Home Seputar Teknologi Gamau Rugi? 8 Kesalahan Bisnis MLM, Plis Jangan Dilakuin ya!

Gamau Rugi? 8 Kesalahan Bisnis MLM, Plis Jangan Dilakuin ya!

by coriate

MLM atau Multi Level Marketing adalah salah satu metode pemasaran yang populer di dunia bisnis. Oleh karenanya, tidak heran jika banyak yang mencari informasi seputar strategi marketing tersebut, mulai dari bagaimana cara memilih bisnis MLM yang baik, ciri ciri bisnis MLM yang tidak baik, hingga jenis – jenis MLM. Namun sebelum membahas poin-poin tersebut, yuk simak ulasan tentang apa saja kesalahan bisnis MLM yang perlu dihindari. 

Baca juga: Awas Bodong! Ini 6 Ciri Ciri Bisnis MLM yang Tidak Baik, Jauhin!

1. Bohong dan Berlebihan dengan Income Bisnis MLM! 

illustrasi orang sedang menghitung uang

Salah satu kesalahan bisnis MLM yang utama adalah berbohong atau berusaha membesar-besarkan potensi income yang bisa diperoleh dari bisnis MLM. Meski pada kenyataannya, bisnis MLM telah melahirkan banyak jutawan. Akan tetapi, mayoritas menjalankan bisnis tersebut tidak secara full time atau hanya sebagai usaha sampingan. 

Ada banyak kasus soal distributor yang minggat dari bisnis MLM karena merasa ditipu dengan iming-iming penghasilan besar. Maka dari itu, ekspektasi income dari bisnis MLM sebaiknya dibuat serealistis mungkin. 

Baca juga: Disimak Yuk! Kelebihan dan Kekurangan Multi Level Marketing

2. Cuman Mengandalkan Sistem, Berharap Cuan Banyak! 

Website 1170 x 780

Kesalahan bisnis MLM selanjutnya yang harus Anda hindari adalah terlalu bergantung pada sistem kompensasi. Faktanya, tak ada satu pun perusahaan MLM yang sukses dengan mengandalkan sistem kompensasi semata. Namun tentunya, memiliki sistem kompensasi dengan pilihan insentif yang menarik itu juga diperlukan. Hanya saja, pada kebanyakan kasus, sistem kompensasi yang tampak begitu ‘menggoda’ biasanya dipakai untuk menutupi produk dengan kualitas yang tidak bagus. Jadi, daripada hanya bergantung pada keajaiban suatu sistem, pelaku MLM lebih disarankan untuk fokus pada manajemen yang kuat, produk berkualitas, dan visi bersama yang solid. 

3. Kebanyakan Fomo dan Ikut Tren yang Ada! 

illustrasi tren bisnis

Kebanyakan orang mudah kepincut dengan produk yang sedang tren. Akan tetapi, hal itu biasanya hanya berlangsung sesaat. Oleh karenanya, bisnis MLM sebaiknya lebih mengutamakan produk-produk yang benar-benar dibutuhkan konsumen dan pasar. Dengan demikian, keberlangsungan bisnis MLM Anda akan menjadi lebih lama. 

4. Sering Abaikan Reputasi Perusahaan 

Rating 1170 x 780

Salah satu alasan mengapa bisnis MLM gagal adalah karena mengabaikan reputasi perusahaan. Jangan asal pilih karena tawaran insentif yang menggoda, tetapi cek dahulu bagaimana reputasi bisnis MLM yang hendak dipilih. Bila ingin mendapat peluang kesuksesan yang lebih besar, tentunya Anda perlu memilih MLM dengan track record yang sudah teruji. Perhitungkan juga umur perusahaan. Sebaiknya pilih yang sudah beroperasi setidaknya satu tahun dan terbukti memiliki manajemen yang berkualitas tinggi. 

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Pentingnya Mengurus SIUPL Usaha

5. Paling Banyak! Ga Konsisten Pas Jalanin Bisnis 

illustrasti orang sedang gagal

Kesalahan bisnis MLM lainnya yang tidak boleh Anda lakukan adalah inkonsistensi. Ini tentunya menjadi tantangan terbesar bagi para pelaku MLM. Sebagai contoh, ketika menghadiri sebuah event MLM besar, Anda mungkin menjadi lebih bersemangat untuk menjalankan bisnis. Namun, apa yang terjadi beberapa bulan ke depan? Apakah Anda masih memiliki semangat yang sama? Oleh karena itu, sangat penting untuk menjalankan bisnis MLM secara konsisten agar mempunyai peluang kesuksesan yang besar.

Baca juga: 7 Beda MLM dan Money game, Kenali Biar Gak Salah Paham!

6. Boros! Kurang Baik dalam Mengelola Uang!

Kartu Kredit 1170 x 780

Tidak memiliki kontrol yang baik terhadap keuangan menjadi salah satu kesalahan yang perlu Anda hindari ketika menjalankan bisnis MLM. Semua uang yang diperoleh dari bisnis ini tentunya tidak akan langsung membuat Anda kaya raya. Karena itu, jangan membelanjakan uang yang didapat dari bisnis MLM secara berlebihan atau bahkan melebihi jumlah yang Anda terima. Belajarlah untuk mengelola uang Anda secara bijak untuk memastikan bisnis tetap berjalan lancar. 

7. Tidak Menggunakan Sosial Media Untuk Promosi! 

Media Sosial 1170 x 780

Salah satu penghambat bisnis MLM tidak laku adalah kurangnya promosi di sosial media. Padahal, konsumen justru lebih gampang menerima pesan dari suatu produk atau brand saat itu dipromosikan di sosial media. Alasannya karena platform sosial media memberikan kesempatan kepada suatu merek untuk memasarkan produknya dari sisi yang berbeda. Tidak cuma itu, sosial media juga memungkinkan terjadinya banyak interaksi dengan calon konsumen. 

8. Gagal Menjadi Leader Maunya Jadi Bos!

Leader 1170 x 780

Jika ingin bisnis MLM Anda sukses, jadilah seorang leader—bukan bos. Seperti jenis bisnis lainnya, kepemimpinan tetap menjadi kunci dalam keberhasilan suatu usaha. Ini juga menjadi landasan untuk membangun tim yang solid. 

Jadi, bila Anda ingin memiliki bisnis MLM yang bertahan lama dan besar, jangan cuma mau jadi bos saja. Akan tetapi, jadilah seorang leader yang mampu membangun kerja sama tim yang baik. Dengan begitu, Anda pun bisa mengatasi segala rintangan yang menghambat perkembangan bisnis. 

Baca juga: Disimak Yuk! Kelebihan dan Kekurangan Multi Level Marketing

Itulah ulasan seputar kesalahan bisnis MLM yang perlu dihindari. Dengan menghindari beberapa kesalahan tersebut, Anda tentunya akan lebih mudah meraih kesuksesan yang didambakan. Pun, untuk lebih memudahkan jalan Anda meraih kesuksesan yang diimpikan, cari tahu juga apa manfaat media sosial untuk bisnis MLM, bagaimana cara melaporkan bisnis MLM yang bodong, dan apa saja strategi digital marketing bisnis MLM yang efektif. 

You may also like

Leave a Comment