Home Seputar Kecantikan Sebelum Pakai, Begini Cara Cek Skincare BPOM Untuk Produk

Sebelum Pakai, Begini Cara Cek Skincare BPOM Untuk Produk

by coriate

Ingin merawat kulit dengan produk skincare yang tepat? Pastinya itu keinginan semua orang. Makanya, jangan mudah tergoda oleh harga murah maupun janji hasil yang singkat. Jangan sampai menyesal karena salah pilih dan kulit menjadi korbannya.

Untuk itulah, kita wajib mengetahui cara cek skincare BPOM. Mengapa demikian? Karena, selain mengetahui kandungan pada produk skincare, kita harus memastikan produk tersebut termasuk yang sudah diizinkan beredar bebas oleh BPOM. Meskipun stempel BPOM tidak tercantum di kemasan, kita masih bisa mengeceknya langsung, baik ke laman resmi BPOM maupun aplikasi Cek BPOM.

Namun, sebelumnya, mari kita kenal lebih dekat dulu dengan lembaga BPOM.

Apa Itu BPOM?

logo bpom

BPOM adalah singkatan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan. Tugasnya sama dengan badan-badan sejenis di negara-negara lain, seperti EMA (European Medicines Agencies) di negara-negara Uni Eropa dan FDA (Food and Drug Administration) di Amerika Serikat. Mereka menjadi pengawas semua peredaran obat-obatan dan makanan di kawasan masing-masing.

Lho, bukankah produk skincare termasuk produk kecantikan atau kosmetika? Mengingat berbagai bahan kimia yang terdapat di dalamnya, tentu saja produk skincare masuk ke dalam kategori obat-obatan. Karena itulah, kita wajib mengetahui cara cek skincare BPOM untuk mengetahui keamanan produk tersebut.

Manfaat Penggunaan BPOM Pada Bisnis Skincare

Banyak sekali manfaat dari penggunaan BPOM, baik untuk produsen makanan dan obat-obatan maupun konsumennya. Dari segi produsen, mereka dapat menaikkan daya saing jualan produk-produk mereka. Dengan mendapatkan izin dari BPOM, ada jaminan bahwa produk mereka aman dikonsumsi dan tidak merugikan pembeli. Kepercayaan pembeli akan keamanan produk mereka pun meningkat.

Sementara itu, dari sisi konsumen, mereka merasa lebih tenang saat membeli produk dengan izin BPOM. Dengan adanya izin dari BPOM, berarti ada jaminan bahwa mereka akan tetap sehat dan bisa mendapatkan manfaat berarti dari produk yang mereka beli untuk dikonsumsi. Mereka tidak akan jatuh sakit dan merasa dirugikan oleh produk yang sudah terlanjur mereka beli.

Lalu, bagaimana dengan bisnis skincare? Tentu saja ini juga sama dengan produk makanan dan obat-obatan lain yang diawasi oleh pihak BPOM. Produsen skincare dapat memasarkan produk mereka secara lebih luas lagi. Bahkan, bila suatu saat produk tersebut berhasil dipasarkan di luar negeri, stempel BPOM merupakan jaminan keamanan dari negara bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi.

Dengan kata lain, izin BPOM ada bukan untuk menyusahkan pengusaha. Bahkan, dengan adanya izin dari lembaga ini, mereka dapat menaikkan daya saing saat berkompetisi dengan produk-produk lain yang sejenis.

Risiko Tidak Mendaftarkan BPOM

Karena itulah, pengurusan izin BPOM tidak bisa dianggap main-main. Bila produk yang mau dijual mengandung bahan kimia dan untuk dikonsumi pembeli (dimakan, diminum, atau diaplikasikan pada kulit atau anggota tubuh lain), maka sebaiknya segeralah mengurus izin BPOM. 

Jangan sampai terlambat hingga di-sidak (inspeksi mendadak) oleh aparat hukum. Menurut situs Smart Legal ID, pernah ada kasus lupa mengurus izin BPOM. Akibatnya, pebisnis yang bersangkutan harus mendekam di dalam penjara selama tujuh bulan. Tidak hanya itu, reputasi yang terlanjur tercoreng bisa mempersulit pebisnis untuk memulai dari awal lagi sesudah bebas dari penjara.

Selain itu, siap-siap saja menghadapi tuntutan hukum dari para konsumen yang merasa dirugikan. Tidak mau bukan, barang-barang dagangan Anda menyebabkan orang jatuh sakit, bahkan berisiko kehilangan nyawa karena reaksi alergi produk tersebut?

Cara Cek Bpom Kosmetik Melalui Laman Resmi

situs bpom

Sebenarnya, label BPOM pada kemasan produk skincare sudah cukup menjamin keamanan produk tersebut saat dijual bebas. Namun, bila tidak ada label seperti itu, sebaiknya cek segera melalui laman resmi BPOM. Bahkan, sebenarnya bila sudah ada label BPOM tetapi ingin memastikan lagi, Anda tetap bisa mengecek melalui laman resmi BPOM.

Bagaimana caranya? Seperti ini:

  • Cek laman cekbpom.pom.go.id.
  • Cari produk berdasarkan beberapa cara ini: lewat nomor registrasi produk, nama produk, merek, format atau bentuk produk tersebut, hingga nama pendaftar.
  • Ketik kata kunci dari produk yang sedang ingin Anda cek, seperti lewat nomor registrasi barang tersebut. Lalu klik ‘cari’.
  • Bila produk tersebut telah terdaftar dan dinyatakan aman, yang akan keluar berikutnya adalah nomor registrasi, nama produk, serta perusahaan yang mendaftarkan produk tersebut.

Lalu, bagaimana bila ingin membandingkan produk yang aman dengan yang masih diteliti atau dianggap berbahaya menurut BPOM? Begini caranya:

  • Cek laman cekbpom.pom.go.id.
  • Cek Daftar Produk.
  • Begitu klik Daftar Produk, cek di bagian Daftar Produk Ditarik.
  • Begitu sudah masuk Daftar Produk Ditarik, pilih pencarian yang Anda inginkan, baik berupa makanan maupun obat. Berhubung produk skincare termasuk obat, maka klik-lah bagian Obat.
  • Saat tiba di kolom pencarian, ketiklah nama produk, merek, nomor registrasi, hingga NPWP pendaftar produk bila ada.
  • Bila produk tersebut termasuk yang telah ditarik dari peredaran, Anda bisa melihat keterangan saat produk tersebut ditarik dari pasaran beserta alasan di baliknya.

Bila produk skincare yang tengah Anda incar berada dalam daftar ditarik oleh BPOM, lebih aman bagi Anda untuk tidak tetap membelinya. Mulailah beralih ke produk-produk lain yang dirasakan lebih aman untuk Anda.

Cara Mengecek Nomor BPOM Skincare Melalui Aplikasi Cek BPOM

aplikasi bpom

Selain melalui laman resmi BPOM, ternyata Anda juga bisa mengecek keamanan produk skincare incaran Anda melalui aplikasi cek BPOM. Seperti apa caranya? Ini dia:

  • Bila belum mempunyai aplikasi Cek BPOM, segeralah mengunduhnya di ponsel Anda.
  • Bila sudah, masuklah ke aplikasi Cek BPOM.
  • Klik pilihan “Semua Produk” di halaman utama.
  • Begitu sampai di halaman “Semua Produk”, pilihlah salah satu dari semua pilihan yang ada di halaman itu: “Produk Teregistrasi”, “Produk Dibatalkan”, atau “Public Warning”.
  • Tekan “Nomor Registrasi” dan masukkan nomor registrasi produk yang sedang dicek.
  • Sistem akan menampilkan semua informasi terkait produk tersebut.

Bagaimana bila halaman tidak menampilkan rincian produk yang sedang dicek? Berarti produk tersebut belum didaftarkan ke BPOM. Anda bisa melaporkan produk tersebut dengan beberapa cara ini:

  • Kontak BPOM lewat nomor hotline mereka: 1500533
  • SMS BPOM lewat 081219999533
  • Email BPOM di: halobpom@pom.go.id 
  • DM BPOM di Twitter mereka: @HaloBPOM1500533

Nah, dengan banyaknya cara untuk mengontak BPOM terkait produk apa pun, termasuk skincare, berarti sudah tidak ada alasan lagi untuk bersikap cuek atas izin BPOM. Memang, prosedur izinnya sedikit ribet bagi pengusaha. Namun, alangkah lebih ribet lagi bila tuntutan hukum menanti dan mendapatkan protes di sana-sini.

Begitu pula sebagai konsumen. Tidak mau ‘kan, kulit menderita alergi atau iritasi parah akibat merkuri gara-gara lalai mengecek izin BPOM produk yang mau dibeli? Cuma sebentar, kok. Selain itu, tidak perlu takut dianggap pengadu bila melaporkan produk yang mencurigakan pada BPOM. Siapa tahu, Anda baru saja menyelamatkan banyak konsumen lain dari kerugian jangka panjang.

Nah, beginilah cara cek skincare BPOM. Ada dua pilihan dengan banyak cara untuk menghubungi BPOM. Saatnya jadi konsumen yang lebih cerdas, kritis, dan peduli pada keselamatan bersama.

You may also like

Leave a Comment