Home Seputar Kecantikan Ga Banyak yang Tau! Nih, 3 Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah!

Ga Banyak yang Tau! Nih, 3 Manfaat Retinol Untuk Kulit Wajah!

by coriate

Kalau kamu rajin membaca komposisi dari berbagai jenis produk skincare yang kamu gunakan, kamu pasti akan sering menemukan zat bernama retinol sebagai salah satu kandungannya. Ya, manfaat retinol untuk kulit wajah sangatlah banyak, sehingga sering menjadi salah satu bahan pembuatan produk kecantikan atau perawatan tubuh.

Salah satu kegunaan retinol adalah mampu membuat seseorang yang memakainya tampak lebih awet muda, meskipun usia sudah semakin bertambah. Hal tersebut tak lepas dari kinerja zat ini yang baik dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus yang kerap muncul di kulit wajah.

Nah, untuk mengetahui uraian lebih lanjut terkait manfaat retinol untuk kulit wajah sekaligus efek samping dan aturan pakainya, silahkan simak ulasan berikut ini hingga selesai. Ada berbagai informasi penting terkait senyawa ini yang akan dijelaskan secara detail.

Apa Itu Retinol?

Agung Sejahtera skincare 1170px x 780px

Banyak dari kita yang mungkin belum begitu tahu tentang retinol meskipun sudah sering menggunakannya. Padahal, zat inilah yang memiliki peran besar dalam membantu menyelesaikan permasalahan kulit ketika kamu berupaya rutin menggunakan produk-produk skincare.

Baca juga: Sssttt… 11 Produk Skin Care Ini Paling Banyak Dicari Lho!

Retinol adalah salah satu primadona dalam pembuatan produk skincare. Hampir segala jenis skincare yang memiliki manfaat untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, memiliki kandungan zat ini.

Menurut sebuah artikel yang ditayangkan situs Harvard Medical School, retinol atau yang kadang juga disebut sebagai retinoid merupakan suatu zat yang yang berasal dari vitamin A. Dalam sejarah, penggunaan retinol untuk wajah marak dilakukan sebagai obat untuk mengatasi permasalahan jerawat yang muncul, tetapi seiring berjalannya waktu para ahli kemudian berhasil mengungkap kegunaan lain dari zat ini, yaitu sebagai anti-aging untuk memperlambat proses penuaan.

Dari sanalah akhirnya retinoid ini terkenal sebagai zat yang mampu menjaga kulit agar senantiasa tampak awet muda, sehingga menjadi salah satu bahan unggulan dalam berbagai jenis produk kecantikan dan perawatan tubuh.

Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Selain berguna sebagai anti-aging, retinoid juga memiliki segudang manfaat lainnya. Hal itu kemudian membuat zat ini menjadi salah satu zat yang paling banyak dicari oleh orang-orang yang sedang melakukan perawatan wajah. Berikut ini adalah beberapa manfaat retinol untuk kulit wajah.

1. Sebagai Obat Pembasmi Jerawat

Manfaat retinol untuk kulit wajah adalah untuk membasmi jerawat
Manfaat retinol untuk kulit wajah adalah untuk membasmi jerawat

Sebagaimana manfaat awalnya, hingga saat ini zat retinoid juga masih memiliki kemampuan yang baik dalam mengatasi jerawat. Menggunakan produk yang mengandung zat tersebut secara rutin masih dipercaya mampu membasmi berbagai masalah jerawat yang mengganggu penampilan wajah indahmu.

Selain mengobati, penggunaan retinoid juga diyakini dapat melindungi kulit wajah dari lahirnya kembali jerawat dengan cara mengurangi produksi minyak yang berlebih pada wajah. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu tetap rutin menggunakan produk kecantikan yang mengandung zat retinoid sekalipun permasalahan jerawat sudah berhasil diatasi.

2. Mengatasi Masalah Bintil-Bintil Kecil di Wajah

Manfaat retinol untuk kulit wajah adalah untuk menghilangkan flek

Buat kamu yang kerap mengalami masalah dengan munculnya bintil-bintil kecil di wajah, memilih produk skincare yang mengandung retinoid adalah keputusan yang tepat. Hal ini karena zat retinoid juga memiliki kemampuan untuk membasmi bintil-bintil kecil di wajah atau yang biasa disebut dengan istilah milia itu.

Milia umumnya muncul pada wajah di bagian sekitar dahi, hidung, juga kelopak mata. Bintil-bintil seperti ini bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. 

Terkadang, ia tidak disertai gejala apa pun. Namun, tak jarang permasalahan ini juga diiringi gejala gatal-gatal. Rutin menggunakan produk yang mengandung retinol bisa mengempeskan milia dan membuat kulit kembali mulus. 

3. Solusi Masalah Kulit Bersisik Akibat Peradangan

Agung Sejahtera Kulit Bersisik pada Wajah 1170px x 780px

Siapa yang pernah mengalami masalah kulit bersisik? Kulit kamu, terutama di bagian sekitar wajah, terasa kering, mengalami penebalan, kemudian tampak bersisik dan akhirnya mudah mengelupas. Masalah seperti ini umum disebut sebagai gejala psoriasis. Rasanya tentu tidak nyaman dan membuat penampilan menjadi tidak enak dipandang.

Nah, dengan zat retinoid, kamu bisa mengatasi masalah psoriasis ini. Kamu bisa memanfaatkan kandungan zat tersebut yang terdapat dalam produk skincare maupun menggunakannya secara langsung dalam wujud gel atau krim retinoid, sesuai dengan anjuran dokter. 

Jika dilakukan secara rutin selama beberapa hari, dijamin masalah kulitmu akan bisa segera tertangani dengan baik. 

Efek Samping Menggunakan Retinol untuk Kulit Wajah

Sekalipun memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit wajah, ternyata penggunaan retinoid yang tidak tepat juga bisa menimbulkan berbagai efek samping, lho. Sehingga, hal ini perlu menjadi perhatian khusus, agar kamu tidak mengalami permasalahan akibat zat ini. 

Beberapa masalah yang kerap ditimbulkan akibat penggunaan retinoid yang tidak sesuai aturan antara lain adalah:

  • Terjadi perubahan warna kulit menjadi kemerah-merahan akibat iritasi.
  • Terjadi pembengkakan pada bagian-bagian tertentu di kulit.
  • Terjadi pengelupasan pada kulit.
  • Kulit menjadi kering.
  • Kulit melepuh.
  • Kulit mengeras dan terasa kasar.
  • Muncul rasa gatal.

Berbagai efek samping ini timbul selain akibat penggunaan retinol yang tidak sesuai aturan, juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit yang memang sensitif dan tidak cocok dengan zat retinoid. Oleh sebab itu, diperlukan upaya-upaya khusus untuk mengatasinya, terutama jika kamu masih ingin menggunakan produk yang mengandung retinoid demi mendapatkan berbagai manfaatnya.

Cobalah untuk menggunakan produk skincare yang mengandung retinoid sedikit demi sedikit selama beberapa hari sekali. Jika efek samping mulai berkurang, kamu bisa menambah jumlah penggunaan skincare sekaligus durasi penggunaannya menjadi semakin sering. 

Namun, jika langkah-langkah ini tidak memberikan hasil yang positif, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter demi mendapat penanganan lebih lanjut.

Aturan Cara Pakai Retinol untuk Pemula

Urutan Pakai Skincare

Jika tidak ada masalah dengan kulit seperti alergi dan sebagainya, penggunaan zat retinoid secara tepat tentunya tidak akan menimbulkan efek samping apa pun. Untuk itu, kamu perlu tahu seperti apa aturan pakai retinoid yang tepat. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan produk yang mengandung retinoid, khususnya bagi kamu yang masih pemula.

Pertama, kamu harus menggunakan zat retinoid dalam jumlah yang cukup, artinya tidak terlalu sedikit ataupun terlalu banyak. Upaya ini bisa dilakukan dengan mengatur durasi penggunaan retinoid secara tepat, jangan terlalu sering menggunakannya supaya jumlah zat yang teraplikasi di kulit tidak berlebihan.

Kedua, lebih disarankan bagi kamu untuk mengaplikasikan zat retinoid pada bagian kulit yang kering, karena hal ini akan membuat kulitmu menjadi lembab. Sementara jika kamu mengaplikasikannya pada kulit yang sudah lembap, yang terjadi justru hal sebaliknya. Kulitmu akan menjadi cepat kering dan hal tersebut bisa mengakibatkan iritasi.

Ketiga, gunakan di malam hari untuk mendapat hasil penggunaan yang lebih optimal. Hal ini berkaitan dengan sifat zat retinoid yang mudah rusak apabila terkena sinar matahari secara langsung. Sehingga, jika dipakai di pagi hari, kemungkinan manfaatnya tidak akan diperoleh secara maksimal karena kandungannya telah rusak. Kecuali jika kamu mengkombinasikan penggunaannya dengan sunscreen.

Keempat, jangan menggunakan retinol secara bersamaan dengan beberapa zat tertentu. Misalnya, zat-zat yang banyak terkandung dalam produk eksfoliasi seperti AHA dan BHA. Kombinasi antara retinoid dengan kedua zat tersebut bisa menyebabkan kulit iritasi, kering, bahkan mengelupas.

Kelima, jangan digunakan selama masa kehamilan. Hal ini demi menghindari risiko terjadinya masalah pada janin, karena menurut beberapa sumber, penggunaan zat retinoid dalam dosis yang besar bisa menyebabkan terjadinya cacat lahir pada bayi.

Umur Berapa Sebaiknya Kita Mulai Menggunakan Retinol?

Agung Sejahtera Kulit Orang Dewasa 1170px x 780px
Manfaat retinol untuk kulit wajah akan lebih terasa untuk wanita dewasa

Sebagai produk yang bermanfaat sebagai anti-aging, sebaiknya zat retinoid ini mulai rutin dipakai sejak seseorang berusia berapa supaya bisa mendapatkan hasil yang paling optimal? Apakah mulai saat seseorang menginjak usia 30 tahun di mana masalah penuaan mulai sering muncul, atau sejak seseorang masih muda di mana masalah penuaan belum dialami?

Menurut rekomendasi dari blog produk skincare terkemuka, penggunaan retinoid sebaiknya mulai dirutinkan ketika seseorang mulai menginjak usia 25 sampai 30 tahun. Di usia-usia tersebut, umumnya seseorang mulai mengalami perlambatan produksi elastin dan kolagen. 

Hal inilah yang akan memicu munculnya berbagai tanda penuaan. Maka, penggunaan zat retinoid mampu menunda kemunculan tanda penuaan tersebut secara lebih efektif.

Lalu, kenapa retinoid tidak terlalu disarankan untuk orang-orang di bawah usia 25 tahun? Ternyata alasannya adalah masalah metabolisme kulit. Retinoid merupakan zat yang mampu memulai metabolisme. 

Sementara pada orang-orang yang belum berusia 25 tahun, umumnya kondisi kulit sedang aktif-aktifnya secara metabolis. Sehingga manfaat retinol untuk kulit wajah tidak akan maksimal dan bisa menyebabkan rangsangan yang berlebihan hingga akibatnya menyebabkan peradangan atau iritasi.

You may also like

Leave a Comment