Home Seputar Kecantikan Cantik Maksimal! Nih, 7 Jenis Produk Perawatan Rambut Terbaik

Cantik Maksimal! Nih, 7 Jenis Produk Perawatan Rambut Terbaik

by coriate

Rambut perlu dirawat secara baik agar tetap terjaga kebersihannya serta tidak murah rontok. Oleh karena itu, produk perawatan rambut menjadi salah satu produk yang laris dan senantiasa dicari di pasaran. Tak hanya sampo dan kondisioner, beragam jenis produk perawatan rambut lainnya juga banyak bermunculan dengan kandungan dan khasiatnya masing-masing. Berikut ulasan mengenai macam-macam jenis produk yang dapat dipakai untuk merawat rambut beserta kegunaannya.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Contoh Produk Maklon yang Potensial!

1. Sampo

Produk Perawatan Rambut Shampo
Sampo adalah produk perawatan rambut yang populer

Sampo merupakan jenis produk perawatan rambut yang paling umum digunakan. Sampo berfungsi untuk menyingkirkan kotoran, debu, ketombe, hingga sebum atau minyak alami yang terdapat pada rambut dan kulit kepala. Untuk menjaga kebersihannya, rambut disarankan untuk dicuci dua hari sekali. 

Selain untuk menjaga kebersihan, sampo juga tersedia dalam berbagai jenis, kandungan, dan manfaat untuk mengatasi masalah-masalah seputar rambut. Mulai dari rambut lepek, rambut penuh ketombe, hingga rambut yang kering dan mudah patah.

Oleh karenanya, memilih jenis sampo yang sesuai dengan tipe rambut penting untuk dilakukan supaya memperoleh hasil yang maksimal. Untuk rambut lepek dan berminyak, disarankan memilih sampo yang mengandung sulfosuccinates atau lauryl sulfate. Sementara itu, kandungan bahan alami yang baik untuk mengatasinya adalah tea tree oil, minyak lemon, dan chamomile.

Rambut berketombe biasanya diatasi dengan sampo yang mengandung kondisioner dan deterjen ringan seperti laureth sulfat atau deterjen kationik, serta yang memiliki bahan anti ketombe seperti mint dan ginseng.

Sementara itu, jenis produk perawatan yang cocok untuk rambut kering dan mudah patah adalah dengan sampo berbahan dasar minyak kelapa, minyak almond, maupun minyak jojoba. Gunanya untuk menyeimbangkan jumlah sebum supaya rambut lebih lembap dan terhidrasi.

2. Kondisioner

Produk Perawatan Rambut Kondisioner
Produk perawatan rambut setelah keramas

Jenis produk perawatan rambut ini idealnya digunakan setelah keramas. Ini karena ketika keramas, kutikula rambut akan terbuka dan kotoran juga terbilas oleh sampo. Sementara itu, kondisioner dapat menutup kutikula rambut dan mengunci berbagai nutrisi yang ada pada rambut.

Fungsi kondisioner antara lain untuk melembutkan dan menambah volume rambut, menggantikan minyak alami di kepala, serta membuat rambut menjadi lebih mudah ditata dan diatur.

Cara pemakaiannya mudah. Usai keramas, rambut perlu dikeringkan sebentar hingga tidak begitu basah. Lalu, kondisioner tinggal dioleskan pada seluruh bagian rambut secara merata dan didiamkan selama satu hingga dua menit sebelum dibilas.

Tujuannya supaya nutrisi yang terkandung dalam kondisioner dapat meresap pada rambut. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemakaiannya jangan sampai menyentuh kulit kepala karena dapat membuat rambut menjadi lepek dan berminyak.

Meski begitu, terdapat pula kondisioner yang dalam penggunaannya tak perlu dibilas. Seperti sampo, kondisioner juga terdiri dari berbagai jenis dengan beragam khasiat. Antara lain:

a. Kondisioner bilas

Kondisioner ini merupakan jenis yang paling sering digunakan. Jenis produk perawatan rambut ini cocok dipakai oleh orang dengan rambut normal, kering, maupun berminyak. Fungsi dari kondisioner bilas adalah untuk melindungi rambut saat dikeringkan.

Baca juga: Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

b. Kondisioner leave-in

Jenis ini merupakan kondisioner yang tak perlu dibilas. Anda tinggal memakai kondisioner secukupnya pada rambut setelah keramas, meratakannya dengan jari-jari atau sisir bergigi lebar, kemudian membiarkan hingga rambut kering dengan sendirinya.

Jenis produk perawatan rambut ini cocok bagi para pemilik rambut tebal dan halus. Khasiatnya adalah untuk membuat pertumbuhan rambut menjadi sehat dan membuat lapisan pelindung panas bagi orang-orang yang sering mengeringkan maupun mencatok rambut dengan alat.

c. Deep Conditioner

Produk satu ini cocok untuk pemilik rambut kering dan rusak. Ini karena deep conditioner memiliki kandungan emolien dan humektan sehingga menawarkan kelembapan yang lebih tinggi dibanding jenis kondisioner lain.

Jenis produk perawatan rambut ini memiliki kegunaan untuk mengatasi rambut yang kusut dan membuatnya jadi lebih halus dan berkilau. Namun, karena kandungan minyaknya yang tinggi, produk ini tak cocok dipakai pemilik rambut lepek.

Pemakaian dilakukan setelah keramas. Bagi pemilik rambut kering, deep conditioner dapat diaplikasikan hingga ke akar rambut. Setelahnya, kondisioner tinggal diratakan dengan jemari tangan maupun sisir bergigi lebar dan didiamkan selama dua puluh sampai tiga puluh menit sebelum dibilas dengan air. Lakukan seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

d. Kondisioner masker

Kondisioner masker berguna sebagai hair mask dan dapat menembus folikel atau lubang tempat tumbuhnya rambut. Manfaatnya adalah untuk melembapkan dan menambah asupan protein pada rambut supaya sehat dan tampak berkilau.

3. Masker Rambut

Produk Perawatan Rambut Masker

Masker rambut sebaiknya digunakan setelah keramas ketika keadaan rambut sudah tidak begitu basah. Jenis produk perawatan rambut satu ini terbuat dari berbagai bahan yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala, seperti minyak dan mentega serta campuran bahan alami lainnya. Ini karena hair mask dapat meresap hingga ke kulit kepala dan batang rambut.

Oleh karenanya, jenis produk perawatan rambut satu ini cocok digunakan bagi orang-orang dengan jenis masalah rambut kering. Selain dibeli, masker rambut juga dapat dibuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan seadanya. Beberapa bahan alami yang dapat membantu melembapkan kulit kepala antara lain madu, pisang, minyak kelapa, yogurt, dan lidah buaya.

4. Hair Oil

Produk Perawatan Rambut Hair Oil

Jenis produk perawatan rambut yang satu ini berfungsi untuk membuat rambut menjadi lebih lembap, lembut, dan berkilau. Cara pemakaiannya mudah. Anda tinggal mengusapkannya secara merata dan mendiamkannya sekitar setengah atau satu jam sebelum keramas. Tujuan supaya minyak menyerap hingga ke kulit kepala. Setelahnya, bilas rambut dengan air hangat.

Hair oil juga berguna untuk memperkuat batang rambut dan sebagai sumber vitamin dan mineral supaya rambut lebih sehat. Beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai hair oil antara lain minyak kelapa, minyak almond, minyak argan, dan minyak daun kelor.

5. Serum Rambut

Produk Perawatan Rambut Serum Rambut

Berbeda dengan hair oil, serum rambut tidak dapat meresap hingga kulit kepala. Fungsinya adalah untuk melembutkan, menguatkan, dan mencerahkan rambut. Serum mengandung silikon sehingga dapat melapisi rambut dengan baik dan melindunginya dari pengaruh buruk lingkungan.

Untuk memakainya, tuang beberapa tetes serum rambut pada telapak tangan dan gosok keduanya sekitar 5 detik. Lalu usapkan pada rambut dari bagian ujung bawah hingga tengah. Hindari area kulit kepala karena dapat membuat rambut berminyak.

6. Hair Spray

hair spray

Terdapat dua jenis hair spray berdasarkan fungsinya. Hair protection spray berguna untuk melindungi rambut dari panas akibat sering melakukan treatment dengan alat seperti catokan dan hair dryer.

Sementara itu, hair spray berguna untuk menata rambut karena memiliki bahan yang dapat melekat dengan baik pada rambut. Produk ini biasa ditemukan di salon.

7. Hair Gel

Gel Rambut

Seperti hair spray, hair gel juga berguna untuk membuat rambut lebih mudah ditata. Perbedaannya, hair gel terbuat dari bahan yang lembap dan berminyak sehingga memberikan kilau dan tekstur pada rambut. Selain gel, terdapat produk lain yang juga memiliki fungsi serupa, antara lain:

Baca juga: Jangan Cuma Pakai, Kenali Jenis Pomade Serta Fungsinya

  • Pomade, gel rambut berbahan dasar air maupun minyak yang membuat tatanan rambut tetap rapi, lentur, dan berkilau.
  • Wax, gel rambut yang teksturnya lebih kental dibanding pomade sehingga tampilan rambut cenderung matte tanpa kilau dan kesan basah.
  • Mousse atau styling foam, untuk memberikan volume dan kilau pada rambut.

Demikian ulasan seputar beragam jenis produk perawatan rambut. Semoga bisa memberi Anda pemahaman lebih dalam soal jenis-jenis produk yang bisa dipakai untuk menjaga kesehatan rambut.

You may also like

Leave a Comment