Home Seputar Kesehatan 8 Jenis Masalah Kulit Wajah Ini Pasti Bikin Anda Minder!

8 Jenis Masalah Kulit Wajah Ini Pasti Bikin Anda Minder!

by coriate

Punya jenis masalah kulit wajah seperti keriput yang timbul di sekitar area sudut mata? Bintik-bintik hitam yang mendadak muncul di wajah layaknya noda kopi? Kulit wajah yang bereaksi ketika terkena sinar matahari? Sebagai bagian terluar dari tubuh yang paling sering terekspos dunia luar, kulit wajah kerap kali menghadapi berbagai masalah.

Apakah hal tersebut wajar? Tentu saja, itu semua adalah hal yang normal. Ketimbang tenggelam dalam rasa minder dan putus asa, mengapa tidak coba untuk mengenali jenis permasalahan kulit wajah Anda dan mencari tahu cara mengatasinya? Berikut pembahasan ringkasnya!

1. Masalah Kulit Berminyak

kulit berminyak

Masalah: Jenis masalah kulit wajah berminyak terjadi ketika kelenjar sebasea pada kulit memproduksi terlalu banyak sebum. Sebum adalah zat lunak dan berminyak yang memproteksi dan menghidrasi kulit manusia. Artinya, zat ini sangat penting untuk menjaga kulit tetap sehat.

Namun, terlalu banyak produksi sebum akan membuat kulit menjadi berminyak. Jenis masalah kulit wajah ini membuat orang-orang kerap merasa tak nyaman. Itu karena minyak berlebih pada kulit dapat mengakibatkan kusam, mempercepat pertumbuhan jerawat, dan menyumbat pori-pori.

Solusi: Untuk mengatasi jenis masalah kulit wajah berminyak, cucilah wajah secara rutin dengan air dan sabun wajah. Pakai produk pembersih dengan kandungan yang lembut dan mampu melembapkan wajah. Aplikasikan pula jenis produk skincare yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, glycolic acid, dan beta-hydroxy acid. Selain itu, jangan lupa gunakan pelembap yang bebas minyak setiap hari.

Baca juga: Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

2. Kulit Wajah Kering dan Kusam

Kulit Kering dan Mengelupas 1170 x 780px

Masalah: Kulit kering merupakan kondisi tidak nyaman yang ditandai dengan kulit bersisik, gatal, dan pecah-pecah. Seseorang bisa saja memiliki jenis masalah kulit wajah kering sejak lahir. Namun, ada pula orang dengan jenis kulit wajah berminyak yang tiba-tiba berubah menjadi kering dari waktu ke waktu.

Sementara itu, kulit kusam merupakan kulit yang kurang bercahaya dan tidak memantulkan sinar dengan baik. Kondisi kulit ini bisa dipengaruhi oleh dehidrasi, kurangnya kelembaban, terpapar sinar ultraviolet, atau penuaan.

Solusi: Jenis masalah kulit wajah kering dan kusam bisa diatasi dengan memakai produk-produk yang melembabkan dan menghidrasi kulit. Carilah produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, retinol, niacinamide, atau vitamin C. Selain itu, rajin-rajinlah mengeksfoliasi kulit seminggu sekali. Pilihlah produk eksfoliasi kimia karena cenderung lebih aman dan tidak melukai kulit.

3. Kulit Terbakar (Sunburn)

Agungsejahteragroup Kulit Terbakar karena Sinar Matahari atau sunburn 1170 x 780

Masalah: Kulit terbakar merupakan reaksi inflamasi akibat sinar ultraviolet (UV) yang mengenai lapisan terluar kulit. Dalam lapisan tersebut, terdapat melanin, pigmen pemberi warna pada kulit, yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Melanin akan bekerja dengan cara menggelapkan area kulit yang tidak terlindungi dan langsung terekspos UV. Setelah terbakar, umumnya kulit akan menampakkan kondisi-kondisi tertentu, seperti iritasi dan kemerahan.

Solusi: Untuk meredakan jenis masalah kulit wajah yang terbakar sinar matahari, Anda bisa mengoleskan produk yang mengandung lidah buaya atau kedelai. Selain itu, tenangkan pula kulit dengan mandi air sejuk secara rutin. Kemudian, untuk mencegah kulit terbakar, selalu gunakan tabir surya 15 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan.

4. Warna Kulit Tidak Rata

Agungsejahteragroup Warna Kulit yang berbeda 1170 x 780

Masalah: Warna kulit tidak merata biasanya berkaitan erat dengan hiperpigmentasi, yaitu kondisi saat kulit memproduksi terlalu banyak melanin. Jenis masalah kulit wajah ini terbilang tidak berbahaya. Hanya saja, orang-orang yang memiliki warna kulit tak merata cenderung minder dan cemas akan pendapat orang lain. Kondisi ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, usia, hormon, dan penggunaan obat-obatan.

Solusi: Gunakan tabir surya setiap siang hari, kira-kira jam 10.00–16.00 WIB. Hal ini karena sinar UV menjadi salah satu penyebab utama dari berbagai masalah kulit, termasuk membuat warna kulit tak rata. Tetap gunakan tabir surya walau hanya berada di dalam ruangan karena sinar UV bisa tembus melalui kaca-kaca bangunan. Selain itu, hindari makanan dan minuman yang mendorong perubahan warna tak rata, seperti alkohol, produk susu, makanan berminyak, makanan pedas, atau makanan yang tinggi gula.

5. Masalah Jerawat

Ilustrasi gambar seorang wanita yang memiliki masalah jerawat pada kulit wajahnya

Masalah: Jerawat adalah kondisi yang paling sering dihadapi oleh sebagian besar orang. Menurut National Institutes of Health, sekitar 80% orang berusia antara 11 dan 30 tahun mengalami timbulnya jerawat. Jenis masalah kulit wajah ini muncul ketika folikel rambut pada kulit tersumbat oleh penumpukan sel kulit mati dan minyak. Jerawat dapat mendorong munculnya bintil, komedo putih, atau komedo hitam.

Solusi: Pakailah produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid, Alpha Hydroxy Acid (AHA), benzoyl peroxide, atau sulfur. Kemudian, pastikan Anda melakukan metode double cleansing setiap hari.

Metode tersebut menggunakan dua tahap pembersihan. Tahap pertama menggunakan salah satu di antara cleansing oil, milk cleanser, micellar water, atau cleansing balm. Selanjutnya, lakukan tahap kedua dengan cara mencuci wajah menggunakan sabun berbahan lembut.

Baca juga: Begini Urutan Pakai Skincare yang Benar Untuk Kulit Wajahmu

6. Masalah Kulit Wajah Milia

Milia adalah jenis masalah kulit wajah yang menggangu penampilan

Masalah: Milia adalah benjolan kecil berwarna putih atau kuning yang umumnya muncul pada kulit dalam jumlah banyak. Jenis masalah kulit wajah ini bisa dialami siapa saja, terutama bayi yang baru lahir. Milia terjadi secara spontan, dapat menghilang dengan sendirinya, dan tidak berbahaya. Namun, apabila tidak hilang, kondisi ini dapat membuat seseorang kurang percaya diri.

Solusi: Penanganan milia sebaiknya dilakukan oleh ahli kesehatan profesional. Dermatologis biasanya akan meresepkan obat topikal yang mengandung retinoid. Retinoid adalah turunan vitamin A yang mampu mengeksfoliasi kulit. Selain pergi ke dokter, kamu juga bisa memakai produk yang mengandung salicylic acid atau glycolic acid.

7. Komedo Pada Kulit Wajah

Ilustrasi gambar seorang wanita yang memiliki masalah komedo pada wajahnya

Masalah: Komedo (Clogged Pores) terjadi akibat pori-pori atau folikel rambut yang tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, atau minyak. Jenis masalah kulit wajah ini bisa muncul dalam bentuk komedo putih atau komedo hitam. Komedo termasuk dalam kategori jerawat, tetapi tidak meradang atau menyakitkan seperti jenis jerawat lain.

Solusi: Atasi jenis masalah kulit wajah komedo dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Produk eksfoliasi yang direkomendasikan adalah berjenis kimiawi dan mengandung AHA dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Kemudian, rajin-rajinlah mengaplikasikan masker setiap seminggu sekali. Jika ingin lebih cepat dan punya bujet lebih, Anda bisa datang ke klinik terpercaya untuk menjalani terapi laser.

8. Flek Hitam yang Menggangu

Agungsejahteragroup Flek Hitam 1170 x 780

Masalah: Flek hitam merupakan hasil dari produksi atau pengumpulan melanin yang berlebihan. Jenis masalah kulit wajah ini biasanya berkaitan dengan radiasi sinar UV, melasma, atau hiperpigmentasi. Flek hitam tidak berbahaya, tetapi dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Solusi: Bagi Anda yang ingin memudarkan flek hitam, coba gunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide, vitamin C, azelaic acid, atau AHA. Selain itu, gunakan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan saat siang hari untuk mencegah flek hitam bertambah atau makin parah. Apabila menginginkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa memanfaatkan prosedur laser, mikrodermabrasi, atau microneedling.

Itulah macam-macam jenis masalah kulit wajah zaman now sekaligus cara penanganannya. Manakah yang sedang Anda alami dan ingin diatasi? Semoga penjelasan di atas menambah wawasan dan memberikan solusi, ya!

You may also like

Leave a Comment