Home Lainnya Jangan Cuma Pakai, Kenali Jenis Pomade Serta Fungsinya

Jangan Cuma Pakai, Kenali Jenis Pomade Serta Fungsinya

by coriate

Pomade adalah solusi favorit para pria untuk menjaga tatanan rambut agar tahan lama. Jika ingin rambut terlihat lebih keren, And wajib mengetahui berbagai jenis pomade dan bahan dasarnya. Hal ini karena setiap pomade memiliki karakteristik khusus sehingga Anda harus menyesuaikan pemakaian dengan kebutuhan.

Bacalah panduan berikut sebelum memilih pomade yang paling tepat.

Jenis Pomade Berdasarkan Bahan Dasarnya

Secara umum, pomade merupakan bahan kental yang digunakan untuk menata rambut serta menjaganya agar awet. Produk serupa pomade sudah ada sejak Abad ke-17 hingga 18, dengan bahan dasar yang bervariasi. Kini, berbagai produk pomade hadir dengan bahan dasar dan karakteristik untuk jenis rambut berbeda.

Inilah beberapa jenis pomade berdasarkan bahan dasarnya yang bisa Anda temui di pasaran.

Pomade Water-based

jenis pomade water based
Pomade Water Based

Pomade berbahan dasar air (water-based) adalah tipe yang ringan. Teksturnya mirip gel dan cenderung lebih mudah diaplikasikan pada rambut. Hasil pemakaiannya terlihat ringan dan terasa lebih enteng di rambut. Pomade berbahan dasar air juga lebih mudah dibilas. Anda cukup mencuci rambut dengan sampo sebanyak satu kali untuk menghilangkannya.

Kekurangan pomade berbahan dasar air adalah tidak tahan lama. Pomade ini disarankan untuk Anda yang lebih sering beraktivitas di dalam ruangan atau hanya membutuhkan pomade untuk acara singkat. Pomade berbahan dasar air juga cocok untuk Anda yang berambut sangat pendek atau cenderung tipis dan mudah ditata.

Pomade Oil-based

jenis pomade oil based
Pomade Oil Based

Pomade berbahan dasar minyak (oil-based) mungkin jenis pomade yang paling umum. Teksturnya lebih pekat dan melekat cukup lama di rambut setelah pemakaian. Anda bisa menggunakannya saat beraktivitas di luar ruangan karena pomade ini tidak mudah luntur oleh keringat atau hujan. Bahan dasar minyak juga mencegah rambut menjadi kering.

Kekurangan pomade ini adalah sulit dibersihkan; Anda membutuhkan keramas berkali-kali dengan sampo khusus untuk menghilangkannya. Akan tetapi, pomade ini sangat disarankan untuk pemilik rambut tebal atau panjang karena teksturnya lebih “mantap”. 

Mixed Base Pomade

mixed base pomade
Mixed Base Pomade

Mixed base pomade memadukan air dan minyak sebagai bahan dasarnya. Pomade ini cenderung lebih ringan dan lebih mudah dibersihkan dari pomade berbahan dasar minyak. Akan tetapi, teksturnya menjaga tatanan rambut lebih lama dibandingkan pomade berbahan dasar air.

Pomade ini memadukan kualitas terbaik dari pomade berbahan dasar air dan minyak, yaitu kemudahan pembersihan serta daya tahan yang cukup baik. Akan tetapi, daya serap pomade jenis ini cukup rendah. Pastikan rambut Anda kering sebelum menggunakannya agar pomade lebih mudah terserap.

Last Beer-based Pomade

jenis pomade last beer based pomade
Last Beer Based Pomade

Tahukah Anda kalau ada pomade berbahan dasar bir? Pomade ini tidak mengandung alkohol, tetapi beragam nutrisi yang terkandung di dalam bir. Kandungan nutrisi ini membantu menjaga kekuatan dan kelembutan rambut. Cocok untuk pemilik rambut kering yang ingin rambutnya tetap sehat walau sering ditata.

Pomade berbahan dasar bir memiliki tekstur serupa pomade berbahan dasar minyak dan air. Teksturnya mampu menjaga tatanan rambut Anda tetap awet, tetapi tidak selama produk berbahan dasar minyak. Akan tetapi, pomade jenis ini masih agak jarang ditemukan di Indonesia.

Baca juga: Cantik Maksimal! Nih, 7 Jenis Produk Perawatan Rambut Terbaik

Clay Pomade

clay pomade
Clay Pomade

Pomade berbahan dasar tanah liat (clay) juga relatif masih baru di Indonesia. Kandungannya terdiri dari tanah liat vulkanik yang mengandung banyak mineral. Selain menjaga tatanan rambut, pomade ini juga memberi banyak nutrisi untuk kesehatan rambut. Kelebihannya adalah tampilan yang natural saat diaplikasikan ke rambut. Daya serapnya tinggi sehingga Anda harus memastikan rambut kering sebelum mengoleskannya.

Jenis Pomade Berdasarkan Fungsinya

Selain bahan dasar, pomade bisa dibedakan berdasarkan fungsinya. Tekstur dan daya serap pomade berbeda-beda tergantung kebutuhan rambut Anda. Inilah jenis-jenis pomade berdasarkan fungsinya untuk menata rambut.

Light Pomade

light pomade
Light Pomade

Pomade ringan (light) cocok untuk yang menyukai tatanan rambut alami serta ringan. Anda bisa mengaplikasikannya dengan mudah menggunakan sapuan tangan ringan. Teksturnya relatif lembut tetapi bisa menciptakan kilau alami pada rambut. Cocok untuk pemilik rambut pendek atau bertekstur halus. Pomade ringan juga sering menjadi pilihan untuk dandan cepat atau penampilan klasik.

Medium Hold Pomade

medium hold pomade
Medium Hold Pomade

Pomade jenis medium hold memiliki tekstur lebih padat, tetapi masih mudah diaplikasikan. Anda mungkin harus menjambak rambut sedikit agar produk ini lekat secara merata. Pomade medium hold cocok untuk yang menyukai tatanan rambut ringan tetapi tetap menunjukkan karakteristik kuat.

Heavy Hold Pomade

heavy hold pomade
Heavy Hold Pomade

Pomade jenis heavy hold adalah tipe yang paling cocok untuk tatanan rambut tinggi yang membutuhkan daya cengkeram prima. Tekstur pomade jenis ini paling tebal dan membutuhkan tenaga ekstra untuk mengambilnya dari wadah. Anda harus menggunakan jambakan plus sisir untuk mengaplikasikannya di rambut secara merata. Efek akhirnya lebih cenderung matte, bukan mengilap, sehingga terlihat natural.

Tips Memilih Pomade bagi Pemula

tips memilih pomade
Menggunakan Pomade

Pomade berbeda harus Anda sesuaikan dengan jenis rambut. Jika Anda belum pernah memilih atau menggunakan pomade, ikuti tips berikut agar tidak salah pilih.

1. Pomade untuk Rambut Keriting

Rambut keriting sebaiknya menggunakan pomade minyak atau heavy hold. Pomade ini akan menahan tekstur rambut dengan lebih baik ketika Anda menatanya. Gaya rambut pun tahan lebih lama dan tidak mudah luntur akibat hujan atau kelembapan.

Rambut lurus atau tipis cocok dengan pomade ringan berbahan dasar air. Rambut lurus tebal atau rambut bergelombang bisa menggunakan pomade ringan untuk tampilan natural, atau pomade heavy hold untuk gaya yang lebih “tinggi” dan tahan lama.

2. Pomade untuk Rambut Lurus/Tipis

Rambut lurus atau tipis bisa rontok jika diberi pomade “berat”. Pilih pomade berbahan dasar air atau yang berlabel light. Jika ingin tatanan rambut tahan lebih lama, coba cari pomade berbahan dasar minyak tetapi yang berlabel light agar rambut tidak terbebani.

3. Pomade untuk Rambut Lurus dan Tebal

Pemilik rambut lurus dan tebal sebaiknya memilih pomade berbahan dasar minyak dengan label light hingga medium. Akan tetapi, jika Anda lebih sering menata rambut dengan gaya kasual atau ingin produk yang ringan, pomade berbahan dasar air cocok untuk rambut jenis ini.

4. Pomade untuk Rambut Tebal Bergelombang

Rambut tebal bergelombang cocok menggunakan pomade berbahan dasar minyak dengan label medium hingga heavy. Pomade berbahan dasar air yang light mungkin tidak terlalu ampuh, kecuali jika Anda hanya ingin sedikit merapikan rambut tanpa mengubah gaya terlalu drastis.

Jangan lupa memesan sampo khusus pomade agar produk di rambut bisa terbilas dengan baik saat keramas. Anda juga bisa menemukan produk paketan yang terdiri dari pomade dan sampo, tergantung mereknya. Beli juga sisir khusus pomade yang biasanya bergigi rapat dan digunakan untuk merapikan pomade sekaligus menata gaya rambut (styling).

Mengenal berbagai jenis pomade dan karakteristik mereka penting agar produk yang Anda beli cocok untuk jenis rambut serta memberi hasil yang diinginkan. Ikuti panduan ini sebelum belanja pomade agar Anda bisa tampil prima dengan tatanan rambut yang keren.

You may also like

Leave a Comment