Home Seputar Kesehatan Guys, Yuk Kenali Suplemen Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

Guys, Yuk Kenali Suplemen Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

by coriate

Makanan sehat yang ada di sekitar kita memiliki nutrisi baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, ada kalanya Anda akan membutuhkan suplemen makanan untuk daya tahan tubuh guna melengkapi gizi yang dibutuhkan. Beberapa gizi yang dibutuhkan tersebut antara lain adalah vitamin, mineral, asam amino, asam lemak, dan serat.

Ada banyak manfaat suplemen makanan yang baik berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya. Baiknya lagi, macam-macam suplemen makanan untuk daya tahan tubuh ini tersedia banyak di pasaran dalam berbagai bentuk. Mulai dari tablet, bubuk, kapsul, hingga minuman. Manfaat suplemen makanan untuk daya tahan tubuh ini tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan, tapi juga terkadang dapat diberikan untuk mempercepat proses penyembuhan pada beberapa masalah kesehatan.

Jenis Suplemen Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

Ada beragam jenis suplemen makanan untuk daya tahan tubuh yang tersedia dan disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi. Zat nutrisi ini biasanya dibuat dengan konsentrasi dan dosis tinggi untuk memenuhi asupan nutrisi yang tidak didapatkan dari makanan dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa jenis suplemen makanan untuk daya tahan tubuh yang tersedia di pasaran:

1. Asam folat

Asam folat merupakan vitamin B9 yang tidak dapat secara alami diproduksi oleh tubuh manusia. Meski demikian, Anda sebenarnya bisa mendapatkannya dalam produk-produk yang sudah difortifikasi seperti roti, susu, dan sereal. Tapi, jumlahnya terkadang masih belum dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Manfaat suplemen makanan asam folat sangat baik untuk ibu hamil. Pasalnya zat ini dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kelainan pada janin.

2. Kalsium dan vitamin D

Kalsium dan vitamin D sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mencegahnya dari keropos. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 1000mg kalsium per hari. Namun, wanita di atas usia 50 tahun dan pria di atas usia 70 tahun membutuhkan lebih banyak asupan kalsium yaitu 1.200 mg per hari. Meski demikian, Anda tetap harus berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum suplemen kalsium dan vitamin D. Jadi Anda tahu berapa banyak kalsium yang dibutuhkan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Asam lemak omega 3

Manfaat suplemen makanan asam lemak omega 3 dari minyak ikan adalah menjaga kesehatan jantung. Untuk mendapatkan asupan ikan yang memadai, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan dua kali seminggu. 

Meski demikian, ada sebagian orang yang tidak menyukai ikan. Dalam hal ini, suplemen omega-3 yang banyak tersedia di pasaran bisa menjadi alternatif yang tepat. Meski demikian, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter agar konsumsi suplemen tidak menimbulkan efek samping atau gangguan kesehatan.

4. Multivitamin

Multivitamin dan mineral berfungsi meningkatkan kesehatan tubuh. Jika diminum sesuai dengan aturan makan suplemen ini tidak akan menimbulkan efek samping. Suplemen makanan untuk daya tahan tubuh seperti ini biasanya mengandung berbagai vitamin dan mineral penting seperti vitamin A, C, D, E, asam folat, zat besi, zat tembaga, lutein, dan zeaksantin.

Suplemen seperti ini sangat baik untuk menjaga agar mata dan otak tetap sehat. Anda juga tidak perlu khawatir saat mengonsumsi suplemen ini karena tidak adanya bahan yang tidak perlu seperti hormone ataupun obat-obatan.

5. Suplemen nonvitamin nonmineral (NVNM)

Jenis suplemen makanan untuk daya tahan tubuh yang terakhir adalah suplemen nonvitamin nonmineral. Suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk kapsul, kaplet, maupun cairan. Manfaat suplemen makanan NVNM yang menyehatkan ini umumnya bisa didapatkan dari minyak ikan, probiotik, glukosamin, suplemen bawang putih, ginseng, dan lain-lain. 

Merk Suplemen Makanan untuk Daya Tahan Tubuh (Suplemen Herbal)

Banyak Sekali jenis suplemen makanan untuk daya tahan tubuh yang beredar di online shop, akan tetapi hanya beberapa saja yang menghasilkan khasiat untuk kesehatan tubuh anda, berikut 10 merk suplemen herbal yang bisa anda jadikan referensi untuk di konsumsi:

1. Blackmores Bio C

Agungsejahteragroup Blackmores Bio C 1170 x 780

Suplemen herbal peningkat daya tahan tubuh yang tidak mengganggu lambung. Inilah kelebihan dari Blackmores Bio C. Diformulasikan dengan ekstrak vitamin C alami, acerola dan bioflavonoid. Berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari paparan virus, bakteri, atau microorganisme jahat lainnya.

Kandungan mineral askorbat yang ada di dalamnya memberi rasa aman dan nyaman pada lambung. Pastikan satu kapsul Blackmores Bio C setiap hari. Untuk dapatkan tubuh yang sehat dan kuat tanpa rasa nyeri pada lambung.

2. Sido Muncul Herbal Garlic

Agungsejahteragroup Suplemen untuk kesehatan Sido Muncul Herbal Garlic 1170 x 780

Tidak hanya mempu melezatkan makanan saja. Garlic atau bawang putih kaya akan kandungan senyawa organosulfur yang memiliki kemampuan melawan bakteri. Inilah alasan para ahli kesehatan Mesir telah menggunakan garlic sebagai obat sejak 1550 tahun sebelum masehi.

Khasiat bawang putih akan lebih terasa jika mengonsumsinya saat mentah. Sayangnya, tidak semua orang suka dengan bau dan rasanya. Jika Anda salah satunya, tidak perlu khawatir. Karena ada Sido Muncul Herbal Garlic. Satu kapsulnya mengandung kombinasi dari ekstrak bawang putih dengan bahan herbal lainnya.

3. Nature Health Echinatea Stimuno Forte

Agungsejahteragroup Suplemen makanan untuk kesehatan tubuh Nature Health Echinatea Stimuno Forte 1170 x 780

Sering mengalami anemia, lemah dan lesu? Tidak ada salahnya mencoba Nature Health Echinatea. Produk ini menggunakan 100% bahan alami tanpa tambahan pengawet, pewarna, atau pemanis buatan. Konsentrat bahan aktif yang ada di dalamnya berasal dari sistim standardrized extract.

Tidak hanya bisa Anda andalkan untuk meningkatkan hemoglobin saja. Nature Health Echinatea juga mengandung antibakteri dan anti kanker alami. Yang akan menjaga tubuh dari ancaman kanker. Cukup satu kapsul setiap hari untuk mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat.

4. Nutrimax Bee Propolis Plus Bee Pollen

Agungsejahteragroup Suplemen makanan untuk kesehatan tubuh Nutrimax Bee Propolis Plus Bee Pollen 1170 x 780

Apa yang membedakan Nutrimax propolis dengan produk propolis lainnya? Iya, benar sekali. Nutrimax propolis memiliki tambahan bee pollen yang tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh saja. Tapi juga akan membantu mempercepat penyembuhan dan regenerasi jaringan. Karena mengandung asam amino esensial.

Tak hanya itu saja. Nutrimax Bee propolis plus bee pollen juga menjaga sistim saraf serta pernafasan. Serta aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

5. Wellness Hawaian Noni Extract

Agungsejahteragroup Suplemen kesehatan atau suplemen herbal Wellness Hawaian Noni Extract 1170 x 780

Dibuat dari sari mengkudu berkualitas, wellness hawaian noni extract mampu menjadi andalan suplemen bagi Anda yang menderita berbagai penyakit. Seperti gangguan tidur, alergi, hipertensi, diabetes, serta menurunnya daya konsentrasi.

Bukan mengkudu biasa. Tapi mengkudu yang telah melewati masa fermentasi selama 3 hingga 6 bulan. Lalu kandungan alkoholnya telah terpisah. Untuk menghasilkan suplemen herbal yang kaya akan kandungan buah mengkudu.

6. Fruit 18

Agungsejahteragroup Produk suplemen untuk kesehatan tubuh Fruit 18 1170 x 780

Punya anak yang sulit makan? Sudah saatnya Anda memberikan suplemen fruit 18 ini. Karena selain mampu meningkatkan nafsu makan, suplemen ini juga mengandung berbagai sari buah berkualitas. Tidak hanya baik untuk menjadi konsumsi anak-anak saja. Suplemen ini juga baik untuk usia dewasa.

7. Holisticare Ester C

Agungsejahteragroup Suplemen makanan untuk kesahatan tubuh Holisticare Ester C 1170 x 780

Tidak hanya mengandung vitamin C yang tinggi. Holisticare Ester C juga mengandung kalsium. Cocok dikonsumsi bagi usia lansia dengan keluhan tulang keropos. Selain itu, kandungan metablit threonat yang akan membantu tubuh menyerap vitamin C.

8. Herbana Relief Sari Meniran

Agungsejahteragroup Herbana Relief Sari Meniran 1170 x 780

Dibuat dari ekstrak daun Meniran berkualitas. Herbana relief bisa menjadi suplemen herbal andalan bagi Anda yang ingin mengonsumsi daun Meniran dengan praktis. Komponen bioaktif di dalamnya telah lulus uji klinis untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

9. H2 Cordyceps Militaris

Agungsejahteragroup Cordyceps Militaris 1170 x 780

H2 Cordyceps Militaris diproduksi oleh perusahaan farmasi terkemuka, Kalbe. Yang dibuat dengan ekstrak cordyceps. Yaitu jamur yang tumbuh di dataran tinggi Tibet dan pegunungan Himalaya. Dipercaya oleh ahli pengobatan Tiongkok sebagai bahan herbal alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

10. K-Vit C Plus Teavigo

Agungsejahteragroup Suplemen makanan untuk kesehatan tubuh K Vit C Plus Teavigo 1170 x 780

Kombinasi vitamin C yang tinggi dan teh hijau di dalamnya membuat K-Vit C Plus Teavigo tidak hanya memberi perlindungan pada tubuh. Tapi juga mencegah tubuh dari penuaan dini. Cukup larutkan 1 tablet dengan 200 Mili air putih. Dengan konsumsi yang rutin minimal sekali sehari, bisa menghasilkan daya tahan tubuh yang lebih baik.

Manfaat Suplemen Makanan untuk Daya Tahan Tubuh

Memenuhi nutrisi bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Meski demikian, padatnya aktivitas dan kebutuhan vitamin dan mineral yang tinggi terkadang membuat kebutuhan nutrisi ini sulit dipenuhi. Salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah dengan mengonsumsi suplemen makanan untuk daya tahan tubuh.

Ada banyak sekali manfaat suplemen makanan yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi suplemen makanan untuk daya tahan tubuh.

1. Menjaga serta Meningkatkan Imunitas Tubuh

manfaat suplemen makanan memperkuat imun
Hindari Covid 19 dengan mengkonsumsi suplemen makanan

Vitamin dan mineral memiliki fungsi penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Jadi, Anda bisa mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk mendapatkan manfaat suplemen makanan untuk daya tahan tubuh ini. 

Vitamin C tidak hanya baik untuk menjaga kekebalan tubuh, tapi juga mampu bertindak sebagai antioksidan. Nah, antioksidan ini memiliki peran penting untuk melawan radikal bebas membantu proses pemulihan setelah sakit, dan membantu penyembuhan luka. 

2. Mengoptimalkan Proses Metabolisme Tubuh

manfaat suplemen makanan memperlancar metabolisme tubuh
Meningkatkan metabolisme tubuh

Vitamin B kompleks membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal. Proses metabolisme ini sangat penting untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak, membantu pertumbuhan jaringan baru, dan mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi.

Ketika seseorang kekurangan vitamin B kompleks, tubuh akan menjadi mudah lelah dan lemas. Tidak hanya itu saja, kulit menjadi kering, suasana hati yang mudah terganggu dan berat badan menjadi tidak stabil. Selain itu juga dapat membantu proses detoksifikasi tubuh. Oleh karena itu, pastikan asupan vitamin B kompleks harian Anda selalu terpenuhi, ya!

3. Mengurangi Kemungkinan Risiko Penyakit Jantung

penyakit jantung
Hindari penyakit berat dengan mengkonsumsi suplemen makanan

Suplemen makanan untuk daya tahan tubuh yang mengandung vitamin B dan C juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kedua vitamin ini mampu melindungi pembuluh darah dari efek buruk radikal bebas. Nah, radikal bebas adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan penyakit aterosklerosis

Vitamin C dan B juga mampu mencegah penyakit terkait masalah kardiovaskular. Penggumpalan darah juga akan berkurang sehingga jantung akan terjaga kesehatannya. Tidak hanya itu saja, nutrisi dari vitamin C juga mampu membantu proses penyembuhan dinding arteri dan mencegah lemak tertimbun dalam tubuh.

4. Mengurangi Rasa Lelah Berlebihan

kelelahan
vitamin dapet membantu menghilangkan rasa lelah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kekurangan vitamin B kompleks dapat menimbulkan rasa lelah berlebihan. Jadi, Anda harus memenuhi asupan vitamin ini dengan suplemen makanan untuk daya tahan tubuh agar bisa mengurangi rasa lelah tersebut. Hal ini karena vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme tubuh.

Vitamin B mampu mengubah karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi. Jadi, energi yang dihasilkan akan memenuhi kebutuhan harian sehingga Anda tidak akan lagi mudah merasa kelelahan. 

Selain itu, vitamin dan B kompleks juga mampu membantu menghilangkan capek dan pegal yang disebabkan oleh gangguan saraf. 

5. Mengoptimalkan Daya Ingat Otak

daya ingat otak
Jangan sampai daya ingat anda berkurang karena kurang suplemen makanan

Antioksidan merupakan zat penting bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah menjaga kesehatan dan daya ingat. Antioksidan ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung vitamin C dan B kompleks. 

Menurut penelitian, vitamin C secara alami mampu melindungi otak dari kerusakan dan hilangnya daya ingat. Vitamin ini juga mampu mencegah Alzheimer dan meningkatkan daya konsentrasi serta kemampuan kognitif.

Vitamin B kompleks berfungsi untuk merangsang pembentukan myelin yang melapisi dan melindungi serabut saraf otak dan sumsum tulang belakang. Selain itu, myelin juga mampu membantu meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko terjadinya penurunan mental.

Nah, dengan berbagai manfaat suplemen makanan untuk daya tahan tubuh di atas, sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk melengkapi asupan nutrisi dengan suplemen. Pasalnya, kebutuhan nutrisi yang tidak mampu dipenuhi dengan makanan sehari-hari akan dapat dipenuhi oleh suplemen ini. Jadi, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar.

You may also like

Leave a Comment