Home Seputar Kesehatan Harus Cocok Sama Kulit Kamu! Pelajari, 5 Jenis Sabun Mandi Ini!

Harus Cocok Sama Kulit Kamu! Pelajari, 5 Jenis Sabun Mandi Ini!

by coriate

Dulu, memilih sabun mungkin hanya dilakukan berdasarkan aromanya. Selama sabun memiliki aroma yang cukup wangi dan sesuai selera, kita pasti membeli dan menggunakannya. Seiring berjalannya waktu, orang semakin sadar bahwa memilih jenis sabun mandi yang tepat akan memberi banyak manfaat terhadap kulit tubuh.

Manfaat Sabun Mandi 

Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari sabun mandi yang tepat adalah:

1. Membersihkan Kulit

sabun untuk membersihkan kulit

Fungsi utama sabun yang mungkin tidak terlalu dianggap adalah membersihkan kulit. Sabun yang tepat diharapkan dapat mengangkat kotoran, debu, atau kulit mati sehingga setelah mandi kulit bisa lebih halus. Untuk mendapatkan fungsi maksimal ini sabun biasanya dipakai bersama alat pembersih seperti loofah atau spon mandi.

Fungsi utama sabun sebagai pembersih kulit membuat kandungan kimia di dalamnya patut diperhatikan. Sebaiknya, pilih sabun yang tidak menghasilkan banyak busa atau memiliki kandungan alkohol tinggi. Sabun yang menghasilkan banyak busa biasanya mengandung kadar detergen cukup tinggi yang bisa merusak kulit.

Begitu pula dengan sabun yang kandungan alkoholnya banyak. Sabun semacam ini akan membuat kulit cepat kering dan proses pembersihan lebih menyakitkan. Hal itu karena, kandungan alkohol tinggi cenderung mengikis dan membuat kulit tubuh semakin tipis.

2. Membasmi Bakteri di Kulit

bakteri di kulit

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa alkohol merupakan agen antibakteri terbaik. Padahal selain alkohol, ada banyak kandungan kimia lain pada sabun mandi yang juga efektif sebagai antibakteri. Bagaimana tidak, selain membersihkan fungsi lain sabun adalah untuk membasmi bakteri pada kulit tubuh.

Diakui atau tidak, aktivitas di luar membuat kulit terpapar dengan banyak hal termasuk salah satunya bakteri. Inilah mengapa rutin mandi dan membersihkan tubuh dengan sabun akan membantu kita membasmi segala macam bakteri yang menempel di kulit. 

Meskipun efeknya tidak langsung terlihat, jika membiarkan tubuh kotor tanpa dibersihkan dengan mandi bukan tidak mungkin kita mudah terserang penyakit. Entah itu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau penyakit lain yang ditimbulkan oleh kotoran di kulit.

3. Mengatasi Masalah Kulit

masalah kulit wajah

Manfaat sabun yang terakhir adalah untuk mengatasi masalah kulit badan, ataupun kulit wajah. Ya, selain membersihkan tubuh, sabun juga bisa menjadi obat beberapa masalah kulit seperti panu, kadas, kurap, jerawat, atau penyakit lain yang disebabkan oleh jamur. Inilah mengapa selain sabun dengan aroma wangi, ada sabun yang memiliki bahan aktif sulfur untuk mengatasi masalah kulit. 

Seperti sabun biasa, sabun ini juga bisa digunakan harian saat mandi atau dipakai selama beberapa saat untuk penyembuhan. Untuk penggunaan sabun sebagai obat atau terapi menyembuhkan penyakit kulit, sebaiknya konsultasikan kebutuhan kamu ke dokter atau ahlinya.

Baca juga: Coba Cek, Mungkin Ini Penyebab Penyakit Kulit Kepala Anda

Berbagai Macam Jenis Sabun Mandi

Selain memiliki beberapa manfaat, sabun yang beredar di pasaran juga dijual dalam beberapa jenis, yaitu:

1. Jenis Sabun Mandi Batang

jenis sabun batang

Sabun batang adalah salah satu jenis sabun mandi yang paling lama dan banyak digunakan. Biasanya, sabun batang mengandung Sodium Hidroksida yang fungsi utamanya adalah untuk membersihkan kulit dan kotoran. Sayangnya, kandungan bahan kimia tersebut membuat kulit cepat kering.

Jadi apabila kita tetap ingin menggunakan sabun batang, pilih yang tidak mengandung zat basa atau alkali tinggi. Zat ini diketahui mampu membuat kulit semakin kering dan menimbulkan iritasi. Sebagai saran, gunakan sabun batang yang kandungan emolien cukup tinggi agar kelembapan kulit senantiasa terjaga.

2. Jenis Sabun Mandi Cair

jenis sabun cair

Bentuk cair membuat jenis sabun mandi ini mengandung banyak pelembap sehingga kulit terasa lebih lembut. Namun biasanya, sabun cair mengandung bahan pengharum yang tidak selalu cocok di kulit setiap orang. Akibatnya, banyak yang mengeluh mengalami iritasi setelah menggunakan sabun cair.

Meskipun begitu, jangan khawatir. Kemajuan teknologi dan tingginya permintaan masyarakat membuat sabun cair zaman sekarang lebih ramah kulit. Walaupun kandungan pewanginya cukup tinggi, tapi sabun cair juga dilengkapi dengan bahan ramah kulit lain yang kadar pH-nya normal.

Jadi ketika digunakan setiap hari pun, sabun cair tetap memberi sensasi harum yang menyenangkan tanpa menimbulkan alergi atau iritasi pada kulit tubuh. Selain itu, pilihlah sabun cair dengan label hypoallergenic yang dinilai cocok untuk setiap jenis kulit serta aman.

3. Jenis Sabun Mandi Krim

jenis sabun krim

Bebas deterjen merupakan karakteristik utama sabun krim. Seperti namanya, sabun untuk membersihkan kulit ini memiliki tekstur creamy dan biasanya memiliki kandungan pelembap cukup tinggi. Untuk kulit kering, sabun creamy adalah salah satu variasi sabun yang tepat dan cocok dipakai sehari-hari.

Selain itu, tidak adanya kandungan deterjen dan kadar pelembap cukup tinggi membuat sabun memberikan efek kesat setelah digunakan. Bagi yang suka kulitnya terasa lembut dan antilicin setelah membersihkan tubuh, sabun krim adalah jenis yang tepat untuk dipakai setiap mandi.

4. Jenis Sabun Mandi Gel

jenis sabun gel

Memiliki tekstur lebih kental dibanding sabun cair membuat shower gel banyak digemari orang. Selain itu, shower gel juga pasti memiliki aroma khas ala parfum yang wanginya lebih tahan lama dibanding sabun cair. Bagi pecinta aroma wangi dan hobi mandi, sabun ini pilihan yang tepat.

Selain wangi, sabun gel juga diketahui memiliki kadar pelembap cukup tinggi. Hal ini membuat sabun gel aman digunakan siapa saja dan cocok untuk semua jenis kulit mulai dari yang kering, berminyak, hingga normal.

5. Jenis Sabun Mandi Minyak

jenis sabun minyak

Memiliki kandungan minyak cukup banyak membuat sabun ini bertekstur kental sebagaimana shower gel. Meskipun begitu, kadar pH pada sabun jenis ini cenderung normal. Hal tersebut membuat sabun minyak aman digunakan oleh berbagai jenis kulit mulai dari sensitif hingga kasar.

Meskipun memiliki cukup banyak kandungan minyak, jenis sabun ini termasuk mudah untuk dibilas. Sabun minyak biasanya dipakai untuk terapi dan aromanya memiliki efek menenangkan.

Cara Memilih Sabun Sesuai Dengan Jenis Kulit

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa sabun memiliki banyak manfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Meskipun begitu, kita tetap harus selektif ketika memilih tipe sabun yang tepat. Tidak semua variasi sabun cocok dengan kondisi kulit atau sesuai dengan kebutuhan kita.

Berikut adalah tips memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita:

1. Kulit Kering

kulit kering

Untuk kulit kering, sebaiknya hindari sabun dengan kandungan deterjen tinggi atau memiliki zat antibakteri. Kedua bahan tersebut akan membuat kulit semakin kering dan menimbulkan iritasi. Sebagai gantinya, pilihlah sabun dengan kandungan minyak dan pelembab tinggi.

2. Kulit Berminyak

kulit berminyak

Meskipun memiliki tekstur yang kenyal dan lembap, pemilik kulit berminyak tidak bisa sembarangan menggunakan sabun jika ingin kulitnya tetap mulus tanpa jerawat. Untuk kulit berminyak, sebaiknya gunakan sabun cair yang mengandung madu, glycerin, atau oatmilk.

Baca juga: Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

3. Kulit Sensitif

kulit sensitif

Kulit sensitif cenderung berisiko tinggi dalam terkena alergi dan iritasi. Untuk mengantisipasinya, gunakan sabun tanpa kandungan pewangi dengan pH normal seperti sabun bayi batangan, atau sabun khusus kulit sensitif.

Jadi, jenis sabun mandi apa yang sesuai dengan kulit dan kebutuhanmu? Semoga bermanfaat.

You may also like

Leave a Comment