Home Seputar Kecantikan Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

by coriate

Siapa sih yang senang dengan kulit berminyak? Selain lebih mudah berkeringat, makin mudah juga berjerawat. Belum lagi rasa tidak nyaman dan berkurangnya rasa percaya diri saat bersosialisasi. Alih-alih muka terlihat mulus dan bercahaya, yang ada malah berkilat-kilat karena keringat atau berhiaskan jerawat. Duh, rasanya mau minggat!

Makanya, jangan heran kalau banyak yang membutuhkan skincare untuk kulit berminyak.

Masalah Kulit Berminyak

Terlahir dengan masalah kulit wajah berminyak memang bukan perkara mudah. Memang, setidaknya kulit berminyak tidak mudah mengalami iritasi, tidak gampang dehidrasi, hingga lebih terlindung dari sinar matahari.

Sayangnya, berbagai masalah kulit berminyak juga harus dihadapi. Misalnya: wajah jadi terlihat berkilat-kilat dan panen jerawat. Kondisi kulit berminyak disebabkan oleh produksi sebum berlebih sehingga pori-pori kulit membesar. Akibatnya, berbagai debu, kotoran, dan bakteri mudah masuk dan menyumbat pori-pori. Inilah yang kemudian menyebabkan jerawat mudah bermunculan.

Memilih produk perawatan kulit juga bukan perkara mudah bagi pemilik kulit berminyak. Salah pilih produk, yang ada wajah malah makin berminyak dan tampak kusam. Makanya, Anda sebaiknya berhati-hati dan tidak asal memilih produk skincare untuk kulit berminyak.

Baca Juga: Duh! Ternyata Ini Biang Kerok Masalah Kulit Badan

Rekomendari Merk Skincare Untuk Kulit Berminyak

Memiliki kulit yang berminyak memang sangat menggangu, oleh karena itu, kamu harus memperhatikan jenis merk skincare yang cocok untuk kulit berminyak. Berikut 10 rekomendari merk skincare untuk kulit berminyak:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Agungsejahteragroup Merk Skincare Untuk Kulit Berminyak Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1170 x 780

Kulit sensitif sulit mencari skincare yang sesuai? Itu dulu. Karena setelah hadir Cetaphil Gentle Skin Cleanser, pemilik kulit sensitif bisa mendapat perawatan terbaik. Karena minimnya kandungan sodium laurate sulfate (SLS) membuat PH kulit lebih seimbang.

Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, tidak ada salahnya mencoba produk perawatan ini. Karena selain tidak menyumbat pori, cleanser ini juga melindungi kulit wajah dari bakteri dan jerawat. Cocok untuk kulit remaja ataupun lansia.

2. ElsheSkin Deep Cleansing for Oily Skin

Agungsejahteragroup ElsheSkin Deep Cleansing for Oily Skin 1170 x 780

Rekomendasi merk skincare untuk kulit berminyak selanjutnya adalah ElsheSkin Deep Cleansing for Oily Skin. Seperti namanya, cleanser ini diformulasikan khusus untuk kulit berminyak. 

Tidak hanya hadir dalam produk pembersih saja. ElsheSkin juga mengeluarkan produk lainnya. Seperti foundation, bedak, eyeliner, dan lain sebagainya. Solusi untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

3. Avoskin Miraculous Refining Toner

Agungsejahteragroup Skincare Untuk Kulit Berminyak Avoskin Miraculous Refining Toner 1170 x 780

Siapa bilang kulit berminyak tidak perlu menggunakan toner? Karena dengan Avoskin Miraculous Refining Toner, pemilik kulit berminyak tetap bisa menikmati manfaat toner tanpa harus menambah kadar minyak pada wajah.

Sebagaimana diketahui toner berfungsi untuk mempersiapkan tahap skincare selanjutnya. Produk ini juga mengandung ekstrak aloe vera yang membantu mengatasi jerawat berlebih pada wajah. Bisa juga menjadikannya eksfoliasi untuk mengangkat kotoran yang menyumbat pori-pori.

4. The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Agungsejahteragroup The Ordinary Niacinamide 10 Zinc 1 1170 x 780

Memiliki kulit berminyak memang identik dengan jerawat. Kenapa? Karena debu dan kotoran lebih mudah menempel dan menyumbat pori-pori. Menimbulkan jerawat atau masalah kulit lainnya.

Dengan menggunakan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan kulit berminyak. Karena produk ini merupakan rekomendasi merk skincare untuk kulit berminyak dari banyak beauty blogger. Yang membantu mengatasi jerawat dengan tetap menjaga kelembabannya.

Baca juga: Harus Ada Ini! 5 Manfaat Niacinamide Untuk Kulit Wajah,

5. Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel

Agungsejahteragroup Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel 1170 x 780

Seperti namanya, Nature Republic Aloe Vera Soothing Gel merupakan produk perawatan kulit berbentuk gel. Mengandung ekstrak lidah buaya yang sangat menjadi rekomendasi untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Meski mengandung sedikit alkohol, Anda tidak perlu khawatir. Karena kadar alkohol di dalamnya masih wajar. Tidak hanya mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tapi juga menghilangkan jerawat dan bekasnya.

6. Secret Key Starting Treatment Essence

Agungsejahteragroup Secret Key Starting Treatment Essence 1170 x 780

Berbentuk cairan kental agak sedikit encer. Secret Key Starting Treatment Essence merupakan essence yang bermanfaat untuk melembabkan sekaligus mencerahkan. Produk yang mengandung galactomyces ini juga membantu menjaga keseimbangan pada kulit.

7. Derma Angel Acne Care Intensive Gel

Agungsejahteragroup Produk Skincare Untuk Kulit Berminyak Derma Angel Acne Care Intensive Gel 1170 x 780

Kandungan ceramide yang ada pada Derma Angel Acne Care Intensive Gel tidak hanya membantu mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Tapi juga mencegah munculnya jerawat, mengeringkan nanah dan jerawat batu, serta membantu menghalau datangnya jerawat baru.

Bagi Anda yang masih mencoba mencari produk skincare anti jerawat, tidak ada salahnya mencoba produk ini. Berbagai tingkatan usia bisa menggunakannya. Mulai dari remaja hingga dewasa.

8. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Agungsejahteragroup Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack 1170 x 780

Dengan kombinasi bamboo Charcoal powder, Bentonite, Kaolin, Sea Silt, dan botanical extracts lainnya, produk masker ini layak menjadi pilihan untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Selain menjaga kelembaban, Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack juga mampu membantu menghilangkan jerawat dan berbagai kotoran penyumbat pori-pori.

9. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Agungsejahteragroup Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x 1170 x 780

Mengandung Jeju vulcanic cluster sphere, Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x merupakan masker yang mampu menyerap minyak berlebih pada wajah. Teksturnya yang Clay membuat penggunaan masker ini terasa lebih nyaman. Terlebih bagi Anda yang mempunyai kulit wajah yang tidak hanya berminyak namun juga sensitif.

10. Kiehl’s Celendula Deep Cleansing Foaming Face

Agungsejahteragroup Produk Skincare Untuk Kulit Berminyak Kiehls Celendula Deep Cleansing Foaming Face 1170 x 780
Skincare untuk kulit berminyak

Dan rekomendasi merk skincare untuk kulit berminyak terakhir adalah Kiehl’s Celendula Deep Cleansing Foaming Face. Sabun cuci wajah yang mengandung calendula dan gylcerin ini tidak hanya membantu memperbaiki kondisi kulit. Tapi juga mempertahankan kelembaban dan elastisitasnya. Cocok bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat.

Rangkaian Skincare Untuk Kulit Berminyak

Memilih skincare memang tidak bisa sembarangan bagi kulit berminyak. Kalau belum tahu, awalnya mungkin masih suka salah pilih. Begitu sudah menemukan yang cocok, maka Anda akan merasakan banyak manfaatnya. Masalah jerawat dan kulit kusam dapat segera diatasi. Wajah pun lebih sehat karena bersih.

Nah, seperti apakah rangkaian skincare kulit berminyak? Yuk, kita simak:

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Menyerap Minyak

Urutan Pakai Skincare Micellar Water

Mencuci muka dua kali sehari, yaitu pagi dan malam, wajib dilakukan. Selain itu, gunakan pembersih wajah yang menyerap minyak. Karena pembersih wajah ada yang berbentuk losion maupun krim, pilihlah yang berbentuk losion. Mengapa? Losion lebih cepat diserap air dan tidak meninggalkan bekas yang ‘tebal’ di wajah.

2. Menggunakan Exfoliating Toner

Urutan Pakai Skincare Toner

Exfoliating toner adalah sejenis skincare untuk kulit berminyak yang sayangnya sering terlupakan. Padahal, fungsinya luar biasa, lho. Salah satunya adalah sebagai penyeimbang kandungan pH (asam) pada kulit manusia. Makanya, kulit jadi tampak lebih sehat berkat pemakaian toner.

Toner lazim dipakai untuk mengurangi dehidrasi jangka pendek atau dangkal. Makanya, kita lazim melihat produk skincare ini hanya dioleskan untuk mendinginkan wajah. Exfoliating toner punya manfaat super lainnya, yaitu membersihkan pori-pori kulit hingga sampai ke dalam. Produksi minyak yang berlebihan pun bisa dikurangi.

Dengan memakai exfoliating toner satu-dua kali seminggu, Anda bisa meratakan warna kulit, mempertahankan kelembaban kulit tanpa menyebabkan jerawat, dan mengontrol kelebihan produksi sebum atau minyak. Produk ini cocok bagi yang suka dan sering harus memakai riasan wajah tebal.

3. Rutin Memakai Pelembab

Krim Malam

Ternyata, meskipun kulit berminyak, kita masih tetap harus rajin memakai pelembab. Kenapa? Ada perbedaan antara kulit kering dengan kulit dehidrasi. Meskipun berminyak, kulit ternyata tetap bisa menderita dehidrasi sehingga tetap membutuhkan pelembab.

Nah, agar tidak salah pakai, pilihlah produk skincare pelembab berbahan dasar air atau gel. Produk ini juga harus bebas minyak, bebas pewangi, hingga bersifat non-comedogenic. Tujuannya adalah agar kelembaban kulit tetap terjaga secara seimbang, tetapi tanpa menyebabkan penyumbatan pori-pori. Bila pori-pori sampai tersumbat, maka rasanya akan berat dan makin memperbanyak produksi sebum (minyak) pada wajah.

4. Eksfoliasi untuk Mengangkat Kulit Mati

Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah prosedur pengikisan atau pengangkatan sel-sel kulit mati dari lapisan terluar kulit. Tujuannya adalah untuk perbaikan warna dan tekstur kulit. Intinya, prosedur ini berusaha meregenerasi kulit agar sel-sel kulit baru dapat tumbuh. Bila tumpukan sel kulit mati sudah terangkat, maka peredaran darah di bawah kulit lebih lancar. Kulit pun terlihat lebih cerah.

Eksfoliasi untuk mengangkat kulit mati dapat dilakukan di salon atau klinik kecantikan. Namun, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah, tentu saja dengan produk skincare yang tepat.

5. Memakai Tabir Surya di Pagi Hari: SPF, SPF, dan SPF!

Menggunakan Tabir Surya 1170px x 780px

Masih banyak yang menyepelekan manfaat penggunaan tabir surya (sunscreen). Bahkan, banyak juga yang mengira bahwa sunscreen bukanlah bagian dari produk skincare.

Padahal, bahkan saat mendung pun, pemakaian sunscreen tetap diharuskan. Bila hidup di negara tropis, minimal sunscreen dengan SPF 30 dapat cukup melindungi kulit Anda dari paparan sinar UVA dan UVB matahari selama 30 menit pertama. Bila mau yang lebih baik lagi, pilihlah sunscreen dengan SPF 60.

Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang setelah waktu 30 (atau 60, tergantung produk pilihan Anda) menit habis. Tidak hanya mencegah produksi sebum (minyak) berlebihan, produk sunscreen juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit.

6. Gunakan Serum Wajah

Menggunakan Serum Wajah

Serum wajah juga berfungsi sebagai skincare untuk kulit berminyak, apalagi saat usia Anda makin bertambah. Perubahan hormon dapat membuat kulit makin kering atau malah tambah berminyak.

Bila kulit Anda mudah berjerawat, pilihlah serum wajah yang mengandung benzil peroksida. Kandungan kimiawi ini dapat membantu mengurangi produksi sebum (minyak) pada siang hari, sekaligus mengatasi kemerahan akibat peradangan pada kulit. Ada juga serum retinol untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat di malam hari.

Baca juga: Ga Banyak yang Tau! Nih, 3 Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah!

Pilihan paling tepat bagi kulit berminyak dan jerawat adalah serum wajah yang mengandung niaciamide. Produk skincare dengan kandungan ini bersifat antioksidan. Selain mencegah pembesaran pori-pori wajah, serum ini berfungsi mencegah penuaan dini.

7. Menggunakan Kertas Minyak

Kertas Minyak Wajah 1170px x 780px 1

Terpaksa beraktivitas di luar ruangan, padahal kulit sedang aktif memproduksi minyak berlebih? Untuk mencegah panen jerawat di wajah, manfaatkan kertas minyak alias blotting paper. Meski tampak sepele, sesungguhnya kertas minyak juga produk skincare untuk kulit berminyak. Mengapa demikian?

Pertama, kertas minyak merupakan solusi praktis karena mudah dibawa ke mana-mana. Kedua, kita cukup mengoleskan kertas minyak ke bagian wajah yang sedang berminyak sekali. Contoh: dahi, hidung, dan dagu, apalagi hidung termasuk tempat yang paling rentan jadi sarang komedo.

Namun, hindari menggesek-gesekkan kertas minyak ke wajah. Cukup tempelkan pada wajah dan diamkan saja selama 20 detik. Tunggu sampai kertas menyerap minyak dari wajah. Sesudahnya, kulit jadi lebih bersih dan tidak lengket.

8. Memakai Mud Mask atau Clay Mask

cara membuat masker organik bubuk

Jangan mengernyit dulu bagi yang belum terbiasa. Meskipun namanya masker lumpur (mud mask) dan masker tanah liat (clay mask), sebenarnya kedua masker ini malah membantu membersihkan wajah. Keduanya dapat mengontrol kelebihan produksi sebum (minyak) pada wajah dan membersihkan pori-pori wajah sampai ke dalam.

Kedua masker ini sama-sama mengandung mineral alami yang sangat tinggi. Kandungan mineral alami yang tinggi ini dapat membantu melancarkan peredaran darah di bawah kulit. Kedua masker ini juga berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati tanpa menyebabkan iritasi. Ingin produk skincare untuk kulit berminyak dengan berbahan alami? Pakai saja mud mask atau clay mask sekitar satu atau dua kali dalam seminggu. Rasakan efeknya sesudah pakai: kulit bersih, cerah, dan bebas jerawat. 

Nah, ternyata banyak sekali produk skincare untuk kulit berminyak. Jangan lupa, pilihlah dengan jeli agar tidak sampai menyesal di kemudian hari. Pakai sesuai aturan juga, ya.

You may also like

Leave a Comment