Home Seputar Teknologi Software MLM: Dari Jenis Sampai Tips Memilihnya untuk Bisnis!

Software MLM: Dari Jenis Sampai Tips Memilihnya untuk Bisnis!

by coriate

Setiap bisnis MLM (Multi-Level Marketing) membutuhkan bantuan perangkat lunak khusus agar kegiatannya berjalan lancar. Software MLM mampu memproses dan mengelola hal-hal yang berhubungan dengan bisnis MLM secara praktis. Misalnya, memberikan informasi network, komisi, dan pembayaran kepada pengguna, memproses registrasi anggota baru, mengelola jual beli produk, dan manajemen transaksi pembayaran.

Software MLM pun memiliki banyak manfaat untuk bisnis maupun penggunanya. Perangkat lunak ini dapat diakses dimanapun dan kapan pun, terintegrasi dengan situs web dan aplikasi mlm, responsif terhadap berbagai jenis perangkat, serta mudah dikustomisasi.

Ada beraneka ragam jenis software bisnis MLM yang bisa mendukung bisnis Anda. Apa saja? Cek daftar perangkat lunak berikut!

Daftar Jenis Software MLM yang Banyak Digunakan

Ilustrasi gambar software yang digunakan dalam bisnis MLM

1. Binary

Jenis software MLM Binary merupakan alat yang digunakan bisnis untuk mengelola network biner, manajemen komisi, dan memimpin generasi. Software ini umumnya berfungsi untuk memanajeri bisnis perusahan, pelatihan dan perekrutan distributor, manajemen produk, pemberdayaan penjualan, pemasaran, mengarahkan generasi, dan akuisisi pelanggan.

2. Trinary

Trinary merupakan sistem MLM yang mendukung tiga kaki di bawah sponsor. Jenis software trinary biasanya dibuat dengan situs web tipe CMS (Content Management System). CMS berguna untuk memonitor dan mengembangkan program dengan mudah.

Cara kerjanya pun sederhana. Pertama-tama, pengguna baru akan membeli kode aktivasi dan meregistrasikan diri. Kemudian, pengguna yang telah menjadi anggota baru akan diposisikan di kaki sponsor paling kiri yang masih kosong secara otomatis. Apabila downline sudah penuh, admin akan menentukan bonus menurut ketentuan tiap level.

3. Matrix

Jenis software MLM ini mendukung bisnis yang mengembangkan network hanya dengan tiga frontline. Biasanya, sistem Matrix akan muncul untuk mengakali sistem Binary karena dinilai kerap melakukan permainan uang. Perangkat lunak Matrix menghitung tiga bonus untuk setiap anggota, yaitu bonus regenerasi, sponsor, dan imbalan.

4. MLM Matahari

Perangkat lunak ini menggunakan skema matahari, yakni sistem adil untuk semua anggota yang ditentukan berdasarkan tingkat aktivitas. Software Matahari biasanya dipakai oleh model bisnis afiliasi. Jenis software MLM Matahari cocok dipakai untuk bisnis yang ingin memfokuskan target pemasaran di forum atau media sosial.

5. Support Web Replika

Software MLM Support Web Replika membantu pengguna untuk mendorong penjualan digital lebih gencar. Perangkat lunak ini didukung fitur web replika, perespons otomatis, dan komisi multilevel. Produk-produk yang cocok dijual dengan bantuan perangkat lunak ini, antara lain, buku elektronik, video, dan software. Jesni software MLM ini memiliki fitur formulir registrasi, pembayaran otomatis lewat berbagai saluran, pengelolaan keanggotaan, serta laporan keuangan.

6. Referral

Perangkat lunak MLM Referral membantu bisnis mempromosikan produk dan layanan dengan menggunakan basis data pelanggan. Jenis software MLM dengan sistem Referral mengandalkan kepuasan pelanggan dan pemasaran dari mulut ke mulut untuk mempengaruhi calon pembeli dan memperoleh pelanggan baru. Perangkat lunak ini otomatis mengelola kampanye referral, pelacakan, pendaftaran, dan pemberian hadiah kepada pelanggan.

Kenali Fitur-Fitur Umum dalam Software MLM

Setiap vendor menawarkan gabungan fitur yang unik. Namun, ada fitur umum dari perangkat lunak MLM yang perlu Anda ketahui.

  • Manajemen Komisi — Mengelola komisi, insentif, dan bonus anggota dari semua level. Pengguna juga bisa memonitor siklus penjualan.
  • Manajemen Anggota — Mengelola profil, data pribadi, dan kata sandi anggota, mengaktifkan atau menonaktifkan akun, serta mengatur peran berdasarkan hierarki, seperti admin, karyawan, dan anggota.
  • Pemroses Pembayaran — Berintegrasi gerbang pembayaran dan dompet digital untuk menangani pembayaran daring.
  • Dukungan Multi Negara — Menangani pembayaran antarnegara berdasarkan banyak mata uang, mengalihbahasakan konten situs web dan portal anggota berdasarkan negara, serta dukungan multibahasa.
  • Laporan Penjualan — Melacak keseluruhan tingkat penjualan dan pendapatan dan menghitung komisi sesuai dengan jumlah anggota.

Jenis Bisnis yang Memanfaatkan Software MLM

Ilustrasi gambar sebuah kegiatan bisnis yang menggunakan software MLM dalam proses kerjanya

Bisnis yang menggunakan strategi MLM memiliki alur kompensasi yang luas sehingga memperluas persyaratan perangkat lunak. Berikut jenis-jenis bisnis berdasarkan struktur alurnya:

1. Bisnis dengan Alur Kompensasi Linear

Struktur ini hanya mengizinkan satu anggota dalam satu level. Lalu, setiap anggota baru yang bergabung dalam network akan berada di bawah anggota lama atau mensponsori anggota baru. Seiring perkembangan organisasi, rantai di bawah anggota tertentu sekaligus komisi yang akan diperoleh pun ikut berkembang.

Bisnis dengan struktur ini membutuhkan alat yang membantu menciptakan rekam jejak untuk mencatat anggota yang baru bergabung. Itu karena struktur ini sangat mengandalkan pemilihan waktu yang tepat. Bisnis alur kompensasi linear juga memerlukan kalkulator komisi dalam perangkat lunak untuk mempercepat perhitungan bonus.

2. Bisnis dengan Alur Kompensasi Biner

Alur kompensasi ini membolehkan setiap sponsor menambahkan dua anggota saja. Komisinya pun tidak ditentukan oleh jumlah level di bawah sponsor, tetapi dari penghasilan yang diperoleh masing-masing cabang biner. Bisnis dengan struktur kompensasi biner memerlukan alat yang dapat menghitung komisi dari setiap kaki-kaki dalam bisnis.

3. Bisnis dengan Alur Kompensasi Unilevel

Struktur ini mengizinkan setiap sponsor untuk memegang kendali atas jumlah member yang tidak terbatas. Sponsor akan memperoleh komisi dari semua member yang dipimpinnya, bahkan dari downline anggotanya. Namun, komisi dari anggota downline dibatasi beberapa level saja. Bisnis dengan struktur ini membutuhkan kalkulator built-in yang dapat menghitung komisi setiap anggota menurut persentase yang ditentukan oleh admin atau manajer.

Manfaat Software MLM bagi Pebisnis dan Pengguna

Ilustrasi gambar sebuah kegiatan bisnis yang menggunakan software MLM dalam proses kerjanya

Sangat penting untuk mengetahui manfaat perangkat lunak MLM. Hal ini agar Anda dapat memahami pengaruh software dalam mensukseskan bisnis. Ini dia poin-poinnya!

1. Meningkatkan Penjualan

Perangkat lunak mampu mendukung kehadiran perusahaan, baik secara offline maupun online. Kontak personal dengan setiap pelanggan akan meningkatkan traffic situs web bisnis  dan popularitas produk dari mulut ke mulut.

2. Meningkatkan Transparansi

Software bermanfaat dalam mengkonsolidasi seluruh anggota network dalam satu platform. Alat ini dapat melacak semua anggota downline, kontribusi pendapatan, dan komisi yang akan didapatkan.

Ketahui Tips Penting dalam Memilih Software MLM

Ilustrasi gambar sebuah kegiatan bisnis yang menggunakan software MLM dalam proses kerjanya

1. Ketahui Pengalaman Perusahaan Software dalam Industri

Cari tahu tentang vendor jasa software MLM dan gali pengalaman mereka terkait industri MLM. Dengan begitu, Anda akan memahami seberapa lama vendor beroperasi, berapa banyak klien yang dilayani, dan proyek tertentu yang pernah mereka kerjakan. Selain itu, carilah ulasan yang tidak bias, misalnya dari situs web pihak ketiga, untuk memastikan bahwa pengguna sungguh lah yang memakai produk mereka.

2. Cari Fitur Tambahan yang Bagus

Setiap vendor memiliki fitur unik tersendiri. Oleh sebab itu, pilihlah jasa software MLM yang memiliki fitur tambahan yang mendukung fungsi produk secara lebih maksimal. Sebagai contoh, perangkat lunak dengan fitur pelatihan dan onboarding anggota baru. Lihat pula inti dari sistem perangkat lunak MLM untuk menentukan kebutuhan bisnis. Dengan begitu, Anda akan memperoleh vendor yang mendukung strategi MLM secara holistik.

Itulah daftar jenis software MLM yang patut diketahui. Setiap perangkat lunak di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda tinggal pilih software mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Manakah yang paling menarik perhatian? Tuliskan jawabannya di kolom komentar, ya!

You may also like

Leave a Comment