Home Seputar Kesehatan Cara Meningkatkan Fungsi Otak dengan 10 Kebiasaan Simple Ini

Cara Meningkatkan Fungsi Otak dengan 10 Kebiasaan Simple Ini

by coriate

Tak sedikit orang mencari cara meningkatkan fungsi otak. Pasalnya, penurunan fungsi otak dapat memengaruhi daya ingat dan konsentrasi. Meskipun sebagian besar kasus penurunan fungsi otak dialami oleh lanjut usia, orang dewasa muda juga dapat mengalami masalah ini akibat gaya hidup kurang sehat. Apabila dibiarkan, bukan mustahil Anda akan mengalami kepikunan di usia produktif. Tentunya, hal ini cukup mengganggu aktivitas harian. Untuk mencegahnya, Anda bisa menerapkan kebiasaan sederhana berikut ini.

Rajin Membaca Buku

cara meningkatkan fungsi otak membaca buku
Membaca Buku

Membaca buku secara rutin memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas otak dan salah satu cara meningkatkan fungsi otak. Ketika membaca, otak akan mengingat setiap karakter huruf, alur cerita, latar belakang, dan sejarah yang tertuang di dalam buku. Dibandingkan mendengarkan radio atau menonton televisi, kegiatan membaca buku lebih efektif memaksimalkan fungsi otak. 

Orang yang gemar membaca buku akan lebih mudah berkonsentrasi, fokus, mampu menganalisis, dan berpikir kritis. Kegiatan ini juga dapat mencegah otak agar tidak tumpul di usia muda. Sangat disarankan untuk membaca beragam jenis buku supaya otak mampu mengenal banyak jenis bahasa maupun perspektif.

Berolahraga dengan Rutin 

cara menjaga sistem kekebalan tubuh
Olahraga Rutin

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus cara meningkatkan fungsi otak. Cukup dengan meluangkan waktu sekitar 10 hingga 30 menit setiap hari, Anda bisa menjaga kesehatan fungsi otak. Kegiatan ini tak hanya membuat tubuh berkeringat sehat, melainkan juga mendorong peningkatan kadar protein yang berfungsi memperkuat, menstimulasi pertumbuhan, serta menjaga sel saraf di otak.

Ketika berolahraga, bagian otak yang berperan menyimpan ingatan (hipokampus) akan memberi respon kuat. Dampaknya, Anda lebih mudah berkonsentrasi dan fokus terhadap hal yang ingin dicapai. Olahraga juga efektif meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi resistensi insulin, mendorong pelepasan biokimiawi, serta menstimulasi pembentukan sel neuron baru. Alhasil, Anda akan terhindar dari risiko kepikunan maupun demensia. 

Tidur Yang Cukup 

tidur cukup
Tidur yang Cukup

Cara lain yang dapat Anda terapkan untuk menjaga sekaligus meningkatkan fungsi otak adalah tidur cukup. Otak memiliki fungsi konsolidasi, yakni menyusun kembali seluruh informasi dari hal yang telah terjadi ketika Anda terjaga. Melalui fungsi ini, otak akan lebih terasah. Berbekal tidur cukup selama 7 hingga 9 jam setiap hari, daya ingat dan kreativitas akan terasah dengan baik. Tidur cukup juga mencegah Anda dari stres yang menyebabkan kesehatan menurun serta berdampak pada hilangnya konsentrasi dan fokus. 

Konsumsi Makanan Sehat 

contoh makanan sehat
Makanan Sehat

Cara meningkatkan fungsi otak selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin, meliputi gandum, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah-buahan, daging sapi atau ayam, dan ikan. Makanan tersebut kaya akan vitamin B kompleks yang dapat menjaga kesehatan sistem saraf serta vitamin C yang mendorong peningkatan kemampuan kognitif dan daya ingat. 

Tak hanya itu saja, makanan tersebut juga mengandung vitamin E yang akan menjaga daya ingat, mengurangi risiko penyakit Parkinson dan Alzheimer, dan memelihara kesehatan otak. Untuk memaksimalkan kandungan vitamin di dalam makanan, Anda bisa mengonsumsi produk herbal IGG Colostrum – Brain Development yang sangat baik untuk memperkuat fungsi otak. Selain itu, pastikan untuk menghindari konsumsi alkohol dan menerapkan gaya hidup sehat. 

Berpikir Positif 

berpikir positif
Berpikir Positif

Mengingat otak bekerja dengan cara merespon serta mengkoordinasi pemikiran, berpikir positif efektif menjaga keseimbangan otak. Selain berdampak baik pada peningkatan sistem imun, berpikir positif juga menghindarkan Anda dari stres yang memicu penurunan fungsi otak.

Lakukan Senam Otak 

Lakukan latihan senam otak secara rutin untuk memperkuat daya ingat, konsentrasi, dan fokus. Senam otak bisa dilakukan dengan bermain puzzle, mengisi teka-teki silang, bermain catur, bermain alat musik, atau menghafal gambar. Melalui kegiatan menyenangkan tersebut, Anda telah menjaga fungsi otak dan mencegah kepikunan di usia dini. 

Aktif Bersosialisasi 

bersosialisasi
Bersosialisasi

Menjalin komunikasi dengan keluarga, kerabat, sahabat, teman, atau rekan kerja dipercaya mampu menjaga ketajaman daya ingat. Ketika berkumpul dan melakukan sosialisasi, Anda akan terbebas dari rasa tertekan. Pikiran yang tenang membuat Anda lebih mudah menerima, menyimpan, dan mengingat informasi. 

Menjaga Kebutuhan Nutrisi 

kebutuhan nutrisi sayuran
Sayuran

Tak berbeda dengan bagian tubuh lain, otak juga membutuhkan asupan makanan bergizi supaya berfungsi optimal. Anda bisa memperbanyak konsumsi sayuran hijau, ikan, serta kacang-kacangan untuk menjaga kesehatan dan kualitas otak. Anda juga bisa mengonsumsi IGG Colostrum – Brain Development untuk memperkuat fungsi otak. 

Membiasakan Diri Menyusun Hal Sepele

membiasakan menyusun sesuatu
Menyusun Hal Sepele

Orang yang sering meletakkan barang di sembarang tempat cenderung lebih mudah lupa. Untuk mengurangi hal tersebut, mulailah dengan membiasakan diri menyusun hal-hal sepele. Misalnya, menyimpan buku di loker, menaruh barang yang telah dipakai di tempat sebelumnya, atau membuang barang yang tidak berguna. Hal ini akan meningkatkan fokus dan menjaga daya ingat.

Meditasi

meditasi
Meditasi

Meditasi yang dilakukan secara rutin juga dapat meningkatkan kinerja otak pada lansia dan orang dewasa. Meditasi akan membuat pikiran lebih tenang, terpusat, dan fokus. Apabila dibarengi dengan olahraga, diet, stimulasi mental, dan kegiatan sosialisasi, lambat laun fungsi otak akan meningkat secara signifikan. 

Cara Meningkatkan Konsentrasi Otak 

meningkatkan konsentrasi otak
Konsentrasi Otak

Tak hanya daya ingat, konsentrasi juga sangat penting dalam menjalani kegiatan harian. Tanpa konsentrasi yang baik, Anda lebih berisiko melakukan kesalahan yang menganggu produktivitas. Apabila Anda yang ingin meningkatkan konsentrasi otak, berikut cara yang dapat dicoba.

  • Memperhatikan Setiap Informasi –  ketika Anda mendapatkan informasi baru, cobalah untuk memperhatikan secara saksama. Hal ini akan membuat pikiran terpusat sehingga Anda lebih mudah berkonsentrasi dan menyerap informasi tersebut. 
  • Membuat Skala Priotitas – ketika Anda memiliki banyak kegiatan dalam satu waktu, cobalah untuk membuat skala prioritas. Siapkan kertas dan pulpen kemudian tulis seluruh kegiatan Anda. Urutkan kegiatan yang paling penting hingga kurang penting. Meskipun tampak sepele, hal ini sangat membantu Anda lebih fokus menyelesaikan pekerjaan. 
  • Buat Pengingat – melupakan sesuatu adalah hal lumrah yang terjadi pada siapa pun. Namun, Anda bisa mengantisipasi hal tersebut dengan cara membuat pengingat. Gunakan alarm ponsel atau sticky note untuk mencatat hal yang harus dilakukan di hari dan jam tertentu. 
  • Matikan Ponsel – meskipun ponsel merupakan hal yang penting, alangkah baiknya apabila Anda menonaktifkan sementara waktu. Misalnya, saat Anda hendak belajar untuk ujian, melakukan zoom meeting, atau pertemuan dengan klien. Mematikan ponsel dapat mencegah konsentrasi Anda buyar.  
  • Istirahat Secara Berkala – otak yang digunakan secara terus-menerus tanpa jeda akan mengalami kelelahan. Akibatnya, otak akan lebih lama memproses suatu informasi. Bahkan, kelelahan parah berdampak pada penurunan konsentrasi dan fungsi otak. Untuk mencegahnya, istirahatkan pikiran secara berkala. Misalnya selama 10 menit setelah 1 jam bekerja keras. 
  • Konsumsi Suplemen – supaya konsentrasi otak terjaga, konsumsi IGG Colostrum – Brain Development secara rutin. Suplemen ini mengandung skim milk powder, calcium carbonate, fructo oligosaccharide dan clostrum powder IGG yang cocok dikonsumsi semua umur serta efektif meningkatkan fungsi otak dan kemampuan belajar.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara meningkatkan fungsi otak yang dapat Anda coba. Mulailah sekarang dengan mengubah kebiasaan serta menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegah penurunan fungsi dan konsentrasi otak. Agar lebih bermanfaat, sebarkan informasi ini ya!

You may also like

Leave a Comment