Home Seputar Kecantikan Kenali Sejak Dini! Simak Ciri Ciri Skincare Tidak Cocok di Wajah!

Kenali Sejak Dini! Simak Ciri Ciri Skincare Tidak Cocok di Wajah!

by coriate

Saat ini ada banyak sekali produk skincare beredar di pasaran. Namun menemukan yang cocok di kulit dan memberikan efek terbaik bukanlah hal mudah. Lalu, bagaimana cara mengenali ciri-ciri skincare tidak cocok di kulit kita? Berikut ulasannya!

Cara Mengetahui Skincare Cocok dengan Kulit

Sebelum membahas tentang ciri-ciri produk perawatan wajah tidak cocok untuk kita gunakan, mari kita bahas cara mengetahui skincare yang cocok di kulit.

1. Kulit Tampak Lembap dan Kenyal

kulit lembab

Salah satu fungsi utama skincare adalah untuk melembapkan kulit. Jadi ketika kulit tampak lebih lembap dan kenyal, berarti produk yang kita pakai telah bekerja dengan baik. Lembap tentu berbeda dengan berminyak, untuk memastikannya sentuhlah wajah dengan jari yang bersih.

Kulit lembap tidak akan meninggalkan kesan licin karena produksi sebum yang berlebih seperti halnya kulit berminyak. Selain itu, kulit lembap juga terlihat lebih sehat serta cerah karena tidak ada sisa-sisa kulit mati tertinggal.

Baca juga: Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

2. Kulit Tidak Memerah

kulit tidak memerah

Kulit memerah artinya wajah sedang mengalami iritasi karena paparan zat kimia tertentu. Selain karena iritasi, kulit memerah juga disebabkan oleh pengelupasan kulit. Kondisi semacam ini terjadi akibat terkikisnya minyak alami kulit karena zat yang terkandung dalam skincare terlalu keras.

Jadi apabila penggunaan skincare dalam waktu lama tidak menimbulkan iritasi, membuat kulit wajah kering, atau menimbulkan kemerahan, bisa disimpulkan bahwa produk perawatan wajah yang sedang dipakai cukup aman dan cocok dengan kondisi kulit kita.

3. Kulit Lebih Cerah

kulit lebih cerah

Ciri ciri lain skincare cocok di kulit adalah kulit tampak lebih cerah setelah jangka waktu tertentu. Hal ini menunjukkan bahwa fungsi lain skincare sebagai pencerah kulit bekerja dengan baik. Kulit cerah tidak sama dengan kulit putih sebab warna kulit setiap orang berbeda.

Jadi meskipun setelah pakai skincare wajah tidak menjadi putih tetapi terlihat lebih cerah dan tidak kusam, produk perawatan yang digunakan bisa dipastikan cocok atau sesuai dengan kondisi kulit. 

4. Warna Kulit Rata

warna kulit tidak rata

Seringkali kita melihat seseorang yang memiliki warna kulit berbeda di beberapa bagian wajahnya seperti hidung, dagu, dan dahi. Hal ini biasanya terjadi karena adanya ruam atau kusam pada bagian tersebut akibat iritasi yang disebabkan oleh paparan zat tertentu.

Inilah mengapa ketika sedang menggunakan produk perawatan wajah dan warna kulit tampak merata, berarti skincare yang digunakan cocok dan sesuai dengan kondisi kulit. 

5. Kulit Tidak Gatal

kulit tidak gatal

Indikasi lain bahwa produk perawatan cocok di kulit kita adalah tidak timbulnya gatal. Seperti bagian tubuh lainnya, kulit akan menimbulkan reaksi tertentu apabila ada zat atau kandungan yang tidak cocok. Salah satu reaksi yang seringkali muncul adalah gatal dan kemerahan.

Inilah mengapa ketika kulit tidak gatal saat kita sedang menggunakan produk perawatan wajah tertentu, tandanya produk tersebut cocok di kulit dan bisa dipertimbangkan untuk dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ciri-Ciri Skincare Tidak Cocok Di Wajah dan Kulit

Setelah membahas tentang beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa suatu produk perawatan wajah cocok dengan kulit kita, selanjutnya mari kita bahas ciri ciri skincare tidak cocok di wajah. 

1. Kulit Terasa Panas dan Menyengat

kulit terasa panas

Salah satu reaksi kulit apabila mengalami kontak dengan zat atau kandungan yang tidak cocok adalah timbulnya rasa panas dan menyengat pada kulit wajah. Jika ini yang kita alami setelah menggunakan produk perawatan tertentu, bisa dipastikan bahwa produk tersebut tidak perlu diteruskan penggunaannya.

Baca juga: Jangan Asal Pilih! Kenali Ciri Ciri Krim Wajah Berbahaya

2. Kulit Kering dan Mengelupas

kulit kering
Kulit kering dan mengelupas adalah salah satu ciri ciri skincare tidak cocok di wajah

Ciri ciri skincare tidak cocok lainnya adalah kulit menjadi kering atau bahkan mengelupas. Hal ini terjadi karena efek iritasi yang timbul akibat paparan dengan kandungan tertentu. Selain itu, kulit kering juga bisa dialami ketika kita menggunakan produk perawatan wajah yang kadar pH-nya tidak normal.

Beberapa produk mungkin memang memiliki efek purging, atau pengelupasan sel-sel kulit mati akibat detoksifikasi yang dilakukan oleh salah satu kandungan skincare. Namun purging biasanya tidak akan berlangsung lama dan kulit yang mengelupas akan segera digantikan dengan kulit lembap.

Jadi ketika kulit menjadi kering lalu mengelupas, apalagi timbul ruam kemerahan. Sebaiknya hentikan pemakaian skincare sebab hal tersebut adalah ciri bahwa produk perawatan wajah tidak cocok dengan kondisi kulit.

Baca juga: Ya Ampun, Di Cek Dulu Sini! 5 Cara Mengatasi Alergi Kosmetik!

3. Kulit Memerah

ciri ciri skincare tidak cocok kulit merah

Sebagaimana yang sempat dibahas sebelumnya, jika setelah penggunaan suatu produk skincare kulit menjadi kemerahan maka bisa dipastikan bahwa itu menjadi salah satu ciri ciri skincare tidak cocok di wajah dan di kulitmu. Kemerahan yang dimaksud adalah timbulnya ruam-ruam dan iritasi pada beberapa atau seluruh bagian wajah.

Warna kulit kemerahan tentu berbeda dengan merona. Merona biasanya timbul akibat sehatnya kulit pada seseorang yang memiliki kulit putih. Merona tidak timbul dibarengi dengan iritasi serta rasa panas menyengat. Jadi, tahu kan apa yang harus dilakukan saat kulit menjadi kemerahan? Ya, jika mendapat ciri ciri skincare tidak cocok seperti ini, segera ganti produk perawatan wajahmu dengan yang baru. 

4. Kulit Kusam

ciri ciri skincare tidak cocok kulit kusam

Seperti halnya kemerahan, kulit kusam timbul akibat adanya iritasi dan ruam pada kulit wajah. Ketika ini yang dialami, bisa dipastikan bahwa produk perawatan wajah yang dipakai tidak cocok untuk kamu. Selain karena iritasi dan ruam, kusam juga bisa disebabkan oleh tidak sempurnanya proses pengangkatan kulit mati.

Untuk mengembalikan warna kulit yang kusam akibat kesalahan penggunaan skincare, hentikan pemakaian produk dan berhenti menggunakan segala bentuk skincare selama beberapa saat hingga iritasi berkurang. Untuk sementara waktu, bersihkan wajah dengan produk netral seperti sabuh wajah ber-pH normal sebelum nantinya menggunakan skincare baru. 

5. Kulit Terasa Gatal

ciri-ciri skincare tidak cocok kulit gatal

Ciri lain bahwa produk perawatan yang dipakai kurang cocok di wajah adalah, timbulnya rasa gatal pada kulit. Gatal ini bisa diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya reaksi alergi pada zat atau bahan tertentu yang terkandung pada suatu produk skincare.

Gatal yang timbul bukan sekadar gatal yang hilang ketika digaruk. Gatal tersebut biasanya dibarengi dengan timbulnya ruam dan kemerahan pada kulit atau munculnya rasa panas menyengat yang membuat wajah tidak nyaman. Jika ini yang dialami, segera ganti produk perawatan wajah kamu.

6. Kulit Menjadi Gelap

ciri ciri skincare tidak cocok warna kulit tidak rata

Meskipun jarang terjadi, munculnya bintik-bintik (bruntusan) di sebagian atau seluruh area wajah hingga menyebabkan warna kulit semakin gelap bisa dialami ketika kita tidak cocok menggunakan produk skincare tertentu. Ketika hal ini terjadi, hentikan penggunaan produk tersebut dan konsultasikan masalah ini ke ahlinya.

Dokter dan ahli kecantikan biasanya lebih tahu treatment apa yang tepat untuk mengatasi hal ini. Jangan coba-coba langsung mengganti skincare dan menggunakan krim pencerah kulit sembarangan sebab kita tidak tahu apakah kandungan di dalamnya bisa mengembalikan warna kulit atau malah memperburuk kondisi kulit kamu.

Nah, itulah ulasan tentang ciri ciri skincare tidak cocok di wajah. Menghentikan penggunaan produk perawatan wajah untuk sementara adalah langkah yang harus dilakukan. Jika perlu, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter kulit supaya kita menemukan solusi tepat atas masalah yang timbul karena ketidakcocokan ini.

Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment