Home Bisnis Maklon Ini Dia Beberapa Contoh Produk Maklon yang Potensial!

Ini Dia Beberapa Contoh Produk Maklon yang Potensial!

by coriate

Anda sedang cari produk maklon yang berpotensi mendatangkan cuan maksimal? Artikel ini akan membahas mengenai beberapa contoh produk maklon yang bisa Anda pilih sebagai produk untuk bisnis Anda.

Tak hanya itu, Anda juga akan belajar mengapa keberadaan jasa maklon menjadi penting saat ini. Cara memesan produk maklon juga akan dijelaskan pada pembahasan berikut. Yuk, simak penjelasannya!

Mengapa Jasa Maklon Penting? 

Ilustrasi gambar box berisi produk yang dihasilkan oleh jasa maklon

Jasa maklon timbul karena produksi suatu barang butuh modal yang cukup besar. Sayangnya, tidak semua pengusaha—apalagi yang baru merintis—punya modal untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Sebagai gambaran, anggap saja Anda ingin untuk menjadi pengusaha produk-produk skin care atau kosmetik. Untuk membuat produk, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Tidak hanya mesin saja—Anda juga perlu sewa tempat untuk meletakkan mesin tersebut berikut dengan bahan baku, tenaga kerja, perizinan, desain, bahkan biaya untuk melakukan maintenance mesin jika sewaktu-waktu mesin yang Anda miliki rusak.

Meski hanya gambaran singkat, Anda bisa memperkirakan seberapa banyak sumber daya yang harus disiapkan. Jika Anda memang sudah siap untuk memenuhi segala kebutuhan produksi, maka kegiatan produksi mandiri bisa Anda lakukan. Namun, jika membuka pabrik terasa begitu membebani, maka Anda bisa mempertimbangkan menggunakan jasa maklon.

Baca juga: Sudah Tahu? Ini Pengertian Jasa Maklon Serta Penerapannya

Batasan Jasa Maklon

Dalam pelaksanaannya, ada batasan yang dimiliki oleh jasa produksi produk maklon, yaitu layanan jasa maklon terbatas hanya untuk proses produksi saja. Untuk proses distribusi, Anda perlu melakukannya sendiri.

Selain itu, penentuan spesifikasi produk dan pencarian bahan baku biasanya bukanlah ranah kerja dari layanan jasa maklon. 

Maka dari itu, meski nantinya Anda bisa berkonsultasi dengan jasa maklon, Anda perlu menyiapkan terlebih dahulu detail spesifikasi produk yang Anda inginkan beserta bahan baku, bahan setengah jadi, maupun bahan pembantu/penolong untuk membuat proses produksi jadi lebih mudah dilakukan.

Contoh Produk Maklon

Apa saja contoh dari produk maklon? Beberapa contoh dari produk maklon bisa Anda lihat pada ulasan berikut.

1. Maklon Produk Herbal 

Ilustrasi gambar contoh produk yang dibuat oleh  jasa maklon produk herbal

Menurut beberapa sumber, jumlah peminat jamu dan obat-obatan herbal mengalami peningkatan. Hal ini bermakna bahwa, bisnis produk herbal masih menjadi bisnis yang menjanjikan.

Beberapa contoh maklon produk herbal yang biasanya diproduksi oleh jasa maklon meliputi produk suplemen herbal kapsul maupun tablet, produk minuman seduh dengan tambahan herbal, atau bahkan produk herbal racikan (terdiri dari beberapa bahan) dalam bentuk bubuk.

Anda juga bisa menjumpai jasa maklon untuk produk obat-obatan herbal (non-suplemen). Contohnya seperti produk obat untuk melancarkan pencernaan, obat untuk meningkatkan sistem imunitas, serta obat meredakan nyeri sendi. Obat-obat herbal ini pun juga tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, maupun bubuk.

2. Maklon Kosmetik/Skincare 

Ilustrasi gambar contoh produk yang dihasilkan oleh jasa maklon kosmetik dan skincare

Setiap orang pasti ingin tampil paripurna. Nah, salah satu cara untuk menjaga penampilan tentunya adalah dengan menggunakan kosmetik. Selain itu, perawatan kulit pun wajib dilakukan agar kulit Anda sehat.

Berkaca dari penjelasan di atas, Anda pasti bisa menangkap bahwa bisnis yang satu ini akan jadi bisnis yang potensial untuk mendatangkan pundi-pundi uang. Coba cek saja marketplace yang populer di Indonesia. Anda bisa menemukan bahwa produk skincare maupun kosmetik memiliki sales dalam jumlah yang besar.

Jika Anda ingin mencoba memulai bisnis kosmetik dengan merek Anda sendiri, tidak ada salahnya jika Anda menghubungi jasa maklon kosmetik/skincare. Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing memikirkan bagaimana produksi kosmetik/skincare. Selama Anda sudah menentukan spesifikasinya, mencari bahan baku dan bahan-bahan pelengkap lain, Anda bisa membuat kosmetik dengan brand sendiri.

Baca juga: Mulai Bisnis Yuk! Nih, Potensi Bisnis Kecantikan di Indonesia!

3. Maklon Konveksi 

Ilustrasi gambar contoh produk yang dihasilkan oleh jasa maklon konveksi

Selain maklon obat herbal serta maklon kosmetik/skincare, selanjutnya ada maklon konveksi. Sesuai dengan namanya, maklon konveksi biasanya menyediakan jasa untuk memproduksi produksi barang tekstil. Biasanya, maklon jenis ini populer disebut sebagai ‘konveksi’ saja.

Konveksi biasanya tidak hanya memproduksi baju atau celana saja. Seragam, jas almamater sekolah/universitas, bahkan hingga seprai, sarung bantal, sarung guling untuk hotel biasanya juga menggunakan jasa konveksi dalam proses produksinya.

4. Maklon Makanan 

Ilustrasi gambar contoh produk yang dihasilkan oleh jasa maklon makanan

Selain obat-obatan, produk makanan juga menjadi salah satu produk yang bisa diproduksi dengan menggunakan layanan jasa maklon. 

Biasanya, jasa maklon makanan (atau minuman) sudah memiliki izin resmi untuk memproduksi makanan. 

Penggunaan jasa maklon untuk produksi makanan ini tidak hanya terbatas pada makanan jadi saja. Ada juga jasa maklon yang menawarkan jasanya untuk memproduksi bumbu bubuk (baik bumbu rempah maupun bumbu untuk makanan ringan), ekstrak (buah, kopi, dll.), puding dan agar, bahkan hingga minuman (fruit-based, coffee-based, tea-based, dll.)

Dengan jasa maklon, Anda sebagai pemilik modal tidak perlu repot-repot untuk mencari SDM maupun mengurus perizinan produksi produk. Perizinan yang dimaksud meliputi perizinan BPOM, sertifikasi halal, maupun legalitas produk.  Cukup siapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, mengurus perizinan biasanya akan dibantu oleh jasa maklon itu sendiri.

5. Maklon Produk Bayi 

Ilustrasi gambar contoh produk yang dihasilkan oleh jasa maklon produk bayi

Biasanya, jasa maklon yang ditawarkan untuk produk bayi adalah berupa sabun, sampo, parfum, dan barang-barang toiletries bayi. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan ada jasa maklon yang memproduksi barang-barang kebutuhan bayi lainnya seperti pakaian, susu, maupun perlengkapan bayi lainnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Jasa Maklon?

Nah, setelah memahami beberapa contoh barang-barang yang bisa diproduksi dengan menggunakan jasa maklon, Anda juga perlu tahu bagaimana caranya agar Anda bisa menggunakan jasa maklon.

Meski masing-masing jenis produk memiliki cara pembuatan yang berbeda, pada umumnya prosedur maklon yang dilalui serupa. Prosedur maklon tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Konsultasi Produk

Setelah Anda memiliki konsep produk yang ingin Anda produksi, Anda perlu mendatangi perusahaan jasa maklon yang sesuai. Di perusahaan tersebut, biasanya Anda akan berkonsultasi mengenai produk yang ingin Anda produksi. 

2. Pembuatan Sampel

Setelah berkonsultasi mengenai produk yang akan dibuat, sampel sesuai spesifikasi yang Anda inginkan akan dibuat. Jika sampel produk sesuai dengan keinginan Anda, maka proses produksi bisa dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

3. Pengurusan Izin Produk

Langkah selanjutnya adalah mengurus izin produk. Biasanya, jasa maklon akan membantu Anda untuk mengurus perizinan juga hingga selesai.

4. Proses Desain Produk

Langkah selanjutnya adalah mendesain produk yang akan diproduksi secara massal. Terkadang, hal ini juga dilakukan bersamaan sembari menunggu perizinan selesai. Proses desain produk ini penting karena tampilan visual juga berpengaruh terhadap minat calon pembeli terhadap produk Anda.

5. Proses Produksi

Setelah desain barang sudah jadi, langkah selanjutnya adalah melakukan proses produksi barang secara massal (sesuai total kuantitas yang dipesan). Biasanya, hal ini akan dilakukan setelah persiapan bahan baku produksi selesai dan pembayaran awal sudah dilakukan sesuai kesepakatan.

6. Pengiriman Produk

Langkah terakhir dalam proses produksi produk maklon adalah mengirimkan produk ke perusahaan Anda. Sebelum dikirimkan, barang akan melalui proses quality control agar kualitasnya memenuhi standar dan spesifikasi yang Anda inginkan.

Nah, itulah beberapa contoh produk maklon yang dapat diproduksi dengan bantuan jasa maklon beserta informasi mengenai prosedur memesan barang maklon. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis kosmetik, skincare, atau obat-obatan herbal, Anda bisa memercayakan proses produksinya kepada Agung Sejahtera Group. Dengan pengalaman yang cukup lama di bidang produksi obat-obatan herbal serta produksi kosmetik/skincare, Anda tak perlu ragu untuk menggunakan jasa kami dan mulai bisnis Anda dengan lebih mudah. 

You may also like

Leave a Comment