Home Seputar Kecantikan Jangan Sampai Salah, Begini Urutan Make Up yang Benar

Jangan Sampai Salah, Begini Urutan Make Up yang Benar

by coriate

Bagi kamu yang kerap melakukan aktivitas di luar rumah, penampilan tentu harus menjadi perhatian. Selain dengan memilih baju yang bagus, tampila wajah juga harus dimaksimalkan dengan penggunaan make up. Agar hasilnya maksimal, kamu harus memilih produk yang tepat dan urutan make up yang tepat pula.

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin terlihat lebih cantik serta tampil lebih percaya diri dengan make up, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Simak lebih jauh mengenai fungsi make up dan urutan make up yang benar dalam ulasan berikut ini!

Fungsi Make Up bagi Wajah

make up wajah

Penggunaan make up ternyata bukan sebuah tren baru. Make up sudah dipakai sejak lebih dari 6.000 tahun yang lalu sejak zaman Mesir kuno. Ini terlihat dari eyeliner yang berkarakter dari wanita bahkan pria di zaman tersebut. Menggunakan make up ternyata memiliki banyak fungsi atau manfaat. Simak beberapa di antaranya berikut ini!

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Jika kamu pernah menggunakan make up, kamu tentu melakukannya untuk satu tujuan: membuat penampilan jauh lebih menarik. Faktanya memang benar bahwa make up bisa membuat orang yang memakainya menjadi lebih percaya diri.

Menurut Harvard Medical School dan Universitas Chieti Amerika Serikat di Italia, aplikasi riasan pada wajah bisa menyebabkan efek samping psikologis yang disebut dengan “efek lipstik/lipstick effect”. Singkatnya, efek lipstik merupakan fenomena psikologis yang terjadi berupa peningkatan rasa percaya diri yang muncul pada orang yang menggunakan make up. Ketika mengaplikasikan lipstik, orang-orang cenderung akan merasa lebih menarik sehingga mendongkrak kepercayaan diri.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Fungsi lain dari penggunaan make up adalah kemampuannya dalam menjaga kesehatan kulit. Berbagai produk riasan yang dijual di pasaran saat ini mengandung banyak formula yang baik untuk kulit. Misalnya saja SPF yang bisa melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari dan masih banyak kandungan lainnya.

3. Meningkatkan Tampilan Wajah Secara Keseluruhan

Berbagai trik make up bisa membantu kamu meningkatkan tampilan wajah secara keseluruhan. Menurut Diana Jennings dari imageconsultantorangecounty.com, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fitur wajah dengan menggunakan make up:

  • Penggunaan pensil alis akan membantu mengisi celah samar sehingga memberikan efek simetris pada wajah dan membingkai mata
  • Penggunaan eyeliner dan maskara akan mempertegas bentuk mata sehingga lebih menonjol
  • Mengaplikasikan perona warna pipi akan membuat kulit terlihat lebih sehat dan bersinar serta membantu memberi dimensi pada tulang pipi
  • Jika kamu memiliki warna kulit yang tidak rata atau bernoda, aplikasi foundation dan bedak ringan akan membantu mengatasinya.

Urutan Menggunakan Make Up Sehari-hari

Dengan begitu banyak varian produk make up, kamu yang masih pemula mungkin akan merasa bingung dalam pengaplikasiannya. Urutan dalam penggunaan make up yang benar tidak hanya akan memudahkanmu merias wajah tapi juga memberikan tampilan cantik yang kamu dambakan. Agar hasilnya maksimal, simak langkah demi langkahnya berikut ini!

1. Mencuci Wajah dan Menggunakan Pelembap

face wash

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum mengaplikasikan make up adalah membersihkan wajah dengan pencuci. Selanjutnya, aplikasikan pelembap. Ada berbagai tipe pelembap yang bisa kamu pilih mulai dari face mist hingga minyak. Aplikasikan dengan benar sebelum meneruskan ke tahapan berikutnya.

2. Aplikasikan Primer

urutan make up primer

Setelah kulit dilembapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan wajah dengan menggunakan primer. Baik aplikasi alas bedak tipis maupun riasan wajah penuh, primer merupakan step pertama yang krusial. Mengaplikasikan primer akan membuat tampilan riasanmu tahan lebih lama.

Jadi, apa sebenarnya primer itu? Primer bisa diumpamakan sebagai dasar untuk foundation yang akan membuatnya lebih halus dan tahan lama. Primer adalah krim halus dan gel yang akan mengisi pori-pori dan kerutan di wajah, membuat tekstur tidak rata menjadi lebih halus dan menciptakan kanvas yang sempurna untuk riasanmu.

3. Aplikasikan Foundation

urutan make up foundation

Kunci penting saat menemukan foundation alias alas bedak adalah menentukan warna yang tepat untuk kulitmu. Pemilihan shade yang salah bisa membuat tampilan wajah menjadi kurang maksimal. Jadi, bagaimana cara memilihnya? Uji alas bedak pada garis rahangmu. Jika warnanya menghilang tanpa adanya campuran, artinya shade-nya cocok dengan warna kulitmu.

4. Aplikasikan Concealer

urutan make up concealer

Ada dua jenis umum dari concealer yakni concealer likuid dan stick atau compact. Concealer likuid sangat cocok jika kamu membutuhkan sentuhan ringan di sebagian besar area wajah. Kalau kamu ingin tampilan akhir yang lebih alami khususnya di area kerutan, concealer likuid juga cocok diaplikasikan.

Di sisi lain, concealer compact dan stick sangat cocok untuk coverage yang lebih tebal di bagian wajah yang lebih spesifik dan sempit. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan shade concealer dengan warna kulit wajahmu.

5. Mengaplikasikan Foundation Bubuk

urutan make up foundation bubuk

Mengaplikasikan alas bedak serbuk memang sedikit tricky. Kalau terlalu tipis, hasilnya mungkin tidak akan terlihat. Sebaliknya, terlalu tebal juga akan membuat tampilan wajah menyerupai kue. Caranya adalah gunakan brush bedak yang berukuran besar dengan bulu halus. Mulailah dengan mengoleskan bedak tipis ke semua bagian wajahmu. Tekan bulu kuas ke dalam foundation bubuk, kemudian usapkan ke seluruh kulit dengan gerakan yang melengkung dan panjang.

6. Menggunakan Bronzer

urutan make up bronzer

Bronzer bisa membuat tampilan kulitmu terlihat bersinar. Manfaatkan kuas bronzer khusus untuk menyapukan warna cokelat keemasan ke seluruh wajah. Kuas bronzer umumnya dibuat dengan bulu yang lebih banyak dan rapat agar hasil polesannya ke wajah terlihat lebih maksimal.

7. Gunakan Blush On

urutan make up blush on

Selama berabad-abad, rona pipi yang merah adalah andalan untuk mendapatkan tampilan yang glamor. Kalau kamu ingin terlihat tampil lebih segar, menggunakan perona pipi atau blush on merupakan kunci dari riasanmu. Aplikasikan blush on dengan kuas tebal dan banyak bulu agar hasil setiap sapuannya optimal.

8. Highlighter

urutan make up  highlighter

Highlighter yang sesuai bisa memberikan sedikit sentuhan glam and glow pada tampilan riasanmu. Baik kamu memilih tampilan alami atau menginginkan gaya yang cantik dan berani, highlighter bisa melengkapi aplikasi riasanmu.

9. Eyeshadow

urutan make up eyeshadow

Eyeshadow bisa memberi daya tarik tambahan pada tampilan make up kamu. Baik riasan dengan warna netral atau warna-warni yang berani. Apa pun gaya yang kamu inginkan, ambil dua eyeshadow untuk saling melengkapi: satu warna yang lebih terang dan warna lainnya yang lebih gelap.

10. Eyeliner

Eyeliner 1170 x 780px

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi eyeliner bisa membuat tampilan mata lebih menonjol. Pastikan kamu menggunakannya dengan cara yang benar untuk membuat wajah semakin atraktif.

11. Maskara

Maskara 1170 x 780px

Kalau kamu hanya ingin menggunakan beberapa item make up saja, maskara harus menjadi salah satu dari pilihan utama. Beberapa usapan maskara bisa membuat mata tampak lebih bersinar.

12. Lipgloss dan Lipstik

lipgloss dan lipstik

Dapatkan efek lipstik dengan memilih pemulas bibir yang sesuai dengan gaya dandananmu. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap terlebih dahulu agar hasilnya maksimal.

Baca juga: Ladies! Macam-Macam Kosmetik Bibir Ini Udah Tahu Belum?

13. Gunakan Setting Spray dan Setting Powder

setting spray

Setting spray atau setting powder dapat memberikan sentuhan akhir yang sempurna untuk make up kamu. Jika kamu menginginkan riasan yang awet sepanjang hari, pilihlah produk setting yang berkualitas.  

Dengan menggunakan urutan make up yang tepat, kamu bisa mendapatkan tampilan cantik yang kamu dambakan. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment