Home Bisnis Maklon Ko Mudah ya? 5 Syarat Maklon Herbal Sebelum Memulai Nih!

Ko Mudah ya? 5 Syarat Maklon Herbal Sebelum Memulai Nih!

by coriate

Setiap perusahaan yang menjual produk buatan sendiri pasti membutuhkan proses produksi sebelum produk tersebut siap jual. Proses produksi ini dapat memakan banyak biaya untuk berbagai hal seperti peralatan dan sumber daya manusia. Namun, Anda tidak perlu bingung karena terdapat jasa maklon yang siap membantu.

Salah satu jasa maklon yang ada adalah maklon herbal, yaitu pihak yang dikhususkan untuk membantu proses produksi usaha produk herbal. Untuk menggunakan jasa maklon produk herbal tersebut, penting bagi Anda untuk mengerti cara bekerja sama dengan pihak maklon herbal dengan mengikuti beberapa syarat maklon herbal di bawah.

Baca juga: Sudah Tahu? Ini Pengertian Jasa Maklon Serta Penerapannya

1. Kesepakatan Kerja Sama Biar Makin DEAL!!!

illustrasi dua orang sepakat melakukan kerja sama

Dalam menjalin sebuah kerja sama, kesepakatan di antara kedua belah pihak sangatlah penting. Di dalam kerja sama maklon herbal, kedua pihak yaitu pengguna dan pihak maklon herbal harus mencapai persetujuan tanpa adanya pihak yang dirugikan sebelum melanjutkan kerja sama.

Untuk hal ini, Anda sebagai pemilik usaha produk herbal yang akan menggunakan jasa maklon herbal harus berdiskusi dengan pihak maklon tersebut. Hal-hal yang bisa didiskusikan antara lain bahan baku yang digunakan, formula untuk pembuatan produk, alat yang digunakan, biaya jasa, dan lain sebagainya.

2. Harus! Memiliki Brand yang Sudah Mempunyai Legalitas Hukum!

Perlu ditekankan kembali bahwa pihak maklon herbal hanya menyediakan jasa untuk membantu proses produksi usaha produk herbal yang Anda miliki. Di sisi lain, urusan lain seperti distribusi dan penjualan berada di tangan Anda sebagai pemilik usaha sehingga usaha tersebut harus sudah memiliki merek yang legal di mata hukum.

Pihak maklon herbal tidak akan menerima permintaan Anda jika merek dari produk herbal yang Anda miliki tidak dilengkapi oleh legalitas hukum resmi. Pasalnya, pihak maklon herbal tidak akan bertanggung jawab atas segala pelanggaran hukum yang mungkin terjadi karena merek yang tidak legal.

Oleh karena itu, kelegalan merek perusahaan herbal menjadi salah satu syarat maklon herbal yang harus Anda penuhi sebelum menggunakan jasa tersebut.

3. Menyiapkan Berkas Penting yang Dibutuhkan

illustrasi orang sedang mengerjakan dokumen perusahaan

Untuk melakukan suatu hal yang resmi, seseorang harus menyiapkan berkas-berkas penting sesuai instruksi. Sama halnya dengan maklon herbal yang membutuhkan beberapa berkas dari Anda sebagai pemilik usaha produk herbal yang menggunakan jasa maklon tersebut.

Berkas-berkas penting yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • TDP ( Tanda Daftar Perusahaan)
  • Akte Perusahaan
  • SK Kemenkumham (Surat Keputusan Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia)
  • SIUP (Surat Izin Usaha dan Perdagangan)

Dari berkas-berkas di atas, Anda tidak harus menyiapkan SIUP jika usaha produk herbal Anda tidak memilikinya. Pasalnya, ada beberapa jenis usaha yang tidak diwajibkan untuk memiliki surat izin tersebut.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Mengurus SIUPL Usaha

Sementara itu, Anda tidak perlu repot untuk mengurus perizinan dari BPOM atau badan resmi lainnya, termasuk tidak perlu mempelajari cara mengurus sertifikat halal MUI. Hal ini dikarenakan pihak maklon herbal akan membantu Anda mengurus bermacam perizinan tersebut.

4. Perlu Disiapin! Ide Konsep Produk yang Akan Dibuat!

illustrasi lampu sebagai ide

Produk tidak dapat diproduksi dengan benar tanpa adanya konsep produk yang tepat. Oleh karena itu, konsep produk herbal yang akan dibuat harus sudah disiapkan sebelum melanjutkan proses maklon herbal.

Jika Anda sudah memiliki atau mau menyiapkan konsep produk herbal Anda sendiri, Anda dapat menyampaikan konsep tersebut kepada pihak maklon herbal. Anda bisa meminta saran dan masukan dari mereka mengenai konsep yang sudah Anda sampaikan.

Bahkan, pihak maklon herbal juga bisa membantu jika Anda kesulitan menyusun konsep produk herbal. Pelayanan ini dapat Anda manfaatkan dengan baik jika Anda belum terlalu ahli dalam dunia usaha produk herbal.

Baca juga: GO! Ini 8 Strategi Bisnis Maklon Herbal, Pasti Dilirik Konsumen!

5. Terakhir Jangan Lupa Siapkan Biayanya Ya!

illustrasi orang sedang menghitung uang

Di dunia bisnis, tidak ada hal yang sepenuhnya tanpa biaya jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari hal tersebut. Anda harus memperhitungkan estimasi biaya maklon herbal yang akan digunakan. Pastikan juga, Anda sanggup untuk membayar biaya tersebut.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Dari bermacam contoh produk maklon yang ada, biaya maklon bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Dengan biaya yang Anda keluarkan, bisa dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan keuntungan menggunakan jasa maklon produk herbal. Hal tersebut tentunya dapat memajukan usaha produk herbal Anda.

Jika Anda masih merasa bahwa biaya jasa maklon herbal terlalu tinggi, Anda dapat membandingkannya dengan biaya lain. Sebut saja, biaya tenaga kerja profesional, tempat untuk produksi, dan peralatan yang dibutuhkan sekaligus perawatannya. Biaya yang Anda keluarkan tentu jauh lebih besar.

Baca juga: Oh, Segini? 5 Jenis Biaya Maklon Kosmetik Penting Buat Tau!

Setelah Anda memahami beberapa syarat maklon herbal di atas, Anda bisa mulai untuk mempersiapkan syarat-syarat tersebut. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa maklon karena terdapat banyak keuntungan dan manfaat jasa maklon, terutama dari jasa maklon herbal. 

You may also like

Leave a Comment