Home Seputar Kesehatan Keluarin Racun! Nih,7 Cara Detoksifikasi Tubuh Secara Alami!

Keluarin Racun! Nih,7 Cara Detoksifikasi Tubuh Secara Alami!

by coriate

Detoksifikasi merupakan salah satu upaya dalam menjaga kesehatan dengan membuang racun yang tersimpan dalam tubuh. Hal itu tidak lepas dari paparan bahan kimia yang setiap hari menimpa tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan cara detoksifikasi tubuh secara tepat biar setiap organ mampu menjalankan fungsinya dengan baik. 

Tubuh sebenarnya sudah mempunyai mekanisme detoksifikasi secara alami, yaitu melalui keringat, feses, atau air kencing. Namun, upaya detoksifikasi alami tersebut masih belum cukup. Anda perlu mempraktikkan cara detoksifikasi tubuh secara alami dan tepat untuk memperoleh hasil yang optimal. Dengan begitu, tubuh bisa lebih bugar dan fit. 

Jenis Makanan Untuk Detox Racun dalam Tubuh

Solusi alami mengatasi berbagai racun yang menumpuk dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi jenis makanan untuk detox racun dalam tubuh. Jenis makanan itu antara lain:

1. Buah Lemon

Agungsejahteragroup Buah Lemon 1170 x 780

Kadar vitamin C dan antioksidan yang tinggi membuat banyak orang menggunakan buah lemon sebagai salah satu jenis makanan untuk detox racun dalam tubuh. Selain itu, lemon juga bisa menjadi minuman segar dan sehat yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, menghilangkan stress dan menyehatkan organ hati.

Cukup mudah juga mengonsumsi buah ini tanpa mengurangi khasiatnya. Cukup ambil satu buah lemon, peras airnya, campur dengan satu gelas air hangat dan sedikit madu sebagai pemanis. Lemon hangat siap menemani Anda menyantap menu sarapan pagi.

2. Tanaman Jahe

Agungsejahteragroup Jahe 1170 x 780

Siapa yang tidak kenal tanaman jahe? Tanaman yang tumbuh subur di dataran tropis ini tidak hanya menjadi bahan untuk bumbu masakan. Tapi juga sebagai bahan rempah atau herbal minuman detox tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi membantu meningkatkan kinerja ginjal.

Jahe juga mengandung gingerol yang cukup tinggi. Ini juga yang membuat jahe dipercaya mampu memberi efek yang baik pada saluran pencernaan. Anda bisa membuat minuman jahe hangat atau bisa juga mencampurkannya dalam bumbu masakan agar bisa merasakan manfaatnya.

3. Bawang Putih

Agungsejahteragroup Garlic 1170 x 780

Sejak jaman dahulu banyak yang percaya bahwa bawang putih menjadi bahan makanan yang mampu mengeluarkan racun dalam tubuh. Karena bawang putih mengandung zat antioksidan, anti bakteri, dan anti kanker yang sangat tinggi. Sehingga mampu mendetox racun dari dalam tubuh. Termasuk pada organ usus.

Bawang putih juga mampu meningkatkan fungsi saluran pernapasan. Dengan cara mengeluarkan penumpukan lendir pada paru-paru. Pastikan memasukkan bawah putih pada setiap menu masakan harian untuk menikmati manfaatnya.

4. Seledri

Agungsejahteragroup Seledri 1170 x 780

Bicara masalah detoxifikasi tubuh tidak akan terlepas dari sayuran yang segar bernama seledri. Pasalnya, sayuran dengan aroma sedikit menyengat ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sehingga mampu membantu detox sel kanker yang ada dalam tubuh.

Tak hanya sampai di situ saja. Bagi Anda perokok aktif, jangan lupa untuk mengonsumsi jus seledri secara berkala. Karena seledri juga mampu mengeluarkan berbagai racun dalam tubuh yang bersumber dari rokok.

5. Umbi Bit Merah atau Buah Bit

Agungsejahteragroup Umbi Merah 1170 x 780 1

Buah bit biasa menjadi andalan bagi para penderita anemia. Karena zat besi yang tinggi pada buah bit mampu menambah jumlah hemoglobin dalam tubuh.

Selain itu, buah yang termasuk keluarga umbi-umbian ini juga mengandung vitamin C dan magnesium yang tinggi. Menjadikannya buah yang bermanfaat untuk mendetox organ hati. Bagus juga untuk meningkatkan keindahan rambut, menjaga kesehatan kulit dan menurunkan kadar kolesterol. Cara mengonsumsinya sangat mudah. Bisa dibuat jus, dicampur dengan salad sayuran, atau olahan menu makanan lainnya.

Baca juga: Sehat itu Penting, Intip Cara Meningkatkan Imun Tubuh Di Sini!

6. Teh Hijau

Agungsejahteragroup Green Tea Teh Hijau 1170 x 780

Teh hijau mengandung antioksidan paling tinggi melebihi banyak makanan dan minuman lainnya. Maka wajar jika teh hijau sangat penting untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Segelas teh hijau di pagi hari mampu mengusir racun berbahaya dari tubuh.

7. Kubis atau Tanaman Kol

Agungsejahteragroup Kubis Kembang Kol 1170 x 780

Peran kubis atau tanaman kol adalah membantu hati untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Kol kaya akan antioksidan yang tinggi dan senyawa anti kanker. Yang akan membuang berbagai racun yang bisa menyebabkan kanker dalam tubuh.

Selain itu, kol juga mengandung senyawa yang membantu membersihkan saluran pencernaan. Dan juga membuang racun yang berasal dari asap rokok. Sayangnya, kol juga mengandung gas yang banyak. Sebaiknya hindari mengonsumsi kol secara berlebihan bagi Anda penderita kelebihan asam lambung.

8. Buah-buahan Segar

Agungsejahteragroup Buah buahan 1170 x 780

Apel, belimbing, jeruk Bali, jeruk peras, dan beberapa buah segar lainnya mengandung banyak zat antioksidan dan kadar vitamin C yang tinggi. Dimana kedua zat ini sangat diperlukan untuk membuang berbagai racun yang berbaya dalam tubuh.

Perbanyak mengonsumsi buah-buahan segar agar tubuh selalu sehat. Dan terhindar dari berbagai macam racun berbahaya.

Baca juga: Cari Tau Mengenai Sistem Kekebalan Tubuh Biar Makin Sehat

9. Beras Merah

Agungsejahteragroup Beras Merah 1170 x 780

Selain mengandung karbohidrat, serat, dan protein, beras merah juga mengandung natrium dan zat besi dalam jumlah banyak. Inilah sebabnya banyak yang mengonsumsi beras merah dan menjadikannya salah satu jenis makanan untuk detox racun dalam tubuh.

10. Selada Air

Agungsejahteragroup Selada Air 1170 x 780

Segar dan kaya manfaat. Itulah kesan pertama yang bisa semua orang lihat ketika menemukan selada air. Namun dibalik kesegarannya, selada air juga kaya akan fosfor, kalium, magnesium, dan antioksidan. Sehingga bisa menjadi andalan bagi Anda yang ingin melakukan proses detoxifikasi dengan mudah dan aman.

7 Tips Jitu Cara Detoksifikasi Tubuh Secara Alami

Lalu, bagaimana cara detoksifikasi tubuh secara alami yang benar? Ada 7 tips yang bisa Anda praktikkan sebagai upaya mengeluarkan racun dalam tubuh, yaitu: 

1. Makan Makanan Tinggi Prebiotik

Cara Detoksifikasi Tubuh secara alami dengan makanan tinggi prebiotik

Cara detoksifikasi tubuh mempunyai kaitan erat dengan sistem pencernaan dalam tubuh. Prebiotik merupakan jenis makanan yang berperan dalam mendorong pertumbuhan bakteri baik yang bekerja dalam melancarkan sistem pencernaan. 

Prebiotik adalah jenis makanan berupa serat yang tidak bisa dicerna secara langsung oleh tubuh. Namun, konsumsi prebiotik dapat membantu bakteri baik yang biasa disebut sebagai probiotik tumbuh dan berkembang. Bakteri probiotik inilah yang punya peran penting dalam menjaga kesehatan serta kelancaran sistem pencernaan. 

Jenis makanan yang mempunyai kandungan prebiotik umumnya berupa buah-buahan dan sayur. Contohnya antara lain adalah pisang, bawang bombai, oat, bawang putih, dan apel. Anda dapat mengomsumsi langsung atau suplemen herbal yang mengandung probiotik.

2. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

cara detoksifikasi tubuh secara alami dengan makanan kaya antioksidan

Cara selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mempunyai kandungan antioksidan tinggi. Senyawa antioksidan dalam tubuh mempunyai peran sebagai pembersih sekaligus pelindung tubuh dari dalam. 

Selain itu, keberadaannya juga dapat melawan radikal bebas yang yang masuk dalam tubuh, seperti sinar matahari, bahan kimia industri, asap rokok, dan lain sebagainya. Dengan begitu, tubuh jadi lebih sehat dan racun-racun yang ada di dalam juga bisa keluar. 

Ada banyak jenis senyawa antioksidan yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara detoksifikasi tubuh secara alami, di antaranya adalah:

  • Vitamin C. Jenis antioksidan yang paling mudah Anda dapatkan adalah vitamin C. Kandungan antioksidan dalam vitamin C bisa diserap tubuh dengan mudah. Oleh karena itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan bervitamin C tinggi seperti jeruk, jambu biji, pepaya, mangga, dan lain-lain.
  • Alpha Lipoic Acid (ALA). ALA merupakan suplemen antioksidan yang dapat membantu dalam mengobati rasa nyeri yang diakibatkan oleh neuropati diabetik. Konsumsi ALA dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat serta berat badan yang dialami oleh penderita obesitas. 

Selain berfungsi dalam memerangi radikal bebas, ALA dapat membantu dalam menjaga keseimbangan vitamin C dan E dalam tubuh. Anda bisa memperoleh asupan ALA dari berbagai jenis makanan, seperti brokoli, bayam, wortel, tomat, dan semacamnya. 

  • Selenium. Senyawa selenium merupakan mineral berikutnya yang punya kandungan antioksidan tinggi. Konsumsi bahan makanan dengan kandungan selenium berpotensi menurunkan risiko penyakit kanker prostat, kanker kandung kemih, dan meningkatkan kesehatan jantung.
  • N-Acetyl-L-Cysteine (NAC). Jenis antioksidan selanjutnya adalah NAC. Senyawa ini kerap disebut sebagai bahan yang sangat bagus dalam mencegah penyakit kanker. Di waktu yang sama, NAC dapat bekerja dalam mengikat racun yang ada di dalam liver. 

3. Minum Air Putih yang Cukup

cara detoksifikasi tubuh secara alami dengan minum air

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan racun dalam tubuh adalah penuhi kebutuhan asupan air putih. Lalu, seberapa banyak air putih yang perlu Anda minum setiap hari? Jumlah kebutuhan air minum setiap orang bergantung dengan berat badan masing-masing. Hanya saja, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum setidaknya 8 gelas ukuran 230 ml atau 2 liter air per hari. 

Indikator yang dapat Anda jadikan patokan dalam upaya pemenuhan air putih untuk tubuh adalah warna urine. Kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi ketika Anda mendapati urine dengan warna putih. Kalau urine berwarna gelap, maka Anda masih perlu tambahan air putih.

4. Kurangi Asupan Gula dan Makanan Olahan

cara detoksifikasi tubuh secara alami menghindari makanan gula

Gula merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, tingkat konsumsinya harus Anda batasi. Orang dewasa disarankan mengonsumsi gula dengan jumlah 50 gram per hari, setara 12 sendok teh. Sementara itu, mereka yang berusia 2-18 tahun disarankan mengonsumsi gula tak boleh melebihi 6 sendok teh per hari.

Selain gula, Anda juga perlu mengurangi konsumsi makanan olahan. Contoh sajian yang termasuk makanan dan minuman olahan di antaranya adalah makanan siap saji, makanan ringan, es krim, minuman berkarbonasi, dan lain sebagainya. 

Konsumsi makanan olahan serta gula yang berlebih dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis. Di waktu yang sama, konsumsi gula dan makanan olahan juga menimbulkan beban kerja yang lebih berat bagi pankreas dalam upaya memproduksi insulin

5. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

cara detoksifikasi tubuh secara alami tidur cukup

Kalau Anda ingin melakukan detoksifikasi, usahakan untuk mengalokasikan waktu istirahat yang cukup. Bukan sekadar tidur, melainkan tidur yang berkualitas. Kebutuhan waktu istirahat harian rata-rata adalah sekitar 7-8 jam. 

Lalu, apakah tidur yang selama ini Anda lakukan merupakan jenis tidur yang berkualitas? Untuk mengetahuinya, ada beberapa ciri yang bisa Anda jadikan indikator, yaitu: 

  • Tidak sulit dalam mengawali tidur. Seseorang yang tidur berkualitas bisa mulai tertidur hanya dalam waktu 30 menit dan bahkan kurang. 
  • Tidak mudah terbangun di tengah malam. Kalaupun Anda bangun di tengah malam, tidak ada kesulitan untuk memulai tidur kembali. 

Selain membantu dalam proses detoksifikasi, tidur berkualitas dengan waktu yang cukup dapat menunjang aktivitas harian Anda. Anda jadi lebih produktif dan tidak mudah stres. 

6. Batasi Konsumsi Alkohol

komsumsi alkohol

Kalau Anda ingin sehat dan racun dalam tubuh hilang, jauhkan diri dari kebiasaan minum minuman beralkohol. WHO mengungkapkan kalau tingkat kematian akibat minuman beralkohol sangat tinggi, mencapai 3 juta orang per tahun. 

Kebiasaan mengonsumsi alkohol berpengaruh buruk pada organ hati. Alhasil, hati tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik dalam menetralkan racun ataupun membantu proses pencernaan makanan. 

Selain menghindari minuman yang mengandung alkohol, kurangi pula kebiasaan merokok serta minum kopi. Rokok punya kandungan nikotin yang merupakan racun bagi tubuh. Demikian pula kafein dalam kopi. Sebagai gantinya, Anda bisa membiasakan minum teh hijau yang lebih menyehatkan.

7. Aktif Bergerak

senam

Cara detoksifikasi tubuh secara alami yang terakhir adalah membiasakan diri untuk aktif bergerak. Kalau perlu, Anda dapat mengalokasikan waktu secara khusus untuk olahraga, baik di pagi ataupun sore hari. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan upaya detoksifikasi tubuh secara alami melalui keringat. 

Ada banyak jenis racun dalam tubuh yang bisa Anda keluarkan lewat keringat, di antaranya adalah kadmium, timbal, arsenik, dan bahkan merkuri. Lalu, seberapa lama waktu berolahraga yang perlu Anda lakukan setiap hari? Minimal adalah 30 menit per hari. Itulah tips lengkap yang bisa membantu Anda dalam cara detoksifikasi tubuh secara alami. Anda bisa mempraktikkannya dengan mudah, kan?

You may also like

Leave a Comment