Home Seputar Kecantikan Jangan Salah! Ini Perbedaan Skincare dan Make Up Kalian

Jangan Salah! Ini Perbedaan Skincare dan Make Up Kalian

by coriate

Setiap orang tentu ingin tampil sehat dan menawan sepanjang hari. Jadi untuk memastikan hal ini, banyak orang rela merogoh kantong hingga dalam untuk membeli produk-produk skincare dan make up. Meski demikian tahukah Anda bahwa skincare dan make up itu ternyata berbeda?

Hingga kini, ternyata masih banyak yang belum benar-benar memahami perbedaan skincare dan make up. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas perbedaan skincare dan make up secara lengkap.

Dari Pengertiannya Skincare Vs Make up

perbedaan skincare dan make up

Berdasarkan pengertiannya, skincare dan make up jelas jauh berbeda. Skin care dalam bahasa Indonesia berarti perawatan kulit. Artinya, produk-produk yang termasuk skincare memiliki fungsi untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit agar bersih dan sehat.  Produk skincare dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti kusam, jerawat, iritasi, dan lain-lain. Selain itu, produk ini umumnya juga dibedakan ke dalam beberapa jenis lagi sesuai dengan jenis kulit. 

Make up dalam bahasa Indonesia berarti berhias atau berdandan. Jadi, tujuan utama pemakaian make up adalah sebagai dekorasi atau untuk memperindah bagian-bagian tertentu dalam wajah. Jadi, kegiatan memakai make up bisa dibilang menyerupai menggambar atau melukis, hanya saja medianya bukanlah kanvas, melainkan wajah.

Produk make up umumnya tidak memiliki manfaat untuk menyehatkan atau memperbaiki kondisi kesehatan kulit. Meski demikian, dalam beberapa tahun terakhir memang mulai bermunculan produk make up yang juga disertai dengan manfaat skincare ataupun sebaliknya, yaitu produk skincare dengan kemampuan sebagai make up juga.

Beberapa contoh produk dengan manfaat dan kegunaan ganda tersebut misalnya adalah tinted moisturizer, maskara yang mengandung serum, foundation yang mengandung sunscreen, dan lain-lain.

Harga Skincare vs Make Up

Perbedaan skincare dan make up dari segi harga bisa terbilang cukup mencolok. Produk perawatan kulit umumnya dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan make up. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat fungsi utama skincare adalah untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit untuk jangka panjang. Berbeda dengan make up yang bersifat dekorasi atau hiasan.

Meski demikian, beberapa merek make up juga bisa dibanderol dengan harga yang fantastis. Hal ini berlaku untuk merek make up kelas atas seperti Nars, Channel, YSL, Dior, dan lain-lain. Tapi tidak perlu khawatir, produk make up dengan harga terjangkau dan kualitas baik juga banyak tersedia di pasaran.

Jenis Produk Skincare dan Make Up

toko kosmetik dan skincare

Perbedaan skincare dan makeup juga memiliki perbedaan pada jenis produknya. Karena fungsi utama skincare adalah untuk memelihara kesehatan kulit, maka umumnya jenis produk ini juga sesuai dengan kegunaan dan kondisi kulit. 

Sebagai contoh, produk skincare umumnya terdiri dari sabun pencuci wajah, toner, serum, essence, pelembab wajah, sunscreen, eye cream, masker, lip balm, dan lain-lain. Selain itu, produk perawatan kulit juga terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kondisi kulit misalnya rangkaian perawatan untuk kulit kering, berminyak, berjerawat, sensitif, kombinasi, kusam, dan lain-lain.

Sebaliknya, pembagian jenis produk make up biasanya lebih sedikit dan sederhana. Jenis-jenis produk ini antara lain termasuk primer, alas bedak atau foundation, BB dan CC cream, eyebrow pencil, mascara, eye shadow, blush on, lipstick, highlighter, setting spray, dan lain-lain.

Jika Anda melihat dari berbagai jenis skincare dan make up di atas, sebenarnya sudah mulai cukup jelas perbedaan skincare dan make up. Dari sini Anda tentu sudah mengenalinya, bukan?

Fungsi Skincare vs Make Up

fungsi skincare dan kosmetik untuk kecantikan

Selanjutnya adalah perbedaan skincare dan make up berdasarkan fungsinya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya fungsi skincare adalah untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit. Jadi, produk-produk skincare umumnya mengandung bahan-bahan yang juga baik untuk kulit. 

Produk skincare berbahan organik umumnya masih menjadi favorit banyak orang. Meski demikian, kini bahan aktif mulai ditambahkan juga ke dalam produk perawatan kulit. Produk seperti ini umumnya dapat memberikan hasil yang lebih cepat. Selain itu, karena pilihannya semakin banyak, masyarakat bisa bebas memilih produk sesuai dengan kondisi kulit mereka.

Sebaliknya, make up berfungsi sebagai alat untuk merias atau menghias wajah. Produk make up dapat digunakan untuk mempercantik bagian wajah tertentu dan menyamarkan bagian lainnya. Karena itulah, make up memiliki kemampuan luar biasa dalam mengubah tampilan wajah seseorang.

Make up dapat membuat pemakainya tampak lebih kurus atau gemuk dari aslinya, tampak lebih muda atau tua dari aslinya, dan seterusnya. Bisa dibilang, make up adalah cara instan agar wajah terlihat lebih memesona.

Langkah Pemakaian

langkah pemakaian kosmetik dan skincare

Terakhir perbedaan skincare dan make up pada langkah pemakaiannya. Sebenarnya tidak ada aturan baku tentang urutan pemakaian produk skincare maupun makeup. Anda bisa mengurangi ataupun menambah salah satu langkahnya. Meski demikian, berikut ini adalah rekomendasi urutan pakai skincare yang benar untuk Anda ikuti:

  • Cleanser, dapat berupa cleansing milk, balm, ataupun oil.
  • Facial wash, dapat berupa gel, cream ataupun foam.
  • Toner 
  • Serum
  • Essence
  • Eye cream
  • Moisturizer
  • Sunscreen untuk pagi hari dan night cream atau sleeping mask untuk malam hari.

Sedangkan rekomendasi untuk urutan pemakaian make up adalah sebagai berikut ini:

  • Primer
  • Foundation atau cushion atau BB cream. Bisa juga diganti dengan 
  • Concealer
  • Bedak tabur atau padat
  • Eye brow
  • Eye shadow
  • Eye liner
  • Mascara
  • Blush on
  • Lipstick atau Lip tint

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sekarang sudah banyak produk yang mengandung fungsi ganda. Misalnya adalah tinted moisturizer. Produk ini tidak hanya berfungsi untuk melembapkan kulit, tapi juga sudah memiliki pigmen warna sehingga dapat digunakan sebagai alas bedak. Dengan menggunakan produk seperti ini, Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan foundation.

Berkat adanya produk dengan manfaat ganda seperti ini, langkah-langkah pemakaian skincare maupun make up bisa dikurangi. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merawat dan merias diri terutama ketika sedang tidak punya banyak waktu.

Itulah tadi beberapa perbedaan skincare dan make up. Meskipun berbeda, keduanya sebenarnya bisa saling mendukung. Pasalnya, jika Anda suka dan rajin menggunakan make up tanpa disertai dengan kebiasaan merawat wajah menggunakan skincare, wajah akan mudah bermasalah seperti kusam dan berjerawat. 

Masalah ini dapat terjadi karena make up dapat menumpuk dan menyumbat pori-pori. Akibatnya, wajah menjadi rentan bermasalah. Tidak hanya itu saja, kulit yang bersih dan sehat dapat menjadi kanvas yang sempurna untuk make up. Pada wajah yang bersih, lembap, dan sehat, make up dapat menempel dengan baik dan hasilnya juga akan terlihat lebih cantik.

Sebaliknya, skincare tidak akan bisa membantu membuat alis terlihat lebih tebal, atau pipi terlihat lebih tirus. Namun, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan make up agar bagian wajah tertentu terlihat lebih cantik dan menonjol.Jadi, meskipun terdapat beberapa perbedaan skincare dan make up keduanya tetap bisa saling melengkapi dan membuat penampilan Anda terlihat semakin cantik dan menawan.

You may also like

Leave a Comment