Home Seputar Kecantikan Ladies! Macam Macam Kosmetik Bibir Ini Udah Tahu Belum?

Ladies! Macam Macam Kosmetik Bibir Ini Udah Tahu Belum?

by coriate

Ladies, Anda pasti setuju bahwa bibir adalah salah satu bagian wajah paling menarik perhatian. Kehadiran macam macam kosmetik bibir dapat membuat tampilan Anda lebih bergaya, chic, atau malah membosankan karena salah pilih. 

Pilihan kosmetik bibir masa kini memang banyak banget. Saking banyaknya, wajar kalau Anda cuma tahu sebagian saja. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, artikel berikut bakal mengupas tuntas 12 produk kosmetik bibir yang ada di pasaran. Scroll down terus ya!

Baca juga: Mulai Bisnis Yuk! Nih, Potensi Bisnis Kecantikan di Indonesia!

Macam Macam Kosmetik Bibir yang Perlu Anda Tahu

Tahukah Anda, pengguna lipstik paling awal ternyata berasal dari peradaban kuno Sumeria di Mesopotamia? Uniknya lagi, bahan pewarna bibir berasal dari zat alami, seperti karat tanah liat, pacar, buah-buahan, hingga serangga! . 

Lompat ke era 1950-an, lipstik identik dengan para bintang film terkenal dunia. Siapa pun terpesona melihat perona bibir Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, atau Grace Kelly. Bisa jadi inilah alasan mengapa lipstik begitu identik dengan tampilan glamor. 

Kemunculan lip liner, lip gloss, dan shimmer pada 1980-an dan 1990-an memberi Anda lebih banyak pilihan produk kosmetik bibir. Panduan berikut akan menjelaskan macam macam kosmetik bibir beserta fungsinya untuk perawatan bibir.

Baca juga: Wanita Wajib Tahu! Ini Jenis Jenis Kosmetik dan Kegunaannya

1. Lip Balm

Ilustrasi seseorang sedang menggunakan produk kosmetik lip balm

Selain lipstik, lip balm jadi kosmetik bibir paling dikenal. Dahulu lip balm transparan atau bernuansa sheer menempatkan kandungan pelembab sebagai “bintang” utama produk sehingga orang memulasnya untuk menjaga kelembaban bibir.

Seiring perkembangan inovasi teknologi, aneka lip balm hadir dengan formula beragam. Mulai dari tinted lip balm dengan warna menarik, pelembab bibir dengan tabir surya, hingga formula vitamin E atau antioksidan untuk menghaluskan bibir yang pecah-pecah.

2. Lip Tint

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan lip tint

Macam macam kosmetik bibir berikutnya adalah lip tint, produk yang berada antara lip gloss dan lipstik. Produk ini lebih ringan daripada lipstik, tetapi mengandung lebih banyak warna daripada lip gloss yang cenderung transparan. 

Lip tint mengandung beberapa bahan tambahan. Contoh, bahan penyejuk, aroma mint, atau tabir surya. Formula demikian efektif melindungi bibir dari paparan sinar matahari serta melembutkan dan menghaluskan bibir. Lip tint cocok Anda pakai sehari-hari karena terbilang awet tanpa perlu memulasnya berulang kali.

3. Lip Gloss

Ilustrasi produk kosmetik lip gloss

Merasa bibir Anda cenderung tipis dan kecil? Gunakan lip gloss untuk menciptakan ilusi bibir tampak lebih “penuh”. Efek kilau dari produk kosmetik ini memberikan kesan basah dan bening sehingga warna lipstik Anda lebih menonjol.

Sayangnya, Anda mesti mengaplikasikan ulang beberapa kali supaya tampilan bibir penuh awet sepanjang hari. Namun, lip gloss tetap pilihan ideal untuk mem-boost rasa percaya diri dengan bibir penuh dan tebal.

4. Sheer Lipstick

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan lipstick di bibirnya

Punya masalah bibir kering? Pilih sheer lipstick yang memiliki kandungan minyak untuk melembabkan bibir Anda. Lipstik satin dan tipis ini merupakan satu dari macam macam kosmetik bibir yang memiliki formula ringan.

Dengan formula pelembab, warna lipstik bisa jadi terlihat sedikit lebih terang begitu dioleskan ke bibir. Lipstik satin  ini mampu menyajikan tampilan alami tanpa riasan. Agar Anda tampil segar sepanjang hari, rajin mengaplikasikan sheer lipstick jadi tips penting mengingat lipstik ini tidak begitu tahan lama.

5. Cream Lipstick

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan produk lipstick di bibirnya

Ukuran bibir kecil milik Anda sudah pasti cocok mengenakan cream lipstick. Dengan ciri tidak mengkilap alias matte, pulasan lipstik cenderung merata dengan mudah hingga sudut bibir. 

Sensasi lembut, lembab, dan basah membuatnya nyaman saat bersentuhan dengan bibir Anda. Kandungan wax di dalam cream lipstick memang lebih banyak sehingga mampu menjaga kesehatan dan kelembaban bibir. Cukup oleskan lip gloss untuk memberi efek kilau pada bibir jika Anda menginginkannya.

Baca juga: Tak Perlu Dihindari, Inilah Bahan Pengawet Kosmetik yang Aman

6. Matte Lipstick

Ilustrasi produk kosmetik bibir

Anda lebih suka riasan natural seperti nggak pakai make up? Lipstik matte harus ada di meja rias! Lipstik jenis ini bukan cuma memberi warna merata, tetapi juga melembutkan bibir sehingga tampilan Anda terlihat awet muda.

Dari macam macam kosmetik bibir lipstik matte, pilih yang mengandung lidah buaya atau vitamin E. Kandungan tersebut dapat memberikan kelembaban ekstra pada bibir, plus membuat pigmen lipstik lebih tahan lama melekat di bibir. 

7. Semi-Matte Lipstick

Ilustrasi produk kosmetik lipstick

Tekstur lembut lipstik semi-matte mampu menciptakan bibir anti mengkilap tetapi tetap lembab sepanjang hari. Anda bisa memulaskannya sebagai pelengkap rias wajah sehari-hari ataupun tampilan glamor di malam hari.

Formula lipstik semi-matte dirancang tahan lebih lama dan punya area coverage tinggi. Anda tidak perlu mengoleskan berulang kali karena formula creamy-nya menjaga kelembutan bibir. Ingin tampil natural sekaligus bold? Lipstik semi-matte harus masuk daftar belanja!

8. Lip Stain

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan produk lip stain

Macam macam kosmetik bibir selanjutnya, lip stain, mampu memulaskan warna pekat dan melekat di bibir lebih lama. Dengan tingkat kilau yang minim, formula produk ini terbilang ringan seolah Anda tidak memakai polesan apa pun di bibir.

Variasi pigmen yang kaya dengan tingkat coverage tinggi, membuat Anda leluasa memulas lipstik dari sapuan tipis sampai warna pekat yang lebih intens. Namun, jika Anda merasa bibir terasa kering setelah pakai lip stain, tambahkan lip gloss sebagai sapuan akhir untuk bibir lebih lembab dan glossy. 

9. Lip Liner

Ilustrasi produk kosmetik lip liner

Ada beberapa tipe lip liner dalam macam macam kosmetik bibir. Lip liner berbentuk pensil berujung runcing yang mempermudah Anda mengaplikasikan secara presisi. Anda bisa mengisi bibir dengan polesan merata dan rapi, sekaligus menambah volume maupun memperbaiki bentuk bibir. 

Ada pula lip liner cair dengan bentuk likuid yang mudah digariskan tanpa menarik kulit. Opsi ini cocok untuk Anda yang kurang menyukai formula pensil bibir. Pastikan Anda memilih warna tepat supaya sesuai dengan warna alami bibir ya.

10. Masker Bibir

Ilustrasi seorang wanita sedang menggunakan produk masker bibir

Masker bibir adalah salah satu produk perawatan yang efektif mengatasi permasalahan bibir, mulai dari bibir kering dan pecah-pecah, kusam, berkerut, sampai mengelupas. Meski fungsinya mirip lip balm, masker bibir mempunyai efek hidrasi lebih baik. Kalau bibir Anda kering banget, bisa nih pakai masker bibir.

Selain melembutkan dan menjaga kelembaban bibir, produk ini juga mampu memunculkan kesan bibir lebih penuh dan merah merona. Anda bisa menjumpai masker bibir dalam bentuk patch dan gel atau dikenal juga sebagai lip sleeping mask. 

Baca juga: Bisa Jualan di Shopee! 8 Cara Membuat Masker Organik Bubuk

11. Scrub Bibir

Ilustrasi produk kosmetik scrub bibir

Menggunakan scrub bibir adalah trik jitu untuk memiliki bibir tampak merona, cerah, dan halus. Scrub bibir rutin selama dua hingga tiga kali seminggu efektif mengangkat sel kulit mati. Hasilnya, permukaan kulit bibir lebih cerah dan Anda pun nyaman mengaplikasikan kosmetik bibir lainnya. 

Pastikan Anda menggosok lip scrub secara lembut pada bibir yang lembab. Hindari menggunakan scrub saat bibir kering dan pecah-pecah karena bisa menyebabkan bibir Anda terluka.

12. Lip Serum

Ilustrasi seorang wanita menggunakan produk lip serum di bibirnya

Serum bibir mengandung pelembab dan essence sehingga mampu menutrisi hingga bagian dalam lapisan bibir. Selain bisa menangani bibir kering, serum juga efektif mencerahkan bibir yang kusam dan menyamarkan kerutan. 

Serum bibir memiliki beberapa bentuk, antara lain lip cream dengan tint warna atau serum cair yang mudah dioleskan di bibir. Pilih serum dengan kandungan pelembap tinggi dan campuran bahan essence yang tepat sesuai tujuan Anda memakai serum bibir.

Dari 12 macam macam kosmetik bibir di atas, mana yang sudah Anda gunakan? Jangan lupa perhatikan cara penyimpanan dan masa kedaluwarsa produk demi perawatan maksimal untuk bibir sehat, lembut, dan merah merona. 

You may also like

Leave a Comment