Home Seputar Kesehatan Coba Cek, Mungkin Ini Penyebab Penyakit Kulit Kepala Anda!

Coba Cek, Mungkin Ini Penyebab Penyakit Kulit Kepala Anda!

by coriate

Kebanyakan orang mengaitkan masalah kulit kepala dengan ketombe atau kebiasaan buruk malas keramas. Faktanya ada beberapa jenis penyakit kulit kepala yang masing-masing memiliki ciri, penyebab, dan cara pengobatan yang berbeda.

Bila Anda kerap mengeluhkan masalah di kulit kepala seperti gatal, panas, hingga kondisi kulit kepala bersisik ataupun berjamur, Anda perlu mengetahui apa yang sebenarnya sedang Anda alami agar bisa menemukan penanganan yang benar. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya. Simak sampai tuntas, ya.

Apa Penyebab Penyakit Kulit Kepala?

Ilustrasi gambar seorang perempuan sedang mengalami gangguan penyakit di kulit kepalanya

Anda mungkin telah melakukan berbagai upaya untuk mengusir rasa tak nyaman di kulit kepala, tetapi tidak kunjung berhasil. Ini berarti Anda melakukan pengobatan yang tidak sesuai. Pahami dahulu penyebabnya untuk bisa mengobati dengan benar. Nah, berikut adalah beberapa faktor penyebab penyakit kulit kepala:

1. Faktor Genetik

Orangtua tidak hanya mewariskan ciri fisik ke anak-anak. Beberapa penyakit sangat mungkin turut diwariskan melalui genetik, termasuk kondisi kulit kepala. Dalam medis, kondisi ini terjadi karena perubahan komponen dan sifat dalam gen yang mengakibatkan mutasi DNA baru.

Jadi, bila Anda mengalami keluhan di kulit kepala dan tidak kunjung sembuh meski telah diobati, tanyakan riwayat keluhan yang sama pada anggota keluarga Anda.

2. Gangguan Sistem Imun Tubuh

Gangguan sistem pada imun tubuh secara medis dikenal dengan istilah autoimun. Idealnya, sistem imun bertugas memerangi bakteri dan infeksi virus dalam tubuh. Namun, seseorang dengan autoimun menganggap sel tubuh sebagai benda asing dan justru berbalik menyerang tubuhnya sendiri. 

Kulit adalah salah satu bagian tubuh yang sering diserang autoimun. Gejala autoimun kulit sering ditemukan pada kuku, rambut, kulit kepala, dan permukaan kulit dengan gejala umum bercak putih atau kemerahan.

Autoimun bisa terjadi karena dua hal, yakni warisan genetik dan akibat lingkungan seperti paparan sinar UV, rokok, gaya hidup, dan lain-lain.

3. Stress

Stress berkepanjangan bisa jadi sumber gangguan kesehatan, tak terkecuali penyakit kulit kepala. Terlalu sering stres menyebabkan perubahan suasana hati yang dramatis, bisa membuat fisik lelah, serta sulit membangun keseimbangan kembali. Akibatnya, kekebalan tubuh jadi terabaikan dan membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit.

4. Konsumsi Obat-Obatan Tertentu

Selalu ada risiko yang mengikuti saat Anda harus mengonsumsi obat, terutama bila untuk jangka panjang. Hal ini karena beberapa jenis obat seperti antiradang, antikolinergik, antidepresan, antipsikotik, dan obat tidur akan menimbulkan efek samping bila dikonsumsi secara terus-menerus.

Risiko yang mungkin muncul antara lain tangan gemetar, detak jantung tidak teratur, mudah lelah, tidak nafsu makan, hingga membuat beberapa bagian tubuh terutama kulit menjadi super sensitif.

5. Sedang Menderita Penyakit Berat

Rasa sakit berlebihan pada kulit kepala bisa jadi disebabkan oleh kondisi penyakit tertentu yang menyertai. Salah satu contohnya adalah gangguan saraf yang terjadi selama dan pasca infeksi penyakit cacar ular (herpes zoster), sehingga membuat kulit kepala terasa nyeri dan panas saat disentuh.

Selain itu, penyakit Hepatitis B dan C juga bisa menimbulkan gejala seperti nyeri sendi dan otot, mudah memar, hingga gatal-gatal di kulit.

Penyakit Kulit Kepala Paling Umum di Indonesia

Selain penyebab di atas, faktor lain yang juga dapat membuat kulit kepala gatal dan iritasi adalah kondisi lingkungan. Iklim tropis di Indonesia, misalnya, kelembaban dan intensitas sinar matahari yang tinggi membuat kulit orang Indonesia gampang kusam, kering, dan rentan terhadap masalah kulit. Ini dia 6 masalah kulit kepala yang umum menyerang:

1. Ketombe

Ilustrasi gambar seseorang yang mengalami penyakit ketombe di kulit kepalanya
Gambar Penyakit Kepala Ketombe

Ketombe yang memiliki ciri utama serpihan berwarna putih ini merupakan sel kulit mati yang mengelupas dan menumpuk. Jamur yang tumbuh subur dan tak terkendali di kulit kepala adalah penyebabnya. Tidak menular dan berbahaya, tetapi ketombe bisa membuat kulit kepala sangat gatal. Bila berlebihan, ketombe bisa terlihat menempel pada rambut dan mengganggu penampilan.

Mencuci rambut menggunakan sampo antiketombe dengan kandungan zinc, selenium sulfide, asam salisilat, ketoconazole, dan tar batubara biasanya ampuh mengusir ketombe.

2. Kurap (Tinea Capitis)

Agungsejahteragroup Gambar Penyakit Kulit Kurap Tinea Capitis 1170 x 780
Gambar Penyakit Kulit Kepala Kurap (Tinea Capitis), Sumber Gambar: Blueberrytherapeutics.com

Jenis penyakit di kulit kepala ini disebabkan oleh jamur. Gejala yang sering muncul adalah bercak bulat kemerahan yang disertai kondisi bersisik. Tidak hanya menyebabkan rasa gatal tak tertahankan, kurap juga bisa membuat rambut rontok.

Waspadai penyakit kulit kepala yang satu ini karena bisa menular melalui penggunaan sisir, topi, atau pakaian. Cara mengatasinya adalah dengan berkonsultasi pada dokter spesialis kulit untuk mendapat resep obat yang tepat.

3. Folikulitis

Agungsejahteragroup Gampar Penyakit Kulit Kepala Folikulitis 1170 x 780
Gambar Penyakit Kulit Kepala Folikulitis

Tidak hanya pada kulit kepala, folikulitis bisa terjadi di seluruh bagian tubuh yang memiliki rambut. Penyebabnya adalah infeksi jamur atau parasit yang meradang. Pada kasus yang lebih ringan, folikulitis terjadi akibat iritasi kulit saat mencukur rambut.

Gejalanya menyerupai jerawat kecil dengan mata atau nanah dan disertai rasa panas, gatal, dan nyeri. Memberi kompres hangat bisa membantu meredakan gejalanya. Bila ada luka terluka, Anda bisa mengoleskan salep antibiotik.

4. Lichen Planus

Ilustrasi gambar seseorang yang mengalami penyakit Lichen Planus di bagian kulit kepala
Gambar penyakit Kepala Lichen Planus

Ini adalah keluhan kulit kepala yang gatal dan meradang, sering disertai bercak kemerahan dan keunguan. Meski penyebab pastinya belum diketahui dan bisa sembuh dengan sendirinya, stres, gangguan imun tubuh, faktor genetik, penggunaan obat-obatan, dan kondisi penyakit tertentu disebut sebagai sumber penyakit ini.

5. Psoriasis

Agungsejahteragroup Gambar Penyakit Kulit Psoriasis 1170 x 780
Gambar Penyakit Kulit Kepala Psoriasis (Sumber Gambar: Healthline.com)

Penyakit kulit kepala ini termasuk kronis dan terjadi karena gangguan sistem imun. Gejalanya adalah kulit berkerak, bersisik, dan terasa sakit dan gatal. Salep steroid atau sampo dengan asam salisilat bisa diandalkan untuk mengatasi psoriasis.

6. Dermatitis Atopik

Agungsejahteragroup Gambar Penyakit Kulit Dermatitis Atopik 1170 x 780
Gambar Penyakit Kulit Kepala Dermatitis Atopik (Sumber Gambar: Healthline.com)

Gejala dermatitis atopik adalah kulit kepala bersisik dan kemerahan, disertai rasa gatal dan sensasi seperti terbakar. Sebaiknya tidak menggaruk kulit kepala karena dapat menimbulkan infeksi. Cara terbaik mengatasinya adalah dengan menggunakan obat yang diresepkan oleh dokter. 

Mencegah Penyakit Kulit Kepala 

Jangan tunggu sampai masalah kulit kepala datang menghampiri. Anda perlu melakukan upaya pencegahan agar kulit kepala senantiasa bebas kuman, bakteri, parasit, dan infeksi. Berikut caranya:

1. Rutin Membersihkan Rambut dan Kulit Kepala

Rutinlah mencuci rambut menggunakan sampo, terutama bila Anda baru saja beraktivitas di luar ruangan yang menyebabkan kulit kepala berkeringat dan lembab.

2. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Tangan

Bila kulit kepala terasa gatal, jangan tergoda untuk langsung menggaruknya. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun untuk mencegah jamur tumbuh di kulit kepala.

3. Hindari Berbagi Benda Pribadi

Jangan bergantian memakai sikat gigi, baju, sisir, dan handuk, karena ini adalah beberapa barang pribadi yang bisa jadi media penularan penyakit di kulit kepala, terutama kurap. 

4. Hindari Kontak dengan Hewan Terinfeksi

Infeksi jamur dan kurap bisa menyerang hewan peliharaan dan menyebabkan kebotakan pada bulunya. Bila ini terjadi, periksakan hewan peliharaan ke dokter hewan dan batasi interaksi.

Itulah penyebab dan jenis-jenis penyakit kulit kepala yang sering terjadi. Terlihat sepele, tetapi kebersihan kulit kepala itu sangat penting. Bila tak ingin diganggu dengan masalah kulit kepala, solusinya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dan mencuci rambut dengan rutin menggunakan sampo.

Bagi pencinta dunia kecantikan dan ingin memulai bisnis, Anda bisa membuat produk perawatan rambut dengan brand Anda sendiri, loh! Agung Sejahtera Group adalah perusahaan jasa maklon bersertifikat yang salah satu pelayanannya adalah jasa maklon kosmetik dan skin care. Ayo mulai mewujudkan goal bisnis Anda!

You may also like

Leave a Comment