Home Seputar Kecantikan Begini Urutan Pakai Skincare yang Benar Untuk Kulit Wajahmu

Begini Urutan Pakai Skincare yang Benar Untuk Kulit Wajahmu

by coriate

Perawatan wajah merupakan salah satu cara yang dilakukan orang-orang untuk memperoleh kulit yang sehat dan terawat. Terlebih karena wajah merupakan bagian tubuh yang tak terlindungi dan kerap terpapar langsung oleh debu dan polusi sehingga mudah kotor dan kusam.

Oleh karenanya, rangkaian skincare routine kerap dilakukan dengan beragam produk perawatan wajah yang memiliki manfaatnya masing-masing. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hal tersebut tak boleh dilakukan sembarangan. Terdapat urutan pakai skincare yang harus diperhatikan. Berikut urutan pakai skincare yang yang benar untuk pemakaian skincare.

1. Micellar Water atau Make Up Remover

Urutan Pakai Skincare yang benar - Micellar Water
Menggunakan make up remover adalah salah satu urutan pakai skin care yang benar

Langkah pertama adalah mengaplikasikan make up remover atau micellar water. Kedua produk tersebut berfungsi untuk menghapus dan membersihkan sisa-sisa make up yang masih menempel pada wajah. Langkah ini penting supaya skincare dapat terserap dengan baik pada kulit agar hasil yang dicapai maksimal. Selain itu, sisa kosmetik yang tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan masalah kulit wajah seperti jerawat, penyumbatan pori-pori, dan iritasi.

Meski memiliki fungsi yang sama, terdapat perbedaan antara micellar water dan make up remover. Make up remover mengandung oil dan berguna untuk menghapus make up tahan air dan cenderung tebal. Namun, kandungan minyak tersebut hanya membuat make up remover bekerja di lapisan kulit luar saja.

Jika ingin membersihkan sisa make up dan kotoran hingga pori-pori, micellar water merupakan jalan keluarnya. Produk ini bertekstur lebih ringan dan terdiri dari campuran air murni dengan micelles atau molekul-molekul minyak yang mampu mengikat berbagai kotoran dan debu pada wajah.

Jadi, jika Anda sering menggunakan make up tebal dan tahan air, maka pemakaian kedua produk ini sangat dianjurkan. Namun, jika Anda jarang memakai make up, maka micellar water saja cukup untuk membersihkan wajah.

2. Sabun Pencuci Wajah

Urutan Pakai Skincare yang benar - Sabun Pencuci Wajah

Setelah membersihkan kosmetik, urutan pakai skincare yang benar adalah mencuci muka. Pilih sabun cuci wajah yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit. Sabun yang mengandung bahan pelembap seperti lidah buaya, hyaluronic acid, dan gliserin cocok untuk kulit kering.

Sementara itu, untuk kulit berminyak dan kusam, pilih sabun dengan eksfoliator atau pengangkat sel kulit mati seperti asam salisilat atau Alpha Hydroxy Acids (AHA). Perhatikan juga labelnya dan pilih sabun berlabel bebas minyak dan nonkomedogenik yang kemungkinan kecil akan menyumbat pori-pori.

Baca juga: Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

Kulit wajah normal jarang mengalami reaksi negatif sehingga tak perlu menggunakan jenis sabun wajah tertentu. Umumnya, jenis sabun yang disarankan adalah yang dapat menyingkirkan kotoran dengan kandungan ringan dan menghasilkan sedikit busa.

Untuk kulit wajah sensitif, gunakan yang berbahan lembut alias minim mengandung bahan kimia keras. Ciri-cirinya adalah sabun nyaris tidak menghasilkan busa. Selain itu, hindari sabun berbahan eksfoliator atau pengangkat kulit mati dan bahan aktif seperti asam glikolat.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi

Berbeda dengan produk skincare lain yang dianjurkan untuk dipakai setiap hari, eksfoliasi sebaiknya hanya dilakukan satu hingga dua minggu sekali. Eksfoliasi atau scrub wajah berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Dengan begitu, wajah akan tampak cerah dengan warna dan tekstur yang baik. Selain itu, skincare juga akan meresap dengan lebih baik ke kulit sehingga hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

4. Toner

Urutan Pakai Skincare yang benar - Toner

Setelah eksfoliasi, urutan pakai skincare yang benar berikutnya adalah toner. Produk ini berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran yang mungkin masih tersisa setelah mencuci muka. Selain itu, toner juga dapat membantu mengembailkan pH wajah yang kadang berubah akibat terpapar debu dan asap kendaraan.

Terdapat dua jenis toner. Pertama, toner hydrating untuk membuat kulit wajah tetap terhidrasi sehingga membantu menjaga kesehatan kulit, terutama pemilik kulit kering. Biasanya, toner jenis ini mengandung hyaluronic acid dan mineral oil yang memang berkhasiat untuk melembapkan.

Namun, hindari toner dengan kandungan alkohol karena justru dapat berdampak buruk pada kulit yang kering dan sensitif. Kedua, ada toner exfoliating yang berfungsi mengangkat sel kulit mati. Maka pilihlah jenis toner yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan kulit Anda. Cara memakainya mudah. Toner hanya perlu dituang ke kapas dan diusapkan pada wajah dengan menghindari area sekitar mata. Kemudian, diamkan beberapa menit hingga mengering sebelum lanjut ke langkah pemakaian skincare berikutnya.

5. Essence

Essence

Meski sekilas terlihat sama, terdapat perbedaan antara essence dengan toner. Essence memiliki kandungan bahan aktif yang dapat memecahkan masalah seperti kulit kusam atau berjerawat tergantung kandungannya. Namun, bahan tersebut tak seaktif kandungan serum. Pemakaiannya mudah. Essence hanya perlu dituang pada telapak tangan yang sebelumnya telah dibersihkan, kemudian mengoleskannya ke wajah dan dibiarkan hingga meresap pada kulit.

6. Serum Wajah

Menggunakan Serum Wajah

Pemakaian serum wajah berfungsi untuk menutrisi dan mencerahkan wajah. Kandungan bahan aktifnya membuat serum terdiri dari beberapa jenis tergantung fungsinya. Serum dengan vitamin E dan asam glikolat berguna untuk mengatasi wajah kering dan kendur. Serum dengan vitamin C, alpha arbutin, dan kojic acid cocok untuk kulit wajah berbintik dan bernoda gelap.

Untuk kulit berjerawat, gunakan serum dengan kandungan asam salisilat dan retinol. Sementara untuk memperlambat penuaan, pakai serum antiaging yang mengandung vitamin C dan asam ferulat.

Baca juga: Jangan Asal Pilih, Berikut Manfaat dan Jenis Serum Rambut

7. Krim Mata

Urutan Pakai Skincare yang benar - Krim Mata

Krim mata berfungsi untuk mengatasi mata panda, kerutan pada area mata, dan kantung mata yang mengganggu penampilan. Anda tinggal mengoleskan krim pada bagian bawah mata secara merata dan perlahan. Kemudian, diamkan dan biarkan krim bekerja.

8. Krim Malam

Krim Malam

Krim malam atau night cream memiliki fungsi yang sama dengan moisturizer yang biasa dipakai saat pagi. Meski sama-sama melembapkan, krim malam biasanya memiliki khasiat yang lebih khusus, seperti untuk menyamarkan noda hitam dan kerutan pada wajah. Anda tinggal mengoleskan krim secara merata pada wajah dan leher seraya memijatnya pelan. Setelahnya, Anda dapat melanjutkan langkah perawatan dengan memakai masker.

9. Sheet Mask

Sheet Mask

Sheet mask atau masker lembaran berguna untuk melembapkan wajah dengan intensif supaya kenyal dan tetap terhidrasi. Sheet mask memiliki kandungan berupa vitamin, mineral, serta bahan-bahan lain untuk mengatasi beberapa masalah kulit wajah.

Contohnya, masker dengan vitamin C dan niacinamide cocok untuk kulit kusam supaya lebih bercahaya. Sementara kulit berjerawat dapat diatasi dengan kandungan tea tree oil dan ekstrak lemon. Maka, pilihlah sheet mask berdasarkan kondisi kulit Anda.

Baca juga: Bisa Jualan di Shopee! 8 Cara Membuat Masker Organik Bubuk

10. Face Oil

Face Oil

Urutan pakai skincare yang benar di bagian akhir adalah face oil. Pemakaiannya cukup dengan diteteskan pada telapak tangan, lalu ditepuk-tepuk pada wajah. Setelah menggunakan produk ini, jangan pakai skincare apapun lagi supaya memperoleh hasil yang maksimal.

Face oil berguna untuk melembapkan wajah dan memaksimalkan kerja minyak alami pada kulit. Namun, bagi pemilik kulit berminyak, step ini tidak disarankan karena akan membuat wajah semakin berminyak dan rentan berjerawat.

Meski begitu, tidak semua orang cocok dengan urutan pakai skincare yang benar seperti di atas. Ini karena setiap orang memiliki jenis dan kebutuhan kulit yang berbeda-beda sehingga memerlukan perawatan yang berbeda pula. Untuk mendapat perawatan yang tepat, Anda dapat menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

You may also like

Leave a Comment