Home Seputar Kecantikan Mulai Bisnis Yuk! Nih, Potensi Bisnis Kecantikan di Indonesia

Mulai Bisnis Yuk! Nih, Potensi Bisnis Kecantikan di Indonesia

by coriate

Peluang bisnis kecantikan di Indonesia tidak hanya besar, tetapi juga terus bertumbuh. Data Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa pasar produk kecantikan di Indonesia mengalami kenaikan signifikan sejak 2020 (saat banyak orang tinggal di rumah dan semakin rajin merawat diri). Hal ini membuktikan bahwa bisnis kecantikan selalu memiliki potensi besar di Indonesia.

Tertarik memulai bisnis kecantikan sendiri? Tentukan dulu strategi dan sasaran bisnis paling tepat agar usaha Anda tahan lama serta mampu bersaing.

Kelebihan dan Keuntungan Bisnis Kecantikan di Indonesia 

Mengapa Indonesia ideal sebagai tempat memulai bisnis kecantikan? Berikut beberapa informasi terkait kelebihan serta keuntungan berbisnis jenis ini.

1. Pasar untuk Produk Kecantikan yang Besar

Dari segi demografi pasar, Indonesia merupakan pasar produk kecantikan yang ideal. Data terakhir dari Worldometer dan PBB menunjukkan bahwa penduduk Indonesia pada tahun 2022 sejauh ini sekitar 280 juta orang. Hal ini memberi Anda banyak sekali calon pembeli. 

Demografi besar juga memudahkan Anda untuk membidik kelompok tertentu. Misalnya, Anda mungkin berbisnis produk untuk remaja, orang dewasa, atau produk khusus pria. Anda juga bisa membuat produk untuk kondisi kulit tertentu, misalnya kulit sensitif atau berjerawat.

2. Bisa dimulai dari Kecil Kecilan

Walau potensinya selalu ada, Anda mungkin masih bertanya: bagaimana dengan keuntungan atau keunggulannya? Apa hal baik yang bisa Anda peroleh dari berbisnis produk kecantikan?

Salah satu keuntungan yang jelas terlihat adalah popularitas produk ini. Bahkan sebelum pandemi, banyak orang gemar menggunakan produk kecantikan. Merek dalam negeri kini juga semakin banyak diburu sehingga ada pasar bagi pemain lokal. Ketika pandemi hadir, merawat diri menjadi sesuatu yang semakin banyak dibutuhkan.

Bisnis kecantikan di Indonesia juga bisa dimulai dari berbagai rentang modal. Anda tidak perlu menjadi orang kaya bermodal besar untuk berbisnis. Membuat produk kecantikan alami yang murah di bengkel rumahan juga sudah termasuk berbisnis, asalkan prosedur pengetesan dan izin sudah diurus.

Peluang Bisnis Kecantikan di Indonesia

Apa saja peluang bisnis kecantikan di Indonesia yang bisa Anda jajal? Inilah beberapa pilihan populer serta karakteristik masing-masing.

1. Buat Produk dengan Maklon

Contoh Produk Jasa Maklon di Pasaran
Contoh Produk Maklon Kecantikan

Ingin punya merek dan kampanye iklan produk Anda sendiri? Gunakan jasa maklon produk kecantikan. Maklon adalah istilah orang yang membuat produk jasa untuk pihak lain. Contohnya adalah kemasan produk (botol, wadah), label, logo, hingga kampanye iklan. Setelah pihak maklon membuatnya, berbagai produk tersebut kemudian diberikan ke klien yang memesan. 

Uniknya, berbagai produk yang diberikan maklon tidak memberi mereka klaim hak cipta atau semacamnya. Setelah dibuat, hal-hal seperti merek, label, kemasan dan sebagainya akan diberikan seutuhnya ke klien dan menjadi milik mereka.

Baca juga: Sudah Tahu? Ini Pengertian Jasa Maklon Serta Penerapannya

2. Menjadi Reseller/Drop Shipper Produk Kecantikan

reseller bisnis kecantikan di Indonesia
Reseller

Reseller dan dropshipper sama-sama menjual produk yang bukan milik Anda sendiri. Bedanya, reseller berarti Anda membeli produk dalam jumlah tertentu untuk dijual lagi, sedangkan drop shipper menjual barang yang ada di gudang lain sehingga bisa dilakukan tanpa modal awal. Bisnis semacam ini cocok untuk Anda yang bermodal kecil atau tidak berencana membuat produk sendiri.

3. Buka Toko Produk Kecantikan

toko kosmetik dan skincare
Toko Kecantikan

Membuka toko produk kecantikan adalah pilihan bisnis yang selangkah lebih maju dari menjadi reseller, misalnya. Dengan membuka toko, Anda bisa menentukan identitas, stok, dan jenis bisnis yang dijalankan. Modal awal membuka toko bisa lebih besar dari reseller, tetapi Anda memiliki kebebasan lebih banyak.

Toko produk kecantikan bisa hadir dalam wujud offline maupun online. Akan tetapi, konsepnya sama seperti membuka toko tradisional: Anda harus rajin mempromosikan toko tersebut, baik di dunia maya, media sosial, maupun event.

4. Salon Kecantikan

salon kecantikan
Salon Kecantikan

Punya keahlian yang ingin disalurkan? Cobalah menjadi pemilik salon kecantikan. Di sini, Anda bisa menentukan daftar “menu” perawatan kulit dengan menggunakan produk-produk tertentu. Karena salon merupakan tempat yang membutuhkan banyak keahlian, Anda harus mempertimbangkan mempekerjakan beberapa karyawan dengan keahlian khusus. Salon kecantikan tidak hanya berupa salon rambut. Anda bisa memadukannya dengan jasa dandan umum atau khusus (untuk pernikahan, wisuda, dan sebagainya). 

5. Bisnis Spa Kecantikan

spa kecantikan
Spa Kecantikan

Spa kecantikan bisa jadi lebih “besar” dari salon biasa karena pelayanannya lebih beragam. Sama seperti salon, penting bagi Anda untuk menyewa pegawai dengan kemampuan berbeda, mulai dari perawatan masker wajah, eksfoliasi, hingga scrubbing seluruh tubuh menggunakan produk buatan sendiri. Spa biasanya membutuhkan modal yang jauh lebih besar, apalagi jika digabungkan dengan yang lain seperti salon rambut.

Tips Memulai Bisnis Kecantikan

Bisnis kecantikan merupakan peluang yang cukup bagus, terutama di Indonesia. Jika Anda baru berencana memulai bisnis kecantikan (apapun bentuknya), inilah beberappa tips:

1. Mengamati Tren Lebih Dahulu

tren bisnis kecantikan
Tren Bisnis Kecantikan

Gambar diatas merupakan data tren kecantikan dari tahun 2021-2022 melalui google trend. Sama seperti produk lainnya, kosmetik dan produk kulit mengalami pasang-surut tren. Anda harus memahami tren produk kecantikan terbaru untuk mengetahui saingan utama dan menciptakan metode bisnis yang lebih sukses. Tren membantu Anda menciptakan konsep produk (jika berencana membuat sendiri) serta memahami persaingan.

2. Menentukan Produk Utama

Contoh Produk Jasa Maklon
Produk Kecantikan

Jika Anda memiliki modal kecil, fokuslah pada beberapa produk utama untuk diciptakan atau dijual. Produk utama yang jenisnya terbatas membantu Anda fokus dalam hal promosi dan aspek bisnis lainnya. Contohnya, jika Anda membuka toko produk kecantikan organik, Anda bisa fokus pada produk sabun dan sampo terlebih dahulu sebagai produk utama.

Menentukan produk utama juga berarti menemukan demografi pelanggan. Jika Anda membidik konsumen remaja, dewasa muda, atau wanita karier lewat produk perdana Anda, pastikan konsisten dalam membidik golongan tersebut. Anda bisa memperluasnya jika sudah merasa yakin dengan kestabilan bisnis.

3. Menentukan Lokasi Bisnis yang Tepat

lokasi bisnis kecantikan
Lokasi Bisnis Kecantikan

Lokasi bisnis berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari masalah pengiriman produk hingga jumlah pembeli atau pelanggan. Anda harus menentukan lokasi bisnis yang akan menguntungkan dari semua segi, mulai dari ekspedisi, pencarian bahan baku, hingga pesaing.

4. Membuat Strategi Pemasaran yang Tepat

strategi pemasaran
Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran penting bagi setiap penjual, baik yang “hanya” bersifat reseller/drop shipper maupun yang membuat produk serta merek sendiri. Strategi pemasaran yang tepat berarti menentukan label, visualisasi, bahasa iklan, serta gaya postingan media sosial.

5. Temukan Keunggulan Utama yang Anda Tawarkan

keunggulan produk kecantikan
Produk Unggulan

Apa keunggulan yang membuat Anda lebih baik dari produk, penjual, atau jasa layanan kecantikan yang lain? Bahan organik unik? Harga terjangkau? Jika ya, pastikan berfokus pada hal tersebut secara konsisten. Jika ingin menambah detail lain, tunggu hingga produk atau bisnis Anda cukup stabil.

6. Gunakan Alat Berkualitas

alat kecantikan
Alat Kecantikan

Jika Anda membuka toko, salon, atau berjualan, Anda wajib menyediakan produk, bahan, dan alat berkualitas. Hindari “menghemat” dengan cara memangkas atau mengubah produk yang seharusnya jangan diubah. Semua alat seperti kuas mata dan maskara harus bersih dan higienis sebelum digunakan pada klien mana pun.

Kesimpulan

Bisnis kecantikan adalah salah satu usaha paling berpengaruh di Indonesia. Paduan popularitas produk, jumlah penduduk, serta demografi beragam membuat bidang ini semakin banyak dinikmati. Jadikan peluang bisnis kecantikan di Indonesia sebagai alternatif usaha bagi yang ingin sukses.

You may also like

Leave a Comment