Home Seputar Teknologi 6 Cara Melaporkan Penipuan Bisnis MLM, Jangan Panik ya!

6 Cara Melaporkan Penipuan Bisnis MLM, Jangan Panik ya!

by coriate

Kena tipu bisnis MLM bodong dan bingung harus melakukan apa? Jangan panik! Ada cara melaporkan penipuan bisnis MLM agar laporanmu segera ditangani. Jika kamu cepat melapor, pihak berwajib bisa segera menangani pelaku, dan kamu bisa menekan kerugian finansialmu. Kamu juga bisa membantu orang tercinta ketika mereka mengalami hal serupa!

Mengetahui ciri-ciri bisnis MLM yang tidak baik adalah langkah awal menghindari penipuan, tetapi ketika kamu mengalami penipuan, pastikan segera mengikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga: Ingin Memulai MLM? Ketahui Jenis MLM di Pasaran Ini

1. Persiapkan Laporan Awal Mengenai Kasusnya

Laporan 1170 x 780

Sebelum melapor ke polisi, pastikan mencegah kerugian lebih lanjut dengan mengeblok kartu kredit atau rekeningmu. Hal ini berfungsi mencegah keduanya disalahgunakan oleh penipu. Kamu bisa menghubungi bank dan menjelaskan permasalahannya. Mencegah kerugian finansial lebih lanjut wajib menjadi prioritas, terutama jika pihak penipu mengetahui nomor kartu kredit atau rekening bankmu.

Langkah selanjutnya adalah pelaporan online ke badan atau institusi yang menerima pengaduan penipuan semacam ini. Contohnya adalah pengaduan BRTI di situs resmi Kominfo, laporan pengaduan untuk umum di Lapor.go.id, serta CekRekening.id untuk melaporkan rekening bank mencurigakan.

2. Siapin Bukti – Bukti Biar Meyakinkan dan Kuat! 

Bukti 1170 x 780

Mengumpulkan bukti adalah cara melaporkan penipuan bisnis MLM agar lebih cepat diproses. Kamu bisa mengumpulkan bukti berupa hasil scan atau cetak transaksi di rekening, rekaman suara, nama dan nomor kontak orang-orang yang terlibat, informasi nama MLM dan pendirinya, materi promosi yang digunakan untuk menipu, dan sebagainya.

Baca juga: Bisnis Skema Ponzi Bikin Kamu ‘Boncos’, Benarkah?

Kumpulkan semua bukti dengan nama jelas dalam satu folder dan simpan di komputer, ponsel, serta flash disk. Hal ini memudahkan proses pengiriman atau penyerahan bukti. Jika bukti-buktinya ada yang berupa hasil cetak, buat beberapa salinan lalu kumpulkan di amplop terpisah. Simpan di tempat aman dan keluarkan atau serahkan di kantor polisi jika dibutuhkan.

Pastikan kamu menyimpan semua bukti ini selama kasus diusut. Kamu dan petugas mungkin membutuhkannya untuk mencocokkan data dan informasi, menguatkan isi laporan, serta mempercepat proses pengusutan.

3. Mendatangi Kantor Polisi Setempat atau Terdekat

Kantor Polisi 1170 x 780

Ketika kamu mendatangi kantor polisi terdekat, pastikan kamu mendatangi satuan yang menangani kejahatan siber. Laporanmu bisa langsung diproses karena petugas di sana sudah terbiasa dengan kasus seperti penipuan MLM dan investasi bodong. Bagaimana jika tidak ada? Jangan khawatir; kamu bisa tetap mendatangi kantor terdekat. Kepolisian selalu bekerja sama dengan satuan terkait untuk menangani kasus khusus.

Jika memungkinkan, kamu bisa bekerja sama dengan sesame korban penipuan untuk menguatkan laporanmu, terutama jika kamu mengenal orang di area yang sama. Semakin banyak dukungan (terutama dari sesama korban atau orang yang terkait), semakin cepat kasus bisa diusut.

4. Masuk ke Ruangan SPKT 

Kantor 1170 x 780

Lakukan langkah ini jika kamu baru bisa melaporkan ke polres terdekat, terutama yang tidak memiliki satuan siber. SPKT adalah Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu, yaitu area di mana semua jenis pengaduan masuk sebelum diseleksi berdasarkan jenis satuan yang bisa menanganinya. Jangan lupa membawa bukti yang sudah kamu siapkan, tetapi pastikan tetap menyimpan salinan bukti serupa di rumah atau file/cloud di dalam perangkatmu.

5. Komunikasikan Aduan secara Jelas

illustrasi sekumpulan orang sedang berkomunikasi

Menindak lanjuti kasus penipuan memang melelahkan, terutama ketika kamu sudah merasa cemas, sedih, dan marah. Akan tetapi, komunikasi yang jelas terkait aduan ini penting! Ketika menyampaikan aduanmu ke petugas, pastikan mendeskripsikan semua aspek secara jelas: permasalahan, asal-usul kasus yang menimpamu, pihak yang terlibat, saat ketika kamu menyadari tipuan MLM bodong tersebut, hingga bukti yang kamu bawa.

Setiap informasi yang kamu berikan akan langsung dicatat oleh petugas sebagai bagian dari dokumen aduan. Pastikan kamu tetap tenang agar bisa menyampaikan keluhanmu secara lancar. Jika perlu, buat catatan hal-hal yang harus kamu sampaikan ke petugas, dan bawa orang yang kamu percaya untuk mendampingi.

Baca juga: 7 Beda MLM dan Money game, Kenali Biar Gak Salah Paham!

6. Menunggu Kabar Selanjutnya dan Follow up Kasus

Telepon 1170 x 780

Setelah melapor, bagaimana? 

Ketika kamu sudah melapor dan membawa bukti untuk diproses, tidak ada lagi yang perlu kamu lakukan kecuali menunggu. Karena MLM bodong menyeret banyak korban sekaligus, kemungkinan besar kamu akan melihat kabarnya di media, baik lokal maupun nasional (tergantung luas jaringan MLM serta besar kerugian korbannya). Ikuti kabar selanjutnya, terutama jika ada kemungkinan petugas menghubungimu untuk informasi lebih lanjut.

Sambil menunggu kasus diusut, kamu bisa belajar lebih jauh tentang ciri-ciri bisnis MLM yang baik serta bagaimana caranya agar tidak lagi tertipu. Walau kamu kecewa, ingat bahwa tindakanmu melaporkan penipuan tersebut sudah benar. Semakin cepat kamu melapor, semakin mudah polisi mengusutnya, dan kamu bisa membantu mencegah orang lain mengalami situasi serupa.

Penipuan MLM bodong bisa “menyamar” menjadi bisnis legal, tetapi jangan lengah! Teruslah belajar melindungi dirimu dan orang tercinta agar tidak ikut-ikutan investasi mencurigakan. Pastikan juga kamu mengingat cara melaporkan penipuan bisnis MLM agar kepolisian bisa segera menindaknya!

You may also like

Leave a Comment