Home Seputar Kecantikan Buat Skincare? Nih, 5 Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kulit Wajah

Buat Skincare? Nih, 5 Manfaat Hyaluronic Acid Untuk Kulit Wajah

by coriate

Inovasi dalam dunia skincare tidak pernah berhenti dan bahkan berkembang semakin cepat. Beberapa waktu terakhir, asam hialuronat alias hyaluronic acid menjadi senyawa yang paling banyak digunakan oleh berbagai produsen. Dikarenakan banyak sekali manfaat hyaluronic acid untuk kulit wajah, maka jenis asam ini pun seakan menjadi kandungan wajib di berbagai produk, mulai dari toner, essence, hingga moisturizer.

Apa Itu Hyaluronic Acid?

Agung Sejahtera skincare 1170px x 780px

Sebenarnya hyaluronic acid adalah senyawa alami yang ada di dalam tubuh. Bahan bening dan lengket ini paling banyak ditemukan di lapisan kulit, bening mata, dan jaringan ikat persendian. 

Manfaat hyaluronic untuk kulit wajah yang paling utama adalah untuk menahan air di dalam jaringan dan lapisan tersebut. Adapun khususnya pada kulit, asam hialuronat membantu melembabkan dan mengencangkan kulit. Dengan begitu, kulit pun akan senantiasa sehat, kenyal, dan terlihat halus.

Sayangnya, produksi hyaluronic acid dalam tubuh akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia—seperti kolagen dan elastin. Saat mencapai usia 40-an tahun, asam hialuronat yang tersisa hanya sekitar setengahnya dibandingkan saat pada usia yang lebih muda.

Namun, jangan menunggu hingga memasuki usia 40. Pasalnya, sebuah artikel ilmiah tahun 2016 yang dipublikasikan di Journal of American Academy of Dermatology menyatakan bahwa penurunan produksi ini sudah dimulai pada usia 20-an tahun. Hal inilah yang kemudian mendorong banyaknya pembuatan hyaluronic acid untuk kulit wajah dalam bentuk buatan pada produk skincare. 

Apakah Hyaluronic Acid Berbahaya? 

Beberapa bahan dalam produk skincare perlu mendapat perhatian khusus dalam penggunaannya. Lantas, bagaimana dengan hyaluronic acid? Apakah kandungan ini aman dan bahkan dapat digunakan untuk perawatan kulit sehari-hari?

Faktanya, hyaluronic acid termasuk bahan yang aman digunakan sehari-hari untuk seluruh jenis kulit—berminyak, kering, hingga mudah berjerawat. Hingga kini pun sangat jarang ditemui adanya iritasi, jerawat, atau berbagai reaksi alergi pada kulit karena penggunaan hyaluronic acid.  

Kendati begitu, efek seperti kulit yang kemerahan, terasa nyeri, dan memar mungkin saja terjadi saat hyaluronic acid diberikan melalui suntikan. Namun kondisi tersebut relatif ringan dan dapat hilang dengan sendirinya.

Asam inipun tergolong aman untuk dicampur dengan berbagai kandungan lain pada skincare seperti retinol, vitamin C, AHA, dan BHA. Pemakaiannya pun dapat dilakukan baik pada pagi maupun malam hari.

Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kulit Wajah

Popularitas asam hialuronat untuk kecantikan didorong oleh banyaknya artis Korea yang menjadi muse berbagai produk skincare dengan bahan ini. Kulit yang terlihat sehat, halus, dan bahkan awet muda membuat target pasar pun makin tertarik menggunakannya.

Namun, hal tersebut bukan hanya sekedar iklan. Berbagai penelitian menunjukkan fungsi hyaluronic acid pada kulit cukup banyak, yakni seperti berikut.

1. Melembapkan Kulit

Manfaat hyalucronic acid untuk kulit wajah adalah untuk melembabkan
Manfaat hyaluronic acid untuk kulit wajah adalah untuk melembabkan

Jenis asam ini mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam mengikat molekul air. Dengan begitu, bahan ini pun dapat memperbaiki, menambah, dan bahkan mengatur kelembapan sel-sel kulit sesuai kadar yang dibutuhkan tiap kulit.

2. Menjaga Kesehatan dan Kekenyalan Kulit

Agung Sejahtera Kulit yang sehat 1170px x 780px

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terasa lebih kenyal dan berisi. Tak cuma itu, keluhan seperti kemerahan dan kerutan pada kulit pun akan berkurang. Beberapa orang bahkan memilih untuk melakukan injeksi hyaluronic acid demi hasil yang lebih cepat. 

3. Mengurangi Munculnya Kerutan dan Penuaan Dini

Agung Sejahtera Anti Aging 1170px x 780px

Sebuah studi dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology menemukan bahwa menggunakan skincare dengan kandungan hyaluronic acid selama delapan minggu berturut-turut dapat mengencangkan kulit. Tak cuma itu, kerutan pun dapat berkurang secara signifikan sebanyak 40%.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Agung Sejahtera Bekas Jerawat 1170px x 780px

Manfaat hyaluronic acid untuk kulit wajah yang berikutnya adalah supaya dapat mengendalikan peradangan di area kulit yang sedang terluka sekaligus merangsang pembentukan pembuluh darah guna mempercepat proses penyembuhan. Di samping itu, senyawa ini juga mampu memberi sinyal pada tubuh untuk melancarkan aliran darah di area yang terluka.

5. Kaya Kandungan Antioksidan

Antioksidan adalah salah satu manfaat hyalucronic untuk kulit wajah
Antioksidan adalah salah satu manfaat hyaluronic untuk kulit wajah

Beberapa riset baru menyatakan bahwa ada kandungan antioksidan pada senyawa aktif hyaluronic acid. Hal ini pun dapat memberi lebih banyak manfaat lainnya pada kulit mengingat antioksidan sebagai berikut:

  • Menangkal radikal bebas dari lingkungan (termasuk polusi udara dan sinar UV) sehingga meminimalkan penuaan dini dan kerusakan kulit.
  • Mengurangi bintik hitam karena dapat mengurangi pigmentasi yang terdapat pada kulit.
  • Mengurangi jerawat karena dapat masuk jauh ke dalam pori-pori sehingga menghilangkan sumbatan pada keratin, yakni salah satu penyebab paling umum munculnya komedo dan jerawat.
  • Meningkatkan produksi kolagen sehingga membantu elastisitas dan kekuatan kulit serta membuat kulit tampak lebih muda dan sehat.
  • Mengurangi garis halus dan kerutan dengan mendorong produksi kolagen.

Efek Samping Hyaluronic Acid

Agung Sejahtera Alergi 1170px x 780px

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hyaluronic acid merupakan bahan yang relatif aman dan bahkan dapat digunakan bersamaan dengan bahan-bahan lainnya dalam skincare. Pun apabila terjadi efek samping yang timbul saat menggunakannya bersamaan dengan bahan lain, interaksi kandungan lain itulah yang menjadi penyebabnya.

Walau begitu, jangan menyepelekan reaksi alergi atau negatif lainnya yang terjadi setelah penggunaan hyaluronic acid. Segera bilas dengan air dan hentikan pemakaian produk. Apabila reaksi yang muncul masih juga berlangsung, segera konsultasikan pada dokter.

Beberapa orang dengan kondisi tertentu juga sebaiknya lebih berhati-hati dalam menggunakan hyaluronic acid. Ibu hamil dan menyusui misalnya, perlu lebih berhati-hati dan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan produk dengan kandungan asam hialuronat. 

Selain itu, orang yang memiliki sejarah kanker (termasuk sedang menjalani masa pemulihan) juga sebaiknya menghindari konsumsi suplemen senyawa aktif ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa sel-sel kanker sensitif terhadap asam ini dan cenderung berkembang lebih cepat apabila penderita mengkonsumsi suplemen hyaluronic acid.

Cara Pemakaian Hyaluronic Acid

Urutan Pakai Skincare
Maksimalkan manfaat hyaluronic acid untuk kulit wajah

Hyaluronic acid untuk menjaga kesehatan kulit masih banyak dilakukan melalui penggunaan produk skincare. Bahan ini umumnya banyak digunakan pada produk serum dan pelembab alias moisturizer. 

Baca juga: 10 Manfaat Moisturizer Untuk Wajah Halus dan Bercahaya!

Untuk menggunakannya, pastikan kulit dalam kondisi bersih. Setelah membersihkan wajah—lakukan double cleansing untuk hasil terbaik—gunakan toner, lalu aplikasikan serum hyaluronic acid. Setelah itu, lapisi dengan moisturizer hyaluronic acid untuk mengunci kelembaban dan mendapat hasil maksimal.

Namun, variasi produk dengan kandungan asam hialuronat terus bertambah. Selain serum dan moisturizer, ada pula toner, essence, sheet mask, hingga lip balm yang menggunakan senyawa ini.

Beberapa kondisi juga memungkinkan seseorang melakukan injeksi hyaluronic acid. Namun, pastikan melakukan perawatan ini dengan dokter yang berkompeten di bidangnya. Hindari melakukan prosedur treatment di klinik maupun tempat dan pihak abal-abal lainnya.

Hyaluronic acid adalah bahan aktif yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan melembapkan, meningkatkan produksi kolagen, sehingga mengurangi garis halus dan tanda-tanda penuaan dini. Dikarenakan banyaknya manfaat hyaluronic acid untuk kulit wajah, maka bahan ini secara umum aman digunakan sehari-hari bahkan dapat digunakan pada pagi dan malam hari bersama dengan beberapa bahan aktif lain dalam produk skincare. Kendati begitu, beberapa orang sebaiknya perlu lebih berhati-hati dan melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakannya dan segera berhenti jika mengalami reaksi alergi.

You may also like

Leave a Comment