Home Seputar Kecantikan Harus Ada Ini! 5 Manfaat Niacinamide Untuk Kulit Wajah

Harus Ada Ini! 5 Manfaat Niacinamide Untuk Kulit Wajah

by coriate

Memiliki kulit yang cerah tentu menjadi impian banyak orang. Selain mampu membuat penampilan semakin menarik, hal tersebut juga menjadi salah satu tanda kulit yang sehat. Nah, tahukah kamu kalau di dalam produk skincare terdapat kandungan yang dapat mewujudkan hal tersebut? Ia bernama niacinamide atau nicotinamide (nikotinamida).

Senyawa ini diyakini aman untuk kulit dan mampu memberikan banyak manfaat. Selain dapat mencerahkan kulit yang kusam, zat ini juga mampu membuatmu tampak awet muda jika digunakan dengan cara yang tepat. Yuk, kita simak manfaat Niacinamide untuk kulit lebih detail lagi!

Apa Itu Niacinamide

Agung Sejahtera skincare 1170px x 780px

Menurut berbagai sumber, vitamin B3 memiliki beberapa bentuk atau varian, dan niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin tersebut. Ia adalah nutrisi esensial yang terkandung dalam produk skincare yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Selain terdapat dalam produk-produk perawatan kulit, zat ini juga terkandung pada berbagai jenis bahan makanan, seperti dalam sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, susu, telur, serta ikan.

Mengaplikasikan zat niacinamide untuk wajah bisa memberikan berbagai manfaat. Selain menjadikan kulit wajah tampak semakin cerah, ia juga mampu menghaluskan kulit, menghilangkan jerawat beserta bekasnya, hingga mengecilkan pori-pori.

Sementara itu, seseorang yang kekurangan asupan senyawa tersebut bisa mengalami berbagai masalah kesehatan. Mulai dari gangguan pada kulit, hingga gangguan pada ginjal dan otak.

Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah

Buat kamu yang sedang melakukan perawatan kulit wajah dengan berbagai produk skincare, jangan lupa untuk memeriksa kembali dan memastikan apa saja kandungan skincare-mu, apakah itu termasuk zat yang dibutuhkan kulit atau tidak!

Berikut ini adalah beberapa kegunaan dan manfaat niacinamide untuk kulit wajah :

1. Lindungi Kulitmu dari Radikal Bebas

salah satu manfaat Niacinamide untuk kulit wajah adalah untuk melindungi kulit

Kamu tentu sudah sering mendengar istilah radikal bebas dan bahayanya untuk kesehatan, khususnya kesehatan kulit, kan? Ya, serangan radikal bebas yang umumnya berasal dari paparan radiasi sinar ultraviolet (UV), sinar-X, polusi udara, hingga asap rokok, dan sebagainya ini bisa menyebabkan berbagai masalah serius.

Mulai dari kerusakan sel kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini, hingga munculnya penyakit berbahaya seperti kanker kulit dan yang lainnya. Nah, di sini niacinamide menjadi salah satu zat yang mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas tersebut.

Sehingga, tidak lupa memakai skincare sebelum melakukan aktivitas, khususnya aktivitas di luar ruangan, bisa melindungi kamu dari risiko penyakit-penyakit berbahaya akibat radikal bebas.

2. Basmi Noda Hitam di Kulit

Agung Sejahtera Bekas Jerawat 1170px x 780px

manfaat niacinamide untuk kulit wajah berikutnya adalah mampu menghilangkan noda-noda hitam yang terdapat pada kulit akibat bekas jerawat atau masalah lainnya. 

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan para ahli, rutin mengaplikasikan skincare yang memiliki lima persen kandungan zat ini dalam kurun waktu setidaknya satu bulan, dapat membasmi noda-noda hitam membandel di kulit. 

3. Atasi Masalah Jerawat

Gejala Alergi Kosmetik

Jika sebelumnya dijelaskan kalau kegunaan niacinamide untuk kulit wajah adalah untuk menghilangkan noda bekas jerawat, maka kegunaan zat tersebut tidak sebatas itu. Ternyata ia juga bisa menyelamatkan kulit wajah dari gangguan jerawat yang membandel. Bahkan ini menjadi salah satu manfaat yang cukup diunggulkan dalam berbagai produk skincare.

Sebuah studi memaparkan bahwa kemampuan zat tersebut dalam mengatasi permasalahan jerawat cukup ampuh. Ia tidak hanya mampu menghilangkan jerawat baru, tetapi juga jerawat kategori parah seperti jenis papula dan pustula.

Syarat untuk mendapat manfaat dari zat ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan produk skincare langsung pada jerawat secara rutin selama kurun waktu tertentu. Untuk hasil yang lebih sempurna, kamu bisa mengkombinasikan dengan skincare yang memiliki kandungan retinol.

4. Kurangi Tanda Penuaan

Agung Sejahtera Anti Aging 1170px x 780px

Salah satu hal yang membuat penampilan wajah tampak lebih tua adalah munculnya berbagai kerutan atau garis-garis halus. Jika hal ini terjadi pada wajahmu, jangan diabaikan dan menunggu hingga jumlah kerutan semakin banyak. Kamu perlu segera melakukan upaya untuk mengatasinya.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan produk-produk skincare yang mengandung niacinamide. Penggunaan skincare yang mengandung zat tersebut secara rutin bisa membuat kulit menjadi lebih lembab. Alhasil, kerutan dan garis halus pun dapat tersamarkan, dan kamu akan tampak semakin awet muda.

5. Kecilkan Pori-Pori

Agung Sejahtera Pori Pori 1170px x 780px

Masalah lain yang kerap terjadi pada wajah adalah lebarnya pori-pori. Hal ini jelas membuat penampilan seseorang menjadi tidak menarik. Oleh sebab itu, jika kamu punya wajah dengan pori-pori yang lebar, kamu harus segera melakukan upaya untuk mengecilkannya.

Produk skincare dengan kandungan niacinamide bisa menjadi salah satu solusinya. Kandungan tersebut bisa mengendalikan proses produksi minyak berlebih, sehingga secara bertahap dapat mengecilkan pori-pori. Upaya ini perlu dilakukan secara rutin demi mendapat hasil terbaik.

Tanda Kulit Tidak Cocok dengan Niacinamide

Agung Sejahtera Wajah Gatal 1170px x 780px
Tidak semua kulit bisa menerima manfaat Niacinamide loh!

Seperti halnya zat lain yang terkandung dalam berbagai produk skincare, meskipun memiliki manfaatnya masing-masing, tetapi tidak semua bisa diterima oleh kulit. Begitupun dengan zat niacinamide, tidak semua jenis kulit cocok dengan zat ini.

Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kondisi kulit yang sensitif, sehingga tidak bisa menerima keberadaan zat lain yang dianggap asing. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika sejak awal kita telah mengetahui kondisi kulit kita dengan cara melakukan pemeriksaan kepada dokter.

Dokter dapat memberikan rekomendasi terkait produk-produk apa saja yang bisa kita pakai dan hindari, menyesuaikan kondisi kulit. Namun, jika belum sempat melakukan pemeriksaan secara intensif, kamu bisa mengenali beberapa tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan zat niacinamide dalam produk skincare.

Kulit yang tidak cocok dengan zat tersebut umumnya akan menunjukkan berbagai gejala, seperti terasa terbakar, gatal-gatal, berwarna kemerahan, munculnya ruam, hingga kian parahnya masalah di wajah usai menggunakan produk skincare.

Jika hal seperti di atas terjadi pada kulit wajahmu usai kamu menggunakan produk skincare, kamu harus menghentikannya dan segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Efek Samping Niacinamide untuk Wajah

Terlepas dari kondisi kulit sensitif atau adanya alergi, ternyata zat ini juga bisa menimbulkan efek samping apabila digunakan dalam jumlah berlebihan. Menurut sebuah sumber, niacinamide dikatakan aman untuk kulit apabila kandungannya di dalam skincare hanya berkisar dua hingga lima persen.

Jika lebih dari itu, bahkan jika sampai menyentuh angka 10 persen, maka senyawa ini tak lagi aman dan bisa memberikan efek samping berupa iritasi atau masalah lain yang lebih parah. Selain itu, ada beberapa zat lain yang tidak cocok apabila dikombinasikan secara langsung dengan niacinamide

Apabila dipaksakan, efek samping penggunaan pun akan muncul. Misalnya, pemakaian bersama dengan skincare yang mengandung senyawa bersifat asam, seperti AHA dan BHA. Hal ini bisa menyebabkan kinerja AHA dan BHA dalam mengatasi berbagai masalah kulit menjadi tidak optimal.

Di samping itu, niacinamide juga tidak cocok dengan vitamin C. Penggabungan keduanya bisa membuat zat ini berubah menjadi niacin. Hal ini cukup berbahaya bagi kulit karena bisa menyebabkan kulit terasa perih hingga berwarna kemerahan.

Cara Menggunakan Niacinamide untuk Pemula

Urutan Pakai Skincare

Sebagai pemula, sebenarnya tidak ada aturan baku dalam cara penggunaan produk skincare. Namun, demi mendapat hasil terbaik dan menghindari masalah yang tidak diinginkan, kamu bisa mulai menggunakan produk dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Pertama, uji terlebih dahulu apakah kulitmu memiliki alergi atau tidak. Hal ini demi menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Cara paling mudah adalah dengan mengoleskan produk skincare di area lengan dan tunggu selama 24 jam. Jika tak ada reaksi negatif apapun, kemungkinan besar kulitmu tak memiliki alergi terhadap produk.

Setelah itu, gunakan skincare sesuai aturan yang dianjurkan pada kemasannya. Niacinamide juga tak memiliki aturan baku terkait waktu penggunaannya, ia bisa digunakan di pagi maupun malam hari, menyesuaikan jenis skincare.

Sebagai pemula, sangat disarankan bagi kamu untuk memakai produk skincare yang tidak perlu dibilas, seperti lotion, serum, atau pelembab, dan tidak mengkombinasikannya dengan produk lain. Kita tidak tahu apakah kandungan produk lain cocok dengan kandungan skincare utamamu atau tidak.

Jika sudah, tinggal tunggu perubahan kulit wajahmu menjadi semakin cerah dan berkilau. Lantas, berapa lama niacinamide bekerja? Jawabannya sangat relatif, bergantung pada permasalahan yang dialami. Namun, secara umum manfaat niacinamide untuk kulit wajah ini bisa diperoleh usai dua sampai tiga bulan setelah rutin menggunakannya.

You may also like

Leave a Comment