Home Seputar Kesehatan Mudah Banget! 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Mudah Banget! 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

by coriate

Gangguan penyakit mata yaitu mata minus atau rabun jauh adalah gangguan mata yang meyebabkan penderitanya kesulitan melihat objek jarak jauh. Gangguan mata ini tak hanya dialami lansia dan orang dewasa, melainkan juga anak-anak. Sebenarnya, cara menjaga kesehatan mata secara alami dan terhindar dari rabun jauh atau gangguan lainnya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari pemicunya. 

Beberapa penyebab mata minus, antara lain membaca dalam jarak dekat, menatap layar gawai terlalu sering dalam jarak dekat, kurangnya kualitas tidur, sering menggosok mata, jarang melakukan kegiatan di luar rumah, dan menggunakan cahaya redup selama berkegiatan. Mata minus juga dapat disebabkan oleh faktor genetik. Apabila salah satu orang tua menderita mata minus, peluang Anda mengalami hal tersebut cukup besar. Risiko makin meningkat apabila keduanya mengidap rabun jauh.

Untuk meminimalisasi risiko tersebut, Anda bisa melakukan sejumlah cara menjaga kesehatan mata secara alami berikut ini. 

1. Konsumsi Buah Buahan dan Sayuran

cara detoksifikasi tubuh dengan makanan kaya antioksidan

Cara termudah menjaga kesehatan mata adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur. Sumber makanan tinggi vitamin A, C, E, dan karotenoid sangat baik untuk merawat penglihatan. Karotenoid termasuk keluarga antioksidan yang mampu menjaga mata dari dalam dan meningkatkan imunitas tubuh. 

Asupan gizi untuk menjaga kesehatan mata dapat dipenuhi melalui makanan, seperti bayam, brokoli, sawi, lobak hijau, kacang-kacangan, wortel, blackberry, blueberry, dan jeruk. Di dalam wortel terkandung beta karoten yang efektif menurunkan risiko degenerasi makula. Menjaga pola makan juga bermanfaat supaya terhindar dari risiko obesitas dan penyakit diabetes tipe 2, salah satu penyebab kebutaan pada orang dewasa. 

2. Berhenti Merokok

Berhenti merokok 1170px x 780px

Tak banyak yang tahu bahwa asap rokok bukan hanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan paru-paru dan jantung, melainkan juga membawa pengaruh buruk pada penglihatan. Orang yang merokok lebih rentan terkena gangguan mata. Bahkan, menurut Department of Health New York State, perokok berisiko menderita degenerasi makula, katarak, glaukoma, retinopati diabetik, dan sindrom mata kering. 

Apabila Anda telah mengalami salah satunya dan masih tetap merokok, gangguan mata dapat berakhir dengan kebutaan. Bagi perokok pasif, Anda juga wajib menghindari asap rokok karena sama berbahayanya dengan perokok aktif. Artinya, Anda juga berpeluang mengalami ganggua mata yang telah disebutkan di atas. 

Baca juga: 8 Jenis Penyakit Mata Pada Manusia yang Paling Umum

3. Minum Suplemen Kesehatan Mata

perbedaan suplemen dan vitaminperbedaan suplemen dan vitamin

Cara menjaga kesehatan mata secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan mata. Di pasaran terdapat banyak merek suplemen kesehatan mata. Carilah suplemen yang memiliki kandungan dan jenis vitamin seperti Beta Karoten, Flavanoid, Asam Lemak Omega-3, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin E, dan kandungan Seng atau Zinc.

Seluruh kandungan dan vitamin yang telah disebutkan diatas efektif membantu menjaga, merawat, dan meningkatkan kesehatan mata, mencegah cahaya biru, mencegah risiko mata tegang, meningkatkan penglihatan saat malam, meningkatkan penglihatan kabur, serta mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula terkait usia. Selain itu, kandungan di dalamnya juga bersifat antioksidan kuat, antiinflamasi, serta anti aging yang baik untuk kesehatan mata dan tubuh.

4. Gunakan Kacamata Pelindung

cara agar mata sehat dengan memakai kacamata

Ketika berada di ruang terbuka, Anda harus selalu melindungi penglihatan dengan menggunakan kacamata hitam. Kacamata hitam mampu mencegah paparan sinar UV mengenai mata secara langsung. Berbekal kacamata hitam, Anda akan lebih mudah melihat tanpa perlu menutupi mata menggunakan tangan. Anda pun tak lagi merasa silau saat berada di luar ataupun ketika mengemudi. 

Selain itu, bagi Anda yang aktif bekerja di depan layar, pastikan memiliki kacamata radiasi. Kacamata ini membantu melindungi mata dari paparan sinar radiasi berlebih yang menyebabkan katarak dan degenerasi makula dan dapat menjadi salah satu alternatif cara menjaga kesehatan mata secara alami. Sangat disarankan untuk membeli kacamata hitam ataupun kacamata radiasi yang mampu menghalangi sinar UVA maupun UVB hingga 99%. 

5. Rutin Memeriksa Mata

cara agar mata sehat dengan rutin cek mata

Rutin memeriksakan kondisi mata dapat mencegah terjadinya risiko gangguan penglihatan. Meskipun Anda tidak mengalami keluhan, pemeriksaan mata secara berkala efektif menurunkan risiko gangguan tanpa gejala. Hal ini juga memudahkan tenaga medis mendeteksi masalah mata sejak dini. Apabila Anda menggunakan kacamata, pemeriksaan rutin bisa memberikan informasi mengenai waktu yang tepat untuk mengganti sesuai ukuran akurat.

6. Menghindari Gadget Terlalu Lama

hindari penggunaan gadget

Di zaman serba canggih, penggunaan gawai, seperti ponsel pintar maupun laptop menjadi hal lumrah. Bahkan, keberadaan alat elektronik tersebut memudahkan pekerjaan manusia. Namun, pastikan untuk menggunakan gawai dengan bijaksana. Pasalnya, terlalu lama menatap layar gawai berisiko menyebabkan mata lelah, tegang, hingga kering. 

Selain gangguan mata tersebut, menatap gawai dalam waktu lama juga memperbesar risiko Anda mengalami kesulitan pemusatan perhatian dari jauh, pandangan kabur, sakit kepala, tegang pada punggung dan bahu, dan nyeri leher. Apabila pekerjaan Anda mengharuskan menatap layar dalam waktu lama, istirahatkan mata setiap 15 menit sekali. Untuk menghindari kelelahan pada mata, berjalan-jalan sejenak agar ketengangan berangsur-angsur hilang. 

Cara agar mata sehat selama menatap layar adalah dengan menjaga postur tubuh tetap tegak. Gunakan kursi dengan ketinggian yang sesuai agar Anda nyaman. Atur juga tingkat kecerahan layar monitor maupun ponsel. Hindari tingkat kecerahan layar maksimal untuk menjaga kesehatan mata. 

7. Lakukan Senam Mata

cara agar mata sehat dengan senam mata

Senam mata dilakukan untuk membantu menjaga memelihara kesehatan otot mata. Kegiatan ini dapat dilakukan di pagi hari, saat mata terasa lelah, dan sebelum tidur. Adapun langkah senam mata sebagai cara menjaga kesehatan mata secara alami, antara lain:

  • Duduk santai di atas karpet atau lantai.
  • Tutup mata. Gerakan mata Anda ke atas, sejauh yang dapat Anda lakukan. Tahan beberapa saat lalu turunkan gerakan mata ke bawah.
  • Ulangi hal tersebut beberapa kali. 
  • Buka mata Anda dan lihat sekitar (kiri dan kanan).
  • Tutup mata kembali. Lakukan gerakan melirik ke kanan dan ke kiri. 
  • Ulangi hal tersebut beberapa kali sembari berganti arah.
  • Buka mata Anda dan lihat sekitar.
  • Tutup mata kembali. Lakukan gerakan melirik arah diagonal, yakni dari kanan atas ke kiri bawah. Ganti dari kiri atas ke kanan bawah.
  • Ulangi hal tersebut beberapa kali.
  • Buka mata beberapa saat lalu pejamkan mata dengan kencang. Setelahnya berkedip beberapa kali. 

Berbekal senam mata tersebut, Anda bisa menjaga kekuatan penglihatan mata dan mencegah mata terkena gangguan kesehatan.

8. Tidur yang Cukup

tidur cukup
Tidur yang Cukup adalah cara menjaga kesehatan mata secara alami

Cara menjaga kesehatan mata secara alami yang wajib dilakukan adalah menjaga kualitas tidur. Kekurangan tidur tidak hanya menyebabkan tubuh menjadi loyo, mudah lelah, dan mengantuk. Tidur yang kurang berkualitas memperbesar peluang terjadinya gangguan pada mata. Ketika Anda tidur selama 7 hingga 8 jam per hari, mata dapat beristirahat dengan total. Mata membutuhkan waktu untuk memulihkan dan memperbaiki sistem penglihatan setelah beraktivitas seharian.

Ketika Anda kurang tidur, mata tidak memiliki waktu cukup untuk beristirahat. Kondisi ini menyebabkan penglihatan melemah secara perlahan. Kurang tidur juga memperbesar risiko mata terasa gatal, kering, dan kemerahan. Hal tersebut terjadi lantaran mata tidak mampu menghasilkan air mata yang cukup. Mata yang kekurangan cairan alami berisiko terkena infeksi.

Demikianlah informasi mengenai cara menjaga kesehatan mata secara alami dan terjaga dengan baik. Pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, tidur teratur, dan menggunakan gawai secara bijaksana. Konsumsi Eye Supplement Vision Health untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan mata.

You may also like

Leave a Comment