Home Bisnis Maklon Sssttt… 11 Produk Skin Care Ini Paling Banyak Dicari Lho!

Sssttt… 11 Produk Skin Care Ini Paling Banyak Dicari Lho!

by coriate

Ladies, ingin lebih memperhatikan perawatan kulit wajah tapi bingung harus mulai dari mana? Cari tahu daftar jenis produk skin care yang paling banyak dicari tentu bisa membantu. Meski para pakar kecantikan bilang “Less is more” untuk perawatan kulit sesimpel mungkin, sah-sah aja kok kalau Anda suka memakai banyak produk.

Rutinitas skin care bisa jadi nggak terbatas, tetapi Anda perlu memasukkan beberapa produk esensial dalam daftar. Terlepas apa pun jenis kulit Anda, sebaiknya pelajari dahulu jenis produk skin care yang tersedia, tujuan perawatan kulit, dan aktivitas harian. Ini akan membantu Anda dalam memilih mana produk yang tepat sesuai kebutuhan.

Baca juga: Begini Peluang Bisnis Kecantikan di Indonesia yang Terus Hidup

Apa Saja Jenis Produk Skin Care?

Bicara soal perawatan kulit basic, keberadaan facial cleanser, moisturizer, dan sunscreen hukumnya wajib. Please, jangan sampai Anda nggak punya tiga produk itu! Namun, untuk aneka produk seperti toner, serum, atau masker bisa bikin Anda bingung karena terlalu banyak jenis produk skin care yang menarik. 

Nah, Anda sudah datang ke tempat tepat. Dari cleanser hingga sleeping mask, inilah rekomendasi 11 jenis produk skin care yang paling banyak dicari belakangan ini.

1. Cleanser

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan produk cleanser

Berbeda dengan face wash, cleanser bersifat lebih lembut dan mampu melembabkan kulit wajah lebih baik. Produk ini efektif menghilangkan minyak dan kotoran di wajah sehingga perlu Anda pakai pertama kali sebelum memulai rutinitas skin care. 

Pilih cleanser sesuai aktivitas Anda sehari-hari. Misalnya, untuk Anda yang sering beraktivitas di luar rumah dan merias wajah, bisa memilih double cleanse. Gunakan cleanser lebih dahulu untuk menghapus bekas make up, debu dan kotoran. Baru pakai face wash supaya wajah benar-benar bersih sempurna. 

2. Exfoliator

Ilustrasi seorang wanita menggunakan produk Exfoliator

Memperbaiki tekstur kulit adalah tugas exfoliator. Jenis produk skin care ini bekerja dengan cara menghilangkan lapisan kulit mati sehingga wajah tampak lebih muda dan memungkinkan produk perawatan terserap baik dan make up menempel sempurna.

Namun, proses pengelupasan kulit sebaiknya cukup Anda lakukan satu hingga dua kali per minggu. Meski begitu, ada produk exfoliator yang aman dipakai setiap hari. Jika Anda menjumpai produk tersebut, cukup jadikan exfoliator sebagai cleanser kedua Anda.

3. Toner

Fungsi toner adalah membantu membersihkan sisa-sisa minyak dan kotoran yang mungkin masih menempel pada wajah. Toner juga berperan penting menyeimbangkan kembali pH kulit yang mungkin terganggu saat mencuci wajah. 

Melewati pemakaian jenis produk skin care ini jelas mustahil karena toner justru membuat kulit Anda siap menerima jenis produk skin care selanjutnya, seperti essence, pelembap, dan serum. Maka, pilih toner sesuai kondisi wajah Anda agar kulit bersih maksimal dan siap menyerap produk perawatan kulit di tahapan berikutnya.

4. Serum

Serum jadi most wanted skin care products beberapa tahun belakangan lho! Apalagi, makin banyak jenis produk skin care lokal yang merilis serum wajah dengan harga ramah di kantong. Serum hadir dalam bentuk botol kecil berlarutan gel jernih, bebas minyak, dan bertekstur ringan. 

Serum mengandung sejumlah bahan aktif dengan konsentrasi tinggi sehingga menembus lapisan bagian dalam kulit dengan mudah, cepat, dan merata. Produk ini mampu mengatasi permasalahan spesifik pada kulit dengan memformulasikan beberapa bahan aktif. Misalnya, vitamin C, hyaluronic acid, niacinamide, ceramide, asam glikolat, asam laktat, dan minyak atau ekstrak tumbuhan.

5. Face Oil

Ilustrasi produk face oil

Sesuai namanya, jenis produk skin care ini bertekstur minyak kental yang menggunakan ekstrak tumbuhan sebagai bahan baku. Lemak esensial yang baik untuk kulit jadi kandungan utama face oil. 

Produk ini bekerja sebagai emolien yang bertugas memperkuat lapisan kulit teratas dan mengunci kelembapan. Uniknya, face oil juga dapat mengontrol minyak berlebih serta mengatasi berbagai masalah kulit sehingga cocok dipakai semua jenis kulit.

6. Moisturizer

Menunggu kemunculan pelembab wajah? Tenang, orang masih mencari moisturizer kok untuk melengkapi rutinitas skincare-nya. Biasa dipakai usai toner, essence, dan serum, Anda dapat mengaplikasikan pelembab sebelum memoles tabir surya. 

Ada berbagai jenis pelembab yang dapat Anda pilih sesuai jenis kulit. Pelembab bertekstur krim cocok untuk kulit wajah kering. Tekstur krim lebih tebal pas dikenakan pemilik kulit wajah kombinasi dan normal. Sementara, tipe kulit wajah berminyak bisa menjatuhkan pilihan pada pelembab berbentuk gel atau cair. 

Baca juga: Banyak Manfaat Loh! Simak Dulu, 10 Manfaat Moisturizer ini!

7. Sunscreen

Tinggal di negara tropis dengan sinar matahari terik sepanjang tahun membuat sunscreen atau tabir surya wajib masuk daftar must have items. Bukan cuma melindungi wajah dari paparan sinar matahari, tetapi tabir surya bisa memperlambat penuaan dini pada wajah. 

Produk tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 tepat untuk mengakhiri rutinitas skincare harian Anda. Bahkan, meski di rumah saja, Anda tetap perlu memakai tabir surya karena ada risiko terpapar pantulan sinar matahari lewat jendela maupun blue light dari gawai yang digunakan.

8. Face Mask

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan produk face mask

Jenis produk skin care berikutnya banyak dicari lantaran hadir dalam berbagai varian bentuk, kandungan bahan, dan manfaat. Selain masker bubuk atau krim yang harus dioleskan, jenis sheet mask alias masker berbentuk lembaran sedang naik daun seiring popularitas kosmetik Korea.

Cukup tutupi wajah dengan masker, diamkan selama 15 hingga 20 menit sambil bersantai, dan bersihkan wajah. Voila! Anda langsung merasakan sensasi berbeda pada kulit wajah: lebih lembut, kenyal, dan sehat. 

9. Eye Cream

Nggak banyak orang menyadari bahwa kulit mata punya kondisi lebih rentan daripada area wajah lain. Mudah menghitam, berkerut, dan kering adalah beberapa keluhan yang kerap muncul. 

Itulah mengapa Anda perlu memiliki eye cream untuk menjaga kelembaban kulit area mata. Biasanya eye cream mengandung bahan pelembab tinggi, seperti ceramides, shea butter, dan hyaluronic acid, serta bahan pencerah, antara lain niacinamide dan vitamin C.

10. Sleeping Mask

Jenis produk skin care ini juga punya banyak penggemar. Disebut juga overnight mask, masker ini mampu menutrisi kulit ketika Anda tidur, sekaligus membantu proses regenerasi sel dan menunda kemunculan tanda penuaan dini pada kulit

Sleeping mask hadir dalam dua tekstur, krim dan gel. Anda bisa mengoleskannya pada akhir rutinitas skin care malam dan membiarkannya semalaman. Saat bangun pagi, akan terasa kulit lebih kenyal, lembap, dan cerah. 

11. Anti-Aging Cream

Anti-aging cream terkenal sebagai jenis produk skin care favorit perempuan masa kini. Apalagi, bagi mereka yang menyadari skin care biasa saja belum cukup untuk mengatasi kerutan dan flek hitam pada wajah.

Padahal, akhir usia 20-an Anda sudah bisa menggunakan anti-aging cream dengan kandungan ringan. Krim anti penuaan dengan kandungan retinol ringan cocok bagi Anda yang berada di usia 30-an. Sementara, anti-aging cream dengan exfoliator, kolagen, dan retinol ideal untuk Anda yang sudah berusia 40 tahun ke atas.

Mana saja jenis produk skin care di atas yang sudah duduk manis di meja rias? Atau  Anda baru menambahkannya ke keranjang marketplace sebagai salah satu wishlist belanja bulan ini? 

Pastikan juga Anda telah mengetahui varian mana yang sesuai dengan jenis kulit, berikut cara pemakaian dan waktu tepat mengaplikasikannya dalam rutinitas skincare harian. Selamat berburu produk skin care andalan Anda!

Baca juga: Diliat Dulu Ya Say! 7 Kandungan Skincare yang Aman Ini

You may also like

Leave a Comment