Home Bisnis Maklon Sudah Tahu? Ini Pengertian Jasa Maklon Serta Penerapannya

Sudah Tahu? Ini Pengertian Jasa Maklon Serta Penerapannya

by coriate

Dewasa ini, banyak yang mencoba peruntungan dengan mendirikan usaha sendiri, baik dalam bidang kuliner, pakaian, hingga kosmetik. Namun, dalam prosesnya, tak semua orang memiliki modal yang cukup. Oleh karenanya, jasa maklon seringkali dipilih sebagai jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut. Apa yang dimaksud dengan jasa maklon? Berikut ini ulasan mengenai pengertian jasa maklon serta penerapannya dalam bidang bisnis.

Pengertian Jasa Maklon

Agungsejahteragroup Produk Skincare Tanpa Merk 1170 x 780
Arti jasa maklon itu apa ya?

Maklon berasal dari serapan kata dalam bahasa Belanda, yaitu maakloon yang berarti upah membuat pakaian dan perhiasan. Secara harfiah, maklon memiliki makna berupa upah dari pembuatan suatu produk. Jadi, definisi jasa maklon adalah jasa yang menawarkan pembuatan produk untuk kebutuhan pihak lain.

Bidang jasa ini biasanya dipilih bagi orang yang hendak membuka usaha atau brand-nya sendiri, namun tidak memiliki cukup sumber daya modal untuk melakukan produksi. Maka dari itu, jasa ini hadir untuk menghasilkan produk yang kemudian akan dijual oleh si pendiri brand atau usaha.

Pengertian Jasa Maklon Dalam Perpajakan dan Kementerian Keuangan Republik Indonesia

Agungsejahteragroup Pajak 1170 x 780
Pengertian jasa maklon dalam perpajakan

Jasa maklon menurut Kementerian Keuangan adalah pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang mana pihak pemberi jasa melakukan proses pengerjaannya (disubkontrakkan), dan pengguna jasa menetapkan spesifikasi, serta menyediakan bahan baku dan/atau barang setengah jadi dan/atau bahan penolong/pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya, dengan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna.

Jasa maklon merupakan jenis jasa yang imbalannya terkena pajak. Terutama pajak penghasilan (PPh) 23. Yaitu tarif PPh yang pengenaannya pada penghasilan dari hadiah, modal, penghargaan dan penyerahan jasa selain yang telah dipotong pada PPh 21.

Mengenai tarif PPh 23, berasal dari perhitungan 15% x 40% x jumlah bruto. Total bruto adalah jumlah antara jasa dan barang jika keduanya tidak terpisahkan. Namun jika mungkin untuk memisahkannya, maka penghitungan jumlah bruto hanya mencakup jasanya saja.

Pemisahan jasa dan barang ini biasanya ada pada surat perjanjian kerja. Namun jika tercantum dalam SPK, biasanya bisa melakukan pemisahan dalam lembar invoice atau purchase order.

Bagi Anda atau siapapun yang ingin memasarkan produk sendiri dengan biaya yang terjangkau biasanya akan jasa maklon sebagai solusi. Karena jasa maklon akan membantu memproduksi hingga melakukan pekerjaan produksi lainnya. Seperti pengemasan dan izin edar dari BPOM.

Baca juga: Sebelum Pakai, Begini Cara Cek Skincare BPOM Untuk Produk

Cara Kerja Jasa Maklon

Pabrik Skincare Jasa Maklon

Sesuai dengan pengertian jasa maklon, penyedia layanan ini bekerja berdasarkan pesanan dari pihak lain. Pihak penyedia jasa maklon akan memproduksi barang sesuai dengan permintaan klien. Maklon biasa dipilih oleh pendiri brand di bidang kosmetik, skincare, fashion, maupun food and beverage. Namun, karena industrinya yang sedang berkembang, bidang kosmetik menjadi yang paling populer dalam maklon.

Cara kerjanya sederhana. Klien tinggal memberi arahan dan konsep mendetail mengenai produk yang ingin dijual. Setelah menentukan bahan baku dan produknya, jasa maklon akan membuat sampel terlebih dahulu. Tujuannya supaya tidak ada kesalahan atau kekurangan lagi sebelum barang diproduksi secara massal. Ketika klien telah puas dengan hasilnya, maka produk baru dibuat dalam jumlah banyak untuk dijual.

Namun, sebelum melakukan produksi besar-besaran, izin dan nomor registrasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM wajib untuk dikantongi terlebih dahulu. Alasannya supaya keamanan produk terjamin. Di sini, jasa maklon akan membantu klien untuk mengurusnya.

Setelahnya, produk akan dibuat secara massal oleh jasa maklon untuk dijual oleh klien. Kelebihan lainnya, beberapa penyedia jasa ini juga membantu mencarikan reseller dan distributor untuk membantu klien menjual produk. Hal ini tentu menguntungkan bagi pebisnis pemula.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Contoh Produk Maklon yang Potensial!

Kelebihan Jasa Maklon

Jasa maklon menawarkan berbagai kelebihan, antara lain:

1. Modal yang Minim

Dengan menggunakan jasa ini, pendiri usaha tidak perlu mendirikan pabrik, merekrut tenaga kerja, dan melakukan riset mendalam untuk membuat produk. Biaya yang diperlukan untuk membayar jasa maklon jauh lebih sedikit dibanding jika harus membuka tempat produksi sendiri.

Dengan begitu, modal yang diperlukan tidak begitu besar dan pendiri usaha tinggal fokus untuk mengembangkan brand serta menggaji orang di bidang pemasaran dan manajemen saja. Keuntungan yang diperoleh juga akan lebih besar karena partner bisnis yang terlibat juga hanya sedikit.

2. Tak Perlu Memikirkan Tempat Produksi dan Sumber Daya Manusia

Seperti yang dijabarkan di atas, pendiri usaha hanya tinggal menerima jadi saja produk yang telah dibuatkan oleh jasa maklon sesuai permintaan. Mereka tak perlu memikirkan tentang pendirian atau penyewaan tempat produksi, pemasokan bahan baku, maupun mencari tenaga kerja untuk membuat produk.  Dengan begitu, mereka dapat fokus kepada pemasarannya saja.

3. Membuat Proses Lisensi Lebih Mudah

Dalam menjalankan bisnis kosmetik, skincare, maupun food and beverage, pengusaha perlu mengurus izin dari BPOM supaya produk aman dan legal untuk diperjualbelikan. Proses untuk memperolehnya membutuhkan waktu yang panjang. Di sini, jasa maklon akan membantu untuk mengurusnya.

4. Keuntungan Lebih Mudah Dihitung

Karena pendiri usaha cukup membayar satu kali saja untuk memperoleh barang-barang yang diinginkan, maka biaya produksi dan harga jualnya lebih mudah untuk ditentukan. Dengan begitu, keuntungan yang akan didapat juga lebih mudah diestimasi.

Hal ini berbanding terbalik jika pendiri usaha harus membuat produknya sendiri dari awal, karena rancangan keuangan bisnis dan proses produksi yang panjang akan membuat harga jual dan estimasi keuntungan lebih sulit untuk ditentukan dan dihitung.

Kemudahan Jasa Maklon Kosmetik dan Skincare

Proses Produksi Jasa Maklon

Di Indonesia, kosmetik dan skincare menjadi bidang usaha yang laris dan terus mengalami perkembangan dewasa ini. Pada tahun 2018, menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, industri kosmetik mengalami pertumbuhan sebesar 20% secara nasional dibandingkan tahun 2017. Persentase tersebut lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi nasional. Potensi industri kosmetik dan skincare untuk terus berkembang itu akhirnya mendorong beberapa pihak untuk turut mendirikan brand dan bisnis jual beli kosmetik atau skincare. Namun, bisnis ini memiliki langkah-langkah yang rumit jika ingin memproduksi barang sendiri dari awal.

Selain pabrik produksi, mereka juga harus menyediakan laboratorium dan para ahli untuk menghasilkan racikan skincare atau kosmetik yang aman dan bagus. Mereka juga harus meneliti bahan baku yang sesuai dan memasoknya untuk keperluan produksi. Proses tersebut tentu akan panjang dan modal yang diperlukan juga tidak sedikit. Selain itu, mereka juga harus mengajukan izin kepada BPOM dan memperoleh nomor registrasi untuk membuktikan bahwa produk yang dibuat aman untuk dikonsumsi, yang biasanya memakan waktu lama.

Di sinilah, jasa maklon kosmetik hadir sebagai solusi. Banyak dari para pendiri brand kosmetik dan skincare menjatuhkan pilihan pada jasa maklon untuk memproduksi barang. Alasannya karena biaya untuk menggunakan jasa ini lebih sedikit dibanding jika harus membuat pabrik dan laboratorium sendiri.

Selain itu membuatkan barang, jasa maklon juga membantu klien untuk mengantongi izin dan nomor BPOM, di samping perizinan seputar merk dan hak paten serta label halal Majelis Ulama Indonesia atau MUI. Seperti yang diketahui, mayoritas penduduk Indonesia adalah umat Islam sehingga kosmetik dan skincare berlabel halal sangat banyak dicari dan mempunyai pasarnya sendiriĀ 

Berapa Sih Biaya Maklon Kosmetik dan Skincare Ini?

Agung Sejahtera Bingung Memilih sebuah Pilihan 1170px x 780px

Biaya rata-rata jasa maklon beragam tergantung dari harga yang ditentukan penyedia jasa. Selain menghasilkan produk, jasa maklon juga membantu proses untuk memperoleh lisensi BPOM dan MUI supaya produk legal untuk dijual dan kehalalannya terjamin. Oleh karenanya, terdapat beberapa biaya untuk kepentingan yang berbeda-beda, yaitu:

1. Biaya Perizinan dan Legalitas

Biaya ini mencakup sertifikasi BPOM, MUI, dan merk serta hak paten. Biaya sertifikasi BPOM berkisar antara dua sampai empat juta rupiah, halal MUI sekitar tiga sampai lima juta, sementara merek dan hak paten sekitar lima juta rupiah.

2. Biaya Produksi

Karena menghasilkan produk dalam jumlah besar, biaya produksi memiliki nominal yang paling besar. Biaya jasa maklon berkisar dari angka puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sebagai contoh, jasa maklon untuk memproduksi kosmetik pertama kali kurang lebih sekitar lima puluh juta hingga seratus juta rupiah. Besaran itu tergantung dari jenis dan kuantitas barang serta formula dan bahan yang diinginkan.Berikut merupakan pengertian jasa maklon serta penerapannya. Dengan mengetahuinya, diharapkan siapapun yang ingin mendirikan bisnis akan memperoleh kemudahan dalam menjalankan rencananya.

You may also like

Leave a Comment