang dilakukan lewat DJKI (Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Beberapa berkas yang kamu butuhkan untuk mendaftarkan merek antara lain adalah fotokopi KTP, logo produk, fotokopi NPWP, foto atau scan tanda tangan.
  • Mendaftarkan NO BPOM produk. Mendaftarkan produk ke BPOM memang harus melalui serangkaian proses yang sulit. Bagi kamu yang tidak punya pengalaman dan waktu, memperoleh notifikasi ini tentu akan sangat merepotkan. Namun, bagaimanapun kamu tetap harus mengurusnya karena ini penting untuk legalitas produkmu di pasaran. Pilihlah perusahaan jasa maklon yang bisa membantumu mengurus notifikasi BPOM untuk memudahkanmu. Jika kamu ingin mewakilkan proses pendaftaran izin BPOM pada perusahaan maklon yang kamu gunakan, ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan antara lain berupa desain kemasan yang akan didaftarkan ke BPOM, surat kuasa untuk mengedarkan produk, surat pembagian merek (jika kamu punya merek sama yang diproduksi oleh perusahaan lain).

Bisnis apa pun dengan skala kecil atau besar sebaiknya memiliki izin. Adanya izin akan membuat brand-mu tercatat secara sah di mata pemerintah. Selain menghindarkanmu dari berbagai masalah hukum di masa depan, adanya legalitas seperti merek yang terdaftar dan izin BPOM akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produkmu.

Baca juga: Sebelum Pakai, Begini Cara Cek Skincare BPOM Untuk Produk

4. Proses Produksi Produk

proses maklon produk skincare

Setelah masalah perizinan selesai, produkmu bisa memasuki tahapan berikutnya yakni proses produksi. Dalam proses ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama adalah membuat desain kemasan produk. Pembuatan kemasan juga sama pentingnya dengan pembuatan produk itu sendiri. Pasalnya, packaging akan mencerminkan citra seperti apa yang ingin kamu tampilkan kepada calon konsumen. 

Ada banyak produk dengan formula bagus yang sulit terjual karena desain kemasan yang kurang menarik. Karena itu, pastikan kamu membuat desain yang bagus, menarik dan mewakili citra brand-mu agar produk makin mudah diterima pasar.

Selanjutnya, produk yang sudah diformulasikan dan dirancang kemasannya akan memasuki tahapan produksi. Tahapan ini akan dilakukan setelah kamu melunasi semua biaya maklon. Perusahaan penyedia jasa maklon juga harus memastikan semua alat dan bahan produksi tersedia agar proses produksinya bisa selesai sesuai target.

5. Proses Pengiriman Produk Hasil Maklon

pengiriman produk maklon

Begitu semua produk selesai dibuat di pabrik perusahaan maklon, kamu akan diberi informasi bahwa pesananmu siap dikirimkan. Proses pengiriman ini juga dilakukan setelah semua biaya dilunasi secara penuh. Setelah produk sampai ke gudangmu, kamu sudah bisa mulai menjualnya. Jangan lupa gunakan strategi pemasaran yang jitu agar hasil penjualan bisa maksimal seperti yang diharapkan.

Bingung memilih perusahaan penyedia jasa maklon tepercaya? PT Agung Sejahtera Group siap membantu kamu mewujudkan produk impianmu dengan menyediakan jasa maklon terbaik. Tidak hanya produk skincare, kami juga menyediakan jasa maklon suplemen produk herbal. Dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang maklon, PT Agung Sejahtera Group telah melayani ratusan klien dengan belasan proyek yang sudah selesai. Proses maklon yang dilakukan oleh PT Agung Sejahtera Group kurang lebih sama dengan langkah-langkah di atas yakni:

  • Konsultasi mengenai produk yang akan dibuat
  • Pembuatan formula bahan dan sample produk
  • Quotation dan purchase order
  • Pembuatan desain dan pencetakan packaging
  • Pendaftaran perizinan
  • Proses produksi dan manufaktur
  • Pengiriman produk ke klien.

Jangan ragu untuk memulai bisnis dan brand kamu sendiri. Bersama jasa maklon dari PT Agung Sejahtera Group, wujudkan produk berkualitas untuk bisnismu!

You may also like

Leave a Comment