Home Seputar Kecantikan 10 Manfaat Moisturizer Untuk Wajah Halus dan Bercahaya!

10 Manfaat Moisturizer Untuk Wajah Halus dan Bercahaya!

by coriate

Sebelum skincare banyak dibicarakan di media sosial, sebenarnya merawat muka sudah jadi kewajiban. Terlebih lagi, kita tinggal di negara tropis sehingga lebih mudah berkeringat. Sayangnya, bila terlalu sering mencuci muka dengan air, bukan kulit sehat yang didapat, melainkan kering. Untuk itulah, kita wajib tahu manfaat moisturizer untuk wajah.

Moisturizer, sesuai artinya dalam Bahasa Inggris, adalah pelembab. Fungsi produk skincare ini untuk menjaga kadar kelembaban kulit, terutama pada wajah. Manfaat moisturizer untuk wajah adalah untuk mengembalikan kadar protein keratin. Protein inilah yang berperan menjaga kulit tetap lembab, halus, serta sehat.

Menggunakan moisturizer dapat menaikkan kadar pH pada kulit. Jadi, bila sering berada di ruangan ber-AC maupun cuci muka pakai air, saatnya merasakan manfaat dari penggunaan moisturizer untuk wajah.

Manfaat Moisturizer untuk Wajah yang Luar Biasa:

manfaat moisturizer kulit

Ternyata, ada sepuluh manfaat moisturizer untuk wajah lebih jelasnya:

1. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat moisturizer untuk wajah yang pertama adalah melembabkan kulit wajah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tinggal di negeri tropis memang berisiko mengeluarkan lebih banyak berkeringat. Udara panas nan lembab menjadi penyebabnya. Selain banyak minum air putih dan mencuci muka, kita sering menghalau rasa tidak nyaman karena kepanasan dengan berlama-lama di ruangan ber-AC.

Sayangnya, kebiasaan sering mencuci muka dengan air dan berlama-lama di ruangan ber-AC justru membuat kulit kering. Kulit kering juga menyebabkan keriput dini. Nah, agar kulit tetap lembab tanpa harus berkeringat terlalu banyak, pakailah moisturizer. Aplikasikan pelembab wajah setiap pagi sebelum beraktifitas dan malam sebelum tidur.

2. Menjaga Kulit Awet Muda

Banyak orang dari negara empat musim yang sesungguhnya iri dengan kulit orang Asia Tenggara. Bagaimana tidak? Mereka yang hidup di negara tropis (termasuk Indonesia) cenderung terlihat lebih muda dari usia sesungguhnya. Tentu saja, ini dengan syarat kulit mereka tetap harus rajin dirawat, jangan hanya mengandalkan iklim.

Nah, dengan kelembaban kulit yang seimbang, kamu tidak hanya lebih sehat, tetapi juga tampak awet muda. Makanya, penggunaan moisturizer sangat disarankan bagi kamu yang tidak ingin terlihat cepat tua. Tentu saja, jangan lupa imbangi juga dengan pola makan sehat, tidur teratur, dan berolahraga. Yang paling penting, cobalah mengurangi stres.

3. Menjaga Kekenyalan Kulit

Kulit dengan kelembaban yang tepat tidak akan mudah berjerawat, lho. Malah, kulit akan tetap kenyal sehingga tidak cepat menyebabkan keriput di wajah. Dengan kulit yang kenyal, kamu tidak akan kesulitan saat harus memakai riasan wajah (make-up) dalam waktu lama. Kulit kenyal juga akan lebih sedap dipandang karena tampak halus sekali.

Makanya, manfaat moisturizer untuk wajah juga dapat menjaga kekenyalan kulitmu. Wajah akan tetap lembab terhidrasi sehingga kulit tidak mudah kering. Ingat, kulit yang terlalu kering justru lebih rentan mengalami cedera, seperti terbentur maupun tergores. Kekenyalan kulit dapat membantu mencegah kemungkinan mudah lebam saat terbentur. Kamu pun tidak perlu takut rentan mendapatkan bekas luka di muka.

4. Mengontrol Minyak Kulit

Bila kulit dehidrasi, kulit akan mengirimkan sinyal kepada kelenjar minyak agar terus berproduksi. Makanya, moisturizer wajib bagi pemilik kulit berminyak. Agar tidak makin berminyak, pilih saja yang berbentuk losion daripada krim. Selain berisiko meninggalkan bekas yang ‘tebal’ di kulit, moisturizer versi krim akan membuat kulit makin berminyak dan mengundang jerawat.

Tentu saja, selain rajin menggunakan moisturizer sesuai aturan pakai, jangan lupa terapkan hidup sehat. Kurangi makanan yang mengandung banyak minyak, seperti gorengan. Memang enak sih, tetapi kulit wajah akan menderita bila terlalu banyak mengkonsumsinya. Yang paling pasti juga jangan lupa untuk banyak minum air putih. Kulit terawat dengan baik, deh.

Baca juga: Simak Dulu Beb! Penggunaan Skincare Untuk Kulit Berminyak

5. Mencegah Jerawat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelembaban yang tepat tidak akan memunculkan jerawat. Namun, bila kulit terlalu lembab, risikonya malah sebaliknya, yaitu “panen” jerawat. Terlebih lagi, bila keringat dibiarkan terlalu lama menempel di kulit, terutama kulit wajah. Jangan sampai banyaknya jerawat jadi membuatmu merasa tidak nyaman dan merusak rasa percaya dirimu.

Jerawat muncul akibat kondisi ekstrim pada kulit. Bila kulit terlalu kekeringan maupun kelewat berminyak, jerawat akan muncul juga. Makanya, manfaat moisturizer untuk wajah sangat berguna untuk menjaga kadar minyak pada kulit. Untuk kulit kering, pakailah moisturizer berbahan krim. Pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya memakai moisturizer berbahan losion karena lebih ringan dan mudah terserap oleh air.

6. Menutrisi Kulit

Nutrisi bagi kulit tidak hanya dicukupi lewat makanan bergizi. Moisturizer ada yang mengandung vitamin A, B5, antioksidan, vitamin C, dan E. Vitamin A dan B5 dapat menjaga kesehatan wajah, terutama membuatnya lebih kencang, lembab, kenyal, dan cerah. Vitamin C dan vitamin E berfungsi sebagai pelindung kulit dari kerusakan.

Selain itu, ada juga moisturizer yang mengandung SPF. Jadi, pelembab dengan label ini berarti berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dalam sinar matahari terdapat zat UVA dan UVB, zat radikal yang dapat merusak kulit dan memberikan kanker kulit. Namun, sebenarnya SPF lebih lazim ditemukan pada produk krim pelindung dari matahari (sunscreen dan sunblock).

7. Mencegah Timbulnya Berbagai Masalah Kulit

Terlalu kering salah. Terlalu lembab juga salah. Itulah masalah kulit yang dihadapi banyak orang. Agar tidak menimbulkan berbagai masalah kulit, makanya kita harus memakai moisturizer. Apa saja masalah kulit? Selain jerawat dan penuaan diri, munculnya bintik-bintik komedo juga dapat mengganggu kenyamanan dan rasa percaya diri.

Masalah lain yang mungkin muncul adalah warna kulit yang tidak merata. Misalnya: kulitmu ternoda bekas jerawat yang pecah maupun bekas luka lainnya. Agar bisa disamarkan, tutupi saja dengan moisturizer. Selain dapat menyamarkan luka, manfaat moisturizer untuk wajah juga bisa memberikan efek berkilau pada wajah, lho. Namun, hindari menggunakannya terlalu banyak agar malah tidak jadi jerawat.

8. Menutupi Kekurangan Kulit Wajah Lainnya

Selain noda bekas jerawat atau bekas luka lainnya, manfaat moisturizer untuk wajah juga dapat menyamarkan bintik-bintik hitam. Bintik-bintik pada wajah lazim dimiliki oleh orang-orang ras Kaukasia. Meskipun ada yang menganggapnya ciri khas DNA unik, tidak semua orang merasa nyaman dan percaya diri dengan bintik-bintik di wajah mereka. Terlebih lagi, bintik-bintik pada wajah besar-besar sehingga terlalu kelihatan. Karena itulah, banyak yang memilih menggunakan moisturizer untuk menyamarkannya.

9. Menghaluskan Kulit

Manfaat moisturizer untuk wajah juga ibarat penyegel air agar tidak meninggalkan kulit. Biasanya, sehabis mencuci muka, lipid jaringan kulit ikut terbuang menjadi kulit mati. Makanya, kulit suka terasa kasar dan kering. Nah, berkat pemakaian moisturizer, lipid jaringan kulit yang hilang bisa segera diganti. Karena itulah, kulit jadi terasa halus.

10. Menghidrasi Kulit

Masih berhubungan dengan manfaat nomor sembilan, moisturizer praktis menghidrasi kulit. Air bekas cuci muka tidak akan langsung menguap meninggalkan kulit, terutama begitu terpapar perubahan suhu ruangan. Semua ini berkat moisturizer yang mengikat air agar tetap menjaga kelembaban kulit. Makin halus dan sehat kulitmu bila ditambah dengan rajin minum air putih setiap hari.

Nah, inilah kesepuluh manfaat moisturizer untuk wajah. Kamu bisa meiliki kulit lembab, kenyal, dan sehat berseri selama mungkin.

You may also like

Leave a Comment