Home Seputar Teknologi Hype Abiz! Intip 7 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis MLM

Hype Abiz! Intip 7 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis MLM

by CORIATE

Dalam beberapa tahun terakhir, media digital dinilai efektif dalam pemasaran produk multi level marketing (MLM). Selain jangkauan konsumennya luas, biaya pemasaran digital lebih murah daripada konvensional. Untuk itu, Anda harus memiliki strategi digital marketing untuk bisnis MLM agar mendapatkan manfaat optimal.

Manfaat lain menerapkan digital marketing, yakni Anda dapat menentukan market niche sesuai kebutuhan bisnis MLM. Dengan demikian, pelaku bisnis MLM lebih mudah melakukan personalisasi pelanggan dan menjalankan strategi pemasarannya.

Sebagai referensi, berikut ini ada tujuh strategi pemasaran digital yang mudah diterapkan dalam bisnis MLM. Baca sampai selesai, yuk!

Baca juga: Disimak Yuk! Kelebihan dan Kekurangan Multi Level Marketing

1. Terapin SEO! Naikin Traffic Website

SEO 1170 x 780

Menerapkan search engine optimization (SEO) merupakan strategi efektif untuk mempromosikan web bisnis Anda. Teknik ini memastikan konten bisnis yang diunggah melalui website mudah ditemukan oleh calon konsumen. Pasalnya, SEO menggunakan kata kunci tertentu supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Untuk mengoptimalkan SEO, Anda bisa menggunakan jasa para ahli di bidangnya. Jika ingin mencoba optimasi sendiri, ada dua teknik SEO yang dapat diterapkan, yaitu Off Page dan On Page. 

SEO Off Page merupakan teknik optimasi di luar dan di dalam web yang bertujuan menempatkan situs Anda di halaman teratas mesin pencari. Untuk mencapai tujuan tersebut, pengguna harus meningkatkan domain authority melalui backlink, link building, dan optimasi lain di luar web.

Sebaliknya, SEO On Page dilakukan di dalam website dengan memaksimalkan kualitas konten. Sebagai contoh, sebuah web memiliki konten berupa artikel. Untuk optimasi SEO, artikel harus mengandung alt image, keyword, meta description, dan meta title.

2. Branding Pakai Social Media Marketing

Media Sosial 1170 x 780

Tahukah Anda, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 70 persen dari total penduduk? Ketika ada penjualan produk melalui media sosial, ada 8 dari 10 orang yang membelinya. 

Banyak faktor memengaruhi keputusan pembelian tersebut, salah satunya karena melihat promosi menarik. Bentuk promosi bisa berupa review pelanggan, ads, dan testimoni positif dari konsumen.

Hal tersebut sesuai dengan ulasan di Buffer.com yang mengungkapkan, bahwa social media marketing merupakan pemanfaatan platform untuk terhubung ke audiens. Tujuannya adalah membangun merek bisnis, menaikkan penjualan, dan mengarahkan lalu lintas website

Sebagai referensi bagi Anda yang tertarik promosi MLM melalui media sosial, cobalah memanfaatkan influencer. Saat influencer mempromosikan produk Anda, biasanya audiens lebih mudah percaya, apalagi yang berbicara adalah tokoh favoritnya. 

Baca juga: Cari Tau! Ini Cara Memilih Bisnis Multi Level Marketing yang Baik

3. Content Marketing Ningkatin “Brand Awareness”

Mengetik 1170 x 780

Content marketing merupakan strategi digital marketing untuk bisnis MLM yang melibatkan konten berkualitas dan menarik. Teknik pemasaran ini mencakup berbagai aktivitas, seperti membuat konten, mengelola, hingga mengunggahnya ke media sosial maupun website. Tujuan mengunggah konten, yakni untuk meyakinkan pengguna supaya membeli produk Anda.

Strategi content marketing ini bisa efektif jika menggunakan media sosial dan website sendiri. Pastinya, website MLM tersebut harus memiliki domain yang tepat dan layanan hosting terbaik.

4. Search Engine Marketing, Cara Instan Muncul di Google

Search Engine Marketing 1170 x 780

Search engine marketing atau SEM memiliki tujuan sama seperti SEO, yakni menaikkan visibilitas web di halaman mesin pencarian. Namun, untuk menerapkan teknik SEM, Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya. Pasalnya, SEM mengharuskan pengguna “membeli traffic” di mesin pencarian.

Maksud “membeli traffic” dalam hal ini adalah memunculkan iklan yang mengandung kata kunci tertentu atau berkaitan dengan produk. Ketika pengunjung mengetik kata kunci sesuai iklan tersebut, mesin pencarian otomatis mengarahkan ke website Anda. 

Namun, untuk memunculkan iklan, Anda harus membayar kepada penyedianya. Supaya ga boncos dalam beriklan di mesin pencarian, gunakan jasa SEM profesional. Akan tetapi, pemilik bisnis MLM harus membuat website MLM nya terlebih dahulu, karena iklan google akan di link ke website yang di tuju.

Baca juga: 7 Beda MLM dan Money game, Kenali Biar Gak Salah Paham!

5. Blast! Lewat Email Marketing

Email 1170 x 780

Hampir semua orang di dunia ini memiliki Email untuk sarana berkomunikasi jarak jauh. Karena itu, dengan segala kelebihannya, Email kini dijadikan salah satu media untuk promosi secara digital. Biasanya, strategi ini disebut Email marketing.

Email marketing merupakan surat elektronik untuk pelanggan bisnis Anda. Proses pengiriman surat tersebut dilakukan serentak secara digital. Supaya pelanggan mau membuka dan membaca surat tersebut, pastikan Anda membuat Email marketing yang menarik.

6. Social Media Ads, Bisa Raih Kaum Milenial

Social Media Ads 1170 x 780

Social media ads merupakan proses menyebarkan iklan yang bisa diklik untuk menjangkau audiens sesuai target. Anda bisa menggunakan media sosial supaya teknik ini memberikan hasil optimal.

Kendati demikian, social media ads dapat dilakukan di berbagai jenis aplikasi perpesanan. Bahkan, Anda bisa menerapkannya di umpan berita, aplikasi, serta situs luar negeri. 

7. Affiliate Marketing, Sistem Bagi Komisi

Marketing 1170 x 780

Affiliate marketing biasanya melibatkan klien atau mitra sehingga Anda harus membayar sejumlah komisi kepadanya. Komisi tersebut dibayarkan ketika mitra berhasil menjual produk Anda. Sebagai contoh, sebuah marketplace membuka peluang affiliate untuk produk pakaian anak. Saat mitra bisa menjual pakaian tersebut, diberikan komisi 10 persen per transaksi.

Strategi tersebut sebenarnya efektif meningkatkan penjualan secara signifikan, apalagi jika yang mempromosikan adalah influencer. Umumnya, influencer akan mempromosikan melalui media sosialnya sehingga dilihat oleh pengguna lain.

Baca juga: Ingin Memulai MLM? Ketahui Jenis MLM di Pasaran Ini

Demikian pembahasan seputar strategi digital marketing untuk bisnis MLM yang mudah diterapkan oleh pebisnis pemula maupun profesional. Dengan berbagai kemudahan pemasaran melalui digital, Anda tak perlu ragu mengembangkan bisnis. Pasalnya, kini, bisnis bisa lebih cepat menjangkau lintas negara, bangsa, dan kebudayaan.

You may also like

Leave a Comment