Home Bisnis Maklon Kok Mudah Sekali Yah? 6 Cara Membuat Brand Skincare Sendiri

Kok Mudah Sekali Yah? 6 Cara Membuat Brand Skincare Sendiri

by coriate

Belakangan ini produk skincare lokal makin banyak di pasaran. Kualitas yang unggul dan tidak kalah dengan produk perawatan kulit luar negeri membuatnya banyak diminati oleh masyarakat. Jadi, bukan hal yang mengherankan jika kini banyak produk perawatan kulit lokal yang memiliki nama besar dan menjadi pilihan favorit banyak orang.

Melihat minat masyarakat yang begitu besar, bisnis perawatan kulit memang tampak menjanjikan. Namun, sebelum Anda mencari tahu cara membuat brand skincare sendiri, mari pelajari terlebih dahulu tentang peluang dan jenis bisnis kecantikan ini.

Peluang Bisnis Skincare

peluang bisnis skincare

Peluang bisnis perawatan kulit yang cukup besar membuat bisnis ini menggiurkan. Anda tidak perlu khawatir peluang ini berlalu dengan terlalu cepat karena beberapa alasan berikut ini:

1. Pengguna skincare terus bertambah

Karena tingginya minat produk perawatan kulit, tidaklah mengherankan jika pengguna skincare kini juga semakin banyak. Tidak hanya kaum wanita yang merawat kesehatan kulit dengan produk-produk skincare, para pria juga sudah mulai melakukan perawatan kulit.

Para remaja kini juga sudah mulai ikut merawat kulit wajah mereka sesuai dengan jenis dan kondisi kulit mereka. Mengingat pasar perawatan kulit yang semakin meluas, maka Anda tidak perlu khawatir minat akan produk ini agak turun. Sebaliknya, pengguna skincare kini juga terus bertambah.

2. Skincare menjaga kesehatan kulit

Dahulu, perawatan kulit selalu dikaitkan dengan kunjungan atau perawatan oleh dokter dan praktisi kecantikan di salon. Masyarakat lebih mempercayai perawatan kulit dari para ahli jika dibandingkan dengan menggunakan produk skincare sendiri di rumah.

Kini, skincare sudah dapat dijangkau oleh berbagai kalangan dan bisa dilakukan di rumah. Masyarakat sudah memahami bahwa perawatan yang dilakukan di rumah juga efektif dan baik untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, harganya juga lebih terjangkau sehingga siapa saja bisa merawat kesehatan kulit mereka di rumah.

3. Skincare lokal memiliki daya tarik tinggi

Jika dulu produk perawatan kulit didominasi oleh produk-produk luar negeri, berbeda dengan saat ini. Produk lokal kini juga semakin unggul dalam segi kualitas sehingga mampu bersaing dengan produk perawatan kulit dari luar negeri. Ditambah lagi dengan harga yang cenderung lebih terjangkau, maka peluang bisnis perawatan kulit lokal juga semakin besar.

Jadi, tidak akan sulit bagi Anda untuk memiliki bisnis perawatan kulit yang bersaing di pasaran. Anda hanya perlu fokus pada kualitas dan keamanan produk, maka skincare Anda akan mampu bersaing dengan produk lain yang sudah lebih dulu beredar.

4. Jenisnya beragam dan dapat terus dikembangkan

Produk skincare kini juga sudah semakin banyak, sehingga Anda dapat terus mengembangkannya. Bagaimana tidak, kini produk perawatan kulit tidak hanya terbagi menjadi manfaat untuk tipe jenis kulit, tetapi juga penggunaan. Ada sabun pembersih wajah, toner, serum, essence, day cream, night cream, eye cream, masker, sunscreen, dan lain-lain.

Banyaknya jenis produk yang tersedia ini membuat produk skincare memiliki ruang yang luas untuk terus berkembang. Jadi, Anda bisa leluasa mengembangkan produk dan tidak takut kehilangan peluang dalam bisnis ini.

Jenis Usaha Skincare

jenis usaha skincare

Sebelum membahas cara membuat brand skincare sendiri, Anda juga perlu tahu dulu beragam jenis usaha perawatan kulit yang tersedia. Kemudian tentukan jenis bisnis yang Anda inginkan sebelum mulai mempersiapkan diri untuk membuat brand.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha skincare yang dapat Anda pertimbangkan.

  • Salon kecantikan,  
  • Klinik kecantikan
  • Spa kecantikan
  • Toko kosmetik
  • Kosmetik dan produk perawatan kulit

Cara Membuat Bisnis Skincare Sendiri

cara membuat brand skincare sendiri

Lima jenis usaha di atas memiliki pasarnya masing-masing. Meski demikian cara membuat brand skincare sendiri untuk kelima usaha tersebut tidaklah jauh berbeda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan ketika akan memulai bisnis perawatan kulit.

1. Memiliki pengetahuan tentang produk skincare

Hal pertama dan terpenting dalam membuat bisnis skincare adalah pengetahuan tentang produk perawatan kulit tersebut. Anda harus mempelajari semua hal tentang produk perawatan kulit mulai dari yang paling umum hingga khusus. Dengan begini, Anda akan tahu betul kegunaan dan manfaat produk yang ingin dibuat.

Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari semua hal tentang produk perawatan kulit. Setidaknya, Anda harus memahami bagaimana cara membuat brand skincare sendiri mulai dari bahan yang digunakan, cara produksi, hingga pemilihan kemasan yang menarik. Pengetahuan yang memadai akan memudahkan Anda dalam proses produksi dan pemasaran nantinya.

2. Tentukan skincare apa yang akan dibuat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, produk skincare memiliki berbagai macam jenis dan manfaat. Jadi, langkah selanjutnya setelah memiliki semua pengetahuan tentang perawatan kulit adalah menentukan terlebih dahulu produk apa yang akan dibuat berdasarkan jenis dan fungsinya.

Produk perawatan kulit yang tersedia di pasaran memiliki beragam tujuan dan fungsi yang mirip meskipun kegunaannya berbeda. Misalnya, cara membuat brand skincare sendiri untuk produk sabun pembersih wajah saja juga sudah terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan jenis kulit dan kegunannya. Ada pembersih wajah untuk kulit berminyak, kering, berjerawat, memutihkan wajah, mengencangkan kulit, anti-aging dan lain-lain. Oleh karena itu, penting untuk menentukan dulu produk skincare seperti apa yang ingin Anda buat.

3. Konsep produk yang dikonsultasikan kepada Ahli

Setelah mengetahui produk apa yang ingin dibuat, maka langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan para praktisi kesehatan profesional terkait. Anda bisa berkonsultasi tentang konsep produk yang Anda dimiliki mulai dari bahan yang digunakan, teknik produksi, dan lama produksi.

Konsultasi ini akan membantu Anda memahami tingkat keamanan produk yang ingin Anda buat. Selain itu, para ahli juga bisa memberi saran atau pengetahuan tambahan sehingga Anda bisa mendapatkan cara membuat brand skincare sendiri dan teknik terbaik untuk memproduksi produk skincare Anda.

4. Buat sample produk skincare

Jika sudah yakin dengan produk yang Anda buat dan siap untuk menjualnya, maka langkah berikutnya adalah membuat sampel produk. Sampel ini dibuat agar Anda menjadi lebih yakin dengan produk yang akan dipasarkan ini.

Sampel ini selanjutnya akan dinilai kembali apakah berhasil lolos dari segala kriteria pengujian. Jika ternyata berhasil lolos dengan kriteria yang baik dan memuaskan, maka Anda baru bisa mulai memasuki tahap produksi secara massal.

5. Uji coba kelayakan produk

Sampel yang sudah dibuat harus melewati uji coba kelayakan produk. Untuk tahap awal, Anda bisa melakukan uji kelayakan kepada beberapa orang terlebih dahulu, Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah produk tersebut dapat bekerja sesuai dengan fungsi dan kegunaan yang diharapkan. 

Uji coba kelayakan ini harus dilakukan kepada sejumlah orang dengan jenis kulit yang berbeda. Jadi, Anda bisa mengetahui seberapa efektif produk tersebut digunakan pada bermacam-macam jenis kulit yang berbeda. Jika hasil pengujian baik dan memuaskan, maka Anda bisa mendaftarkan brand Anda ke lembaga yang berwenang. Uji coba kelayakan penting bagi proses cara membuat brand skincare sendiri produk Anda kedepannya.

6. Daftarkan ke lembaga kesehatan terkait untuk legalitas

Terakhir, cara membuat brand skincare sendiri dengan mendaftarkan legalitas skincare. Ketika uji kelayakan menunjukkan hasil yang positif, maka Anda harus mendaftarkannya dulu ke lembaga kesehatan yang berwenang sebelum memulai produksi massal. BPOM adalah lembaga kesehatan yang mengawasi dan berwenang tetang ijin edar produk. Jadi, pastikan Anda mendaftarkan produk ke lembaga ini.

Selain itu, jangan lupa pula untuk mendaftarkan sertifikat halal dari MUI agar masyarakat muslim juga tidak ragu menggunakan produk Anda. Dengan legalitas dan label keamanan yang jelas, konsumen akan dengan senang hati memilih produk Anda.

Baca juga: Sebelum Pakai, Begini Cara Cek Skincare BPOM Untuk Produk

Nah, itulah tadi berbagai macam hal yang perlu diketahui sebelum membuat produk skincare. Dengan pengetahuan tentang cara membuat brand skincare sendiri, tersebut, kini Anda bisa membuat produk skincare yang mampu bersaing di pasaran. Jadi, tunggu apa lagi?

You may also like

Leave a Comment