Home Seputar Kesehatan Sehat itu Penting, Intip Cara Meningkatkan Imun Tubuh Di Sini!

Sehat itu Penting, Intip Cara Meningkatkan Imun Tubuh Di Sini!

by coriate

Imunitas tubuh yang kuat adalah aset penting dan merupakan benteng pertahanan utama dari kuman. Sistem kekebalan tubuh sejatinya telah melakukan pekerjaan luar biasa untuk melindungi Anda dari mikroorganisme penyebab penyakit. Namun, kadang kuman berhasil menyerang dan membuat Anda sakit.

Bagaimana cara meningkatkan imun tubuh? Meski lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, ternyata Anda bisa melakukan sesuatu demi membuat imun tubuh selalu prima. Tidur cukup, olahraga, tidak stres, hingga diet sehat adalah beberapa di antaranya. Simak tips selengkapnya di artikel ini.

1. Yuk, Istirahat dan Tidur yang Cukup

Ilustrasi gambar seorang pria sedang istirahat tidur

Kualitas tidur dan kekebalan tubuh berkaitan erat. Melansir Healthline, sebuah penelitian dilakukan pada 164 orang dewasa sehat. Partisipan yang jam tidur malamnya kurang dari 6 jam ternyata lebih rentan terhadap flu.

Durasi tidur untuk orang dewasa yang disarankan adalah minimal 7 jam setiap malam. Sementara itu, remaja membutuhkan 8-10 jam, sedangkan bayi membutuhkan 14 jam. Bila sulit tidur, Anda bisa melakukan hal-hal ini:

  • Membatasi penggunaan ponsel sebelum tidur.
  • Mematikan komputer dan TV saat jam tidur tiba.
  • Mandi air hangat sebelum tidur bisa membuat tubuh rileks dan tidur nyenyak.

Anda juga bisa mematikan lampu atau menggunakan masker tidur, serta berusaha untuk tidur di waktu yang sama setiap malam.

2. Konsumsi Lebih Banyak Makanan Nabati 

Ilustrasi gambar contoh makanan nabati

Cara meningkatkan imun tubuh selanjutnya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan nabati seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan. Antioksidan yang terkandung di dalam makanan nabati bisa membantu mengurangi peradangan dan memerangi radikal bebas yang menumpuk di dalam tubuh.

Selain itu, sumber makanan nabati juga tinggi serat dan mengandung vitamin C yang penting bagi kesehatan dan menurunkan kerentanan Anda terhadap penyakit.

3. Mengurangi Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Ilustrasi gambar contoh beberapa makanan yang banyak mengandung lemak jenuh

Lemak jenuh atau lemak jahat yang dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dan risiko penyakit stroke dan jantung. Produk keju, daging unggas, daging merah, mentega, minyak sawit, minyak kelapa, dan produk olahan susu adalah beberapa contoh sumber lemak jenuh.

Alternatifnya, Anda bisa mengonsumsi lebih banyak lemak sehat yang bisa ditemui dalam salmon, omega-3, dan minyak zaitun. Sifat anti-inflamasi di dalam lemak sehat bisa membantu tubuh melawan virus dan bakteri

4. Konsumsi Lebih Banyak Makanan yang Difermentasi atau Minum Suplemen Probiotik 

Ilustrasi gambar contoh makanan yang difermentasi

Yogurt, kimchi, kefir, asinan kubis adalah beberapa contoh populer makanan yang difermentasi. Jenis makanan ini kaya akan probiotik, yaitu bakteri baik yang menguntungkan bagi saluran pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa probiotik yang tumbuh dengan baik bisa jadi cara meningkatkan imun yang efisien. Sel imun pun akan bekerja efektif mengidentifikasi patogen berbahaya.

Anda juga bisa meminum suplemen probiotik untuk memelihara kesehatan usus dan lambung. Namun, perhatikan dosis dan efek sampingnya. Bila ragu, konsultasikan dulu dengan dokter ahli dengan menginfokan riwayat kesehatan Anda.

5. Wajib Nih, Olahraga Rutin

Ilustrasi gambar seorang pria dan wanita sedang melakukan aktivitas olahraga

Studi mengungkapkan bahwa bahkan satu sesi olahraga ringan bisa meningkatkan imunitas tubuh. Bayangkan bila Anda melakukannya secara rutin? Olahraga secara teratur bisa membantu sel-sel imunitas melakukan regenerasi dengan baik dan teratur.

Olahraga kardio seperti berjalan kaki, berenang, skipping, lari dan bersepeda, misalnya, berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Strength training atau olahraga kekuatan otot (squat jump, plank, atau push up) membantu membakar kalori dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Sementara itu, olahraga fleksibilitas seperti pilates dan yoga bisa jadi pilihan untuk relaksasi dan melancarkan peredaran darah. Lakukanlah beberapa jenis olahraga dalam satu kali sesi agar mendapat hasil yang maksimal. 

6. Pertahankan Berat Badan “Ideal”

Ilustrasi gambar seseorang sedang menimbang berat badan

Cara meningkatkan imun tubuh yang tak kalah penting adalah mempertahankan berat badan yang ideal. Menghitung berat badan (BB) ideal yang sehat, pada dasarnya mengacu pada tinggi badan serta faktor lain mencakup bentuk tubuh, usia, massa otot, dan jenis kelamin Anda.

Rumus paling mudah yang bisa Anda pakai adalah rumus Broca, yaitu:

  • Pria: BB (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – (tinggi badan (cm) – 100) x 10%).
  • Wanita: BB (kg) = (tinggi badan (cm) – 100) – (tinggi badan (cm) – 100) x 15%).

7. Memang Sulit, Coba Untuk Kurangi / Stop Merokok

Ilustrasi gambar seorang wanita sedang merokok

Mari sedikit mengingat bahaya merokok. Asap rokok dan zat nikotin yang masuk ke paru-paru bisa menyebabkan radang paru-paru, pneumonia, bronkitis, hingga kanker paru-paru. Belum lagi penyakit lambung, impotensi, stroke dan segudang bahaya lainnya.

Stop merokok adalah cara meningkatkan imun tubuh yang tidak mudah dilakukan, tetapi tak berarti tidak bisa. Lakukan secara perlahan dan mintalah dukungan dari orang-orang di sekitar Anda. 

8. Ini Juga, Yuk Kurangi Minuman Soda dan Alkohol 

Ilustrasi gambar beberapa botol minuman yang mengandung alkohol

Minuman bersoda yang dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko keterbelakangan mental, kerusakan otak, dan menurunnya imunitas. Sementara itu, terlalu banyak minum minuman alkohol bisa berbahaya bagi tubuh, seperti mengakibatkan tukak lambung, gastritis, bahkan kanker.

Sebagai alternatif untuk menghilangkan kebiasaan minum soda dan alkohol, Anda harus mulai lebih banyak minum air putih atau minuman lain yang dapat menaikkan metabolisme tubuh seperti teh hijau, air kelapa, infused water, dsb.

9. Kurangi Kopi serta Minuman Manis-Manis

Ilustrasi gambar contoh minuman kopi dan manis lainnya

Cara meningkatkan imun tubuh selanjutnya adalah mengurangi kebiasaan minum kopi dan minuman manis. Selain bersifat adiktif, efek jangka panjang konsumsi kafein dan minuman manis adalah kegemukan, penyakit jantung, gangguan cerna, serta gangguan hormonal dan suasana hati. Kurangi kebiasaan ini pelan-pelan dengan membatasi maksimal satu cangkir saja setiap hari.

10. Cobalah untuk Meminimalkan Stres

Ilustrasi gambar seorang wanita sedang mengalami stress

Bila merasa lelah dan mulai merasakan gejala stres, berhenti sejenak dari rutinitas Anda untuk menenangkan diri dan menjauh dari pemicunya. Lakukan hal lain yang bisa mengembalikan semangat Anda, seperti menjalani hobi atau sekadar menikmati hari libur sehari untuk pergi ke tempat favorit Anda.

Stres berkepanjangan yang tidak segera ditangani bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, dari yang ringan hingga serius. Dampaknya tidak hanya akan mengganggu kejiwaan dan menyebabkan depresi, cemas, serta gangguan mental dan kepribadian. Namun, stres juga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. 

Pada akhirnya, stres hanya akan meningkatkan risiko Anda mengalami refluks asam, heartburn, sembelit, diare, hingga serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan detak jantung tidak normal.

11. Rutin Menjaga Kebersihan Tubuh

Ilustrasi gambar seseorang sedang mandi untuk membersihkan tubuh

Anda tidak bisa mengesampingkan cara meningkatkan imun tubuh yang satu ini. Ya, menjaga kebersihan tubuh adalah akar dari kesehatan tubuh dan jiwa. Ini dia saran terbaik untuk menjaga kebersihan tubuh:

  • Mandi teratur setidaknya dua kali sehari.
  • Rajin cuci tangan dengan sabun. Bila memungkinkan, gunakan air hangat.
  • Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin menggosok gigi dan memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali.
  • Ganti dan cucilah pakaian serta sprei secara berkala.

Selain itu, jangan hanya mengandalkan produk perawatan tubuh seperti deodorant atau body spray untuk menjaga kesegaran aroma tubuh. Tidak ada yang lebih baik daripada membersihkan tubuh dengan cara mandi menggunakan air dan sabun!Ingat, sehat itu penting. Agar tidak merugikan diri sendiri dan juga orang lain di sekitar Anda, ingat untuk mengikuti tips cara meningkatkan imun tubuh ini.

You may also like

Leave a Comment